Biografi Sutoyo Siswomiharjo (1922-1965) : Pahlawan yang Menolak Rencana PKI

Loading...
Loading...
Oke sobat, pada hari ini anda bakal membahas biografi salah satu pahlawan anda yaitu Sutoyo Siswomiharjo. Sutoyo Siswomiharjo ini merupakan salah satu tokoh pahlawan yang berjuang mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia pada masa 1948-1965. Oke langsung saja mari anda simak sekilas tentang biografi Sutoyo Siswomiharjo.
Biografi Sutoyo Siswomiharjo (1922-1965) : Pahlawan yang Menolak Rencana PKI

BIOGRAFI SUTOYO SISWOMIHARJO

Biografi Sutoyo Siswomiharjo, Sutoyo Siswomiharjo lahir pada tanggal 23 Agustus 1922 di Kebumen. Pendidikan yang ditempuh ialah HIS & AMS. Pada masa Pendudukan Jepang, Sutoyo memperoleh pendidikan pada Balai Pendidikan Pegawai Tinggi di Jakarta. Sesudah berakhir, Sutoyo diangkat sebagai pegawai negeri di kantor kabupaten di Purworejo hingga tahun 1944.

Selanjutnya Sutoyo Siswomiharjo terjun ke militer & bergabung dengan TKR bagian kepolisian yang lalu berkembang menjadi Corps Polisi Militer (CPM). Sutoyo sempat menjabat sebagai ajudan Komandan Divisi V Kolonel Gatot Subroto. Di bulan juli 1948 Sutoyo diangkat menjadi Kepala Staf CPM Yogyakarta & dua bulan berikutnya menjadi Komandan CPM Detasemen II Surakarta.

Adapun jabatan terbaru Sutoyo Siswomiharjo ialah Inspektur Kehakiman/Oditur Jenderal Angkatan Darat dengan pangkat Brigadir Jenderal. Sutoyo Siswomiharjo tergolong salah satu orang yang menolak rencana PKI untuk membentuk angkatan kelima. Oleh karena itu pemerintah Indonesia menetapkan Sutoyo Siswomiharjo dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi pada tanggal 5 Oktober 1965 berdasarkan SK Presiden No. 111/KOTI/1965.

Baca Juga:
Nah itulah artikel Biografi Sutoyo Siswomiharjo, dialah pahlawan yang menolak rencana PKI yang sedang melakukan perekrutan pasukan. Sutoyo Siswomiharjo meninggal karena melawan PKI dan diangkat menjadi pahlawan revolusi.

Terima kasih telah membaca artikel Biografi Sutoyo Siswomiharjo, semoga dengan adanya artikel ini maka PR sejarah kamu dapat terlesaikan.
Loading...

0 Response to "Biografi Sutoyo Siswomiharjo (1922-1965) : Pahlawan yang Menolak Rencana PKI"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve