12 Unsur-Unsur Kebudayaan Universal + Pengertian dan Contohnya

Loading...
Loading...
Oke sobat, hari ini admin bakal membahas terhadap kalian materi mengenai seni mengenai 7 Unsur Kebudayaan Universal lengkap. Kebudayaan tersebut sendiri ialah merupakan kebiasaan-kebiasaan yang sudah biasa diperbuat dengan cara turun temurun dari nenek moyang sampai masa saat ini jadi membudaya & disebutlah kebudayaan.
unsur unsur budaya

Nah apa yang dimaksud dengan budaya? apa saja tujuh unsur kebudayaan universal tersebut? dan apa contoh budaya? yuk mari kita simak arti kebudayaan dibawah ini:

Pengertian kebudayaan menurut para ahli

Apa itu budaya? Sebelum kamu tahu unsur unsur budaya, lebih mantapnya kamu tahu dulu apa yang dimaksud dengan kebudayaan? Berikut pengertian budaya menurut para ahli:

  1. Definisi budaya menurut Koentjaraningrat, pengertian budaya adalah sebuah sistem gagasan & rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat dan dijadikan gagasan pengetahuan.
  2. Definisi budaya menurut KBBI, pengertian kebudayaan adalah pemikiran, adat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan ialah tata cara berpikir manusia turun temurun.
  3. Definisi budaya menurut Kluckhohn dan Kelly, pengertian budaya adalah merupakan segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit maupun yang eksplisit, irasional, rasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan tingkah laku manusia.
  4. Definisi budaya Menurut Drs. Mohammad Hatta, pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidup suatu bangsa.
  5. Definisi budaya menurut Sutan Takdir Alisyahbana, arti kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berfikir manusia.
Nah dari definisi budaya diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa arti kebudayaan adalah hasil dari pemikiran manusia yang menjadi tradisi turun temurun.

Unsur unsur budaya tersebut harus sesuai dengan adat nenek moyang & tidak boleh melenceng satu unsur pun.

Dari adanya tujuh unsur kebudayaan universal, tersusun menjadi sebuah susunan yang disebut 7 unsur kebudayaan universal. Susunan unsur-unsur tersebut disesuaikan berdasarkan unsur yang paling melekat dalam sebuah budaya. Dengan kata lain, unsur kebudayaan tersebut disusun berdasarkan dari unsur yang paling tidak mudah goyah atau berubah sebab adanya faktor internal atau eksternal.

Para ahli antropologi memiliki pandangan yang berbeda tentang unsur unsur budaya, yaitu sebagai berikut:
  1. Sistem Kepercayaan (Religi)
  2. Sistem Pengetahuan
  3. Peralatan & Perlengkapan Hidup Manusia
  4. Mata Pencarian & Sistem - sistem Ekonomi
  5. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
  6. Bahasa
  7. Seni Rupa
  8. Seni Musik
  9. Seni Tari
  10. Sistem Politik
  11. Sistem Wilayah (Kekuasaan)
  12. Sistem Kesehatan
Wujud kebudayaan dari ke dua belas unsur unsur budaya tersebut di teliti oleh ahli, C. Kluckhohn yang ditulis dalam bukunya yang berjudul "Universal Catagories of Culture" & diberi nama Culture Universal, di dalamnya hanya terdapat 7 unsur kebudayaan universal yang akurat.

Tujuh unsur kebudayaan universal menurut C. Kluckhohn tersebut adalah:
  1. Sistem Kepercayaan (Religi)
  2. Sistem Pengetahuan
  3. Peralatan & Perlengkapan Hidup Manusia
  4. Mata Pencarian & Sistem - sistem Ekonomi
  5. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
  6. Bahasa
  7. Kesenian

7 UNSUR KEBUDAYAAN UNIVERSAL

1. Sistem Religi

Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang timbul sebab kesadaran bahwa ada zat yang lebih & Maha Kuasa.

2. Sistem Pengetahuan

Sistem yang terlahir sebab setiap manusia mempunyai akal & pikiran yang tidak sama jadi menimbulkan & memperoleh sesuatu yang tidak sama pula, jadi harus disampaikan supaya yang lain juga mengerti.

3. Sistem Peralatan & Perlengkapan Hidup Manusia

Sistem yang timbul sebab manusia sanggup menciptakan barang - barang & sesuatu yang baru supaya bisa memenuhi kebutuhan hidup & membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain.

4. Sistem Mata Pencaharian Hidup & Sistem - Sistem Ekonomi

Terlahir sebab manusia mempunyai hawa nafsu & keinginan yang tidak terbatas & merasa ingin lebih.

5. Sistem Organisasi Kemasyarakatan

Sistem yang timbul sebab kesadaran manusia bahwa meskipun diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna tetapi masih mempunyai kelemahan & kelebihan masing - masing antar individu jadi timbul rasa utuk berorganisasi & bersatu.

6. Bahasa

Sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode, angka, tulisan sampai berubah sebagai lisan untuk memudahkan komunikasi antar sesama manusia. Bahkan sudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris.

7. Kesenian

Sesudah memenuhi kebutuhan fisik manusia juga memerlukan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan psikis mereka jadi lahirlah kesenian yang bisa memuaskan.

Baca Juga:
Nah itulah artikel 7 unsur kebudayaan universal, semoga dengan adanya artikel tujuh unsur kebudayaan universal ini maka PR Seni Rupa kamu dapat terlesaikan.

Terima kasih telah membaca artikel tujuh unsur unsur kebudayaan universal.
Loading...

0 Response to "12 Unsur-Unsur Kebudayaan Universal + Pengertian dan Contohnya"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve