Biografi Yos Sudarso (1925-1962) : "Pahlawan yang Mati di Laut Aru"

Yos Sudarso. Oke sobat, pada peluang hari ini saya bakal membagikan sebuah materi sejarah yaitu biografi Yos Sudarso. Yos Sudarso ialah salah satu tokoh pahlawan yang berjuang & mempertahankan keutuhan negara & bangsa indonesia pada masa 1948-1965. Oke langsung saja mari anda simak sekilah biografi dari pahlawan anda Yos Sudarso.

Biografi Yos Sudarso (1925-1962) : "Pahlawan yang Mati di Laut Aru"

BIOGRAFI YOS SUDARSO

Biografi Yos Sudarso, Yos Sudarso lahir pada tanggal 24 November 1925 di Salatiga, Jawa Tengah. Sesudah menamatkan SD, Yos Sudarso melanjutkan ke sekolah pendidikan Guru (kweekschool) Kolese Xaverius di Muntilan. Tetapi pendidikan tersebut belum sempat berakhir saat tentara Jepang menduduki Indonesia. Lalu Yos Sudarso pindah ke Sekolah Tinggi Pelayaran di Semarang & beliau mengikuti pendidikan pilihan pada Giyu Usama Butai.

Yos Sudarso pada masa kemerdekaan bergabung dengan BKR-Laut yang lalu berubah menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Beberapa posisi yang ada di ALRI sempat dijabat, contohnya Komandan Kapal Perang RI Gajah Mada & KRI Rajawali, KRI Alu, & KRI Pattimura. Yos Sudarso juga mengikuti beberapa operasi militer dalam rangka memadamkan pemberontakan di beberapa daerah.

Di bulan Desember 1961 pemerintah mengumumkan Tipsora (Tiga Komando Rakyat) dalam usaha membebaskan Irian Barat dari cengkeraman Belanda. Sebagai deputi Operasi Yos Sudarso memikul tugas yang berat. Pada tanggal 15 Januari 1962 Yos Sudarso mengadakan patroli di daerah perbatasan yakni di Laut Aru dengan mengangkat tiga kapal tipe MTB, yaitu KRI Macan Tutul, KRI Harimau, & KRI Macan Kumbang.

Keberadaan mereka di Laut Aru diketahui Belanda. Dua kapal Belanda menyergap ketiga KRI tersebut. Yos Sudarso yang berada di KRI Macan Tutul memerintahkan melakukan agresi jadi dua KRI yang lain lolos dari sergapan musuh. KRI Macan Tutul tenggelam & semua awak kapal gugur tergolong Yos Sudarso. Berdasarkan SK Presiden No.088/TK/1973 tanggal 6 November 1973 pemerintah menganugerahi Yos Sudarso gelar Pahlawan Nasional Indonesia.

Baca Juga:
Nah itulah artikel biografi Yos Sudarso yang ada dalam buku sejarah kita. Yos Sudarso merupakan pahlawan muda Indonesia yang rela berkorban melawan Belanda di lautan Aru, kematiannya tidak sia-sia untuk bangsa Indonesia dalam merebut Irian Barat.

Sekarang Irian Barat sudah ada di tangan Indonesia, perjuangan Indonesia dibantu oleh Uni Soviet seperti pemberian senjata, kapal dan pesawat tempur untuk berperang melawan Belanda. Belanda tidak mampu lagi mempertahankan Irian Barat lalu diserahkan ke PBB. Proses persidangan Internasional berlanjut dan diadakan voting pemilihan oleh warga Irian Barat dan ternyata Irian Barat ingin bersatu dengan Indonesia. Sesudah sejak itu Irian Barat dirubah namanya jadi Irian Jaya.

Terima kasih telah membaca artikel Biografi Yos Sudarso dari 1925-1962, semoga PR sejarah kamu selesai.

0 Response to "Biografi Yos Sudarso (1925-1962) : "Pahlawan yang Mati di Laut Aru""

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve