IHSAN: Pengertian, 12 Perilaku Ihsan dan Manfaat Perilaku Ihsan

Loading...
Loading...

Apa Itu Ihsan?

Pada peluang ini anda bakal mengulas Hikmah & Fungsi Ihsan. apa itu arti ihsan? Pengertian ihsan itu sendiri ialah berbuat baik, melakukan sebuah hal yang bisa berguna dan baik untuk orang lain. Sedangkan arti nama ihsan yang banyak dipakai oleh nama anak islami adalah "orang yang melakukan kebaikan"

Sehingga yang dijelaskan pada artikel ini ialah apa hikmah & makna ihsan, sebab setiap perbuatan baik atau kurang baik tentu ada akibatnya , baik itu berupa fungsi & hikmah atau mudharat.

Pengertian ihsan adalah seseorang yang berbuat baik (ihsan), sebetulnya mereka berbuat baik untuk dirinya sendiri sebab setiap kebaikan akan memperoleh nikmat di surga, itu ialah janji Allah Swt. dalam Al-Qur'an.

Berbuat baik itu merupakan tuntutan kehidupan, sebab tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Berbuat baik (ihsan) terhadap siapa pun bakal menjadi stimulus terjadinya balasan dari kebaikan yang dilakukan. Demikianlah Allah Swt membuat sunah (aturan) bagi alam ini, ada jasa & ada balas. Seluruh manusia diberi nurani untuk berterima kasih & keinginan untuk membalas budi baik.
Sikap perilaku ihsan mencakup seluruh perbuatan baik terhadap Allah Swt & terhadap sesama mahluk ciptaan-Nya.

Nah, jelaskan cara berlaku ihsan kepada Allah swt? bagaimana hubungan iman islam dan ihsan?

Contoh Ihsan dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh ihsan dalam kehidupan sehari hari yang admin rangkum dari berbagai sumber:
  1. Melakukan ibadah ritual (salat, zikir, & sebagainya) dengan penuh kekhusyukan & keikhlasan;
  2. Birrul walidain (berbuat baik terhadap kedua orangtua), dengan mengikuti seluruh keinginannya, dengan syarat tidak melanggar aturan Allah Swt.;
  3. Menjalin hubungan baik dengan kerabat;
  4. Menyantuni anak yatim & fakir miskin
  5. Berbuat baik terhadap tetangga
  6. Berbuat baik terhadap sehabat
  7. Berbuat baik terhadap tamu dengan memberikan jamuan & penginapan;
  8. Berbuat baik terhadap karyawan/pembantu dengan membayarkan upah sesuai perjanjian;
  9. Membalas seluruh kebaikan orang lain dengan yang lebih baik;
  10. Membalas kejahatan dengan kebaikan, bukan dengan kejahatan serupa;
  11. Berlaku baik terhadap binatang, dengan merawat atau memperlakukannya dengan baik. Apabila menyembelih atau membunuh, lakukan dengan akhlak yang baik & tidak ada unsur penganiayaan, dan bacalah bismillah sewaktu menyemblih;
  12. Menjaga kelestarian lingkungan, baik daratan maupun lautan & tidak melakukan perbuatan yang merusak alam.

Manfaat Perilaku Ihsan

Dari kesimpulannya, hikmah & makna ihsan (berbuat baik) ialah akan memperoleh balasan kebaikan juga. Seperti saja saat anda telah berbuat baik terhadap tetangga & menolongnya, maka saat anda berada dalam keadaan sulit maka sudah tentu tetangga anda itu pun bakal turut menolong kita.

Apalagi saat anda sudah berbuat ihsan terhadap Allah Swt, seperti melaksanakan ibadah shalat, zikir, puasa, & sebagainya dengan penuh kekhuyuan & juga ikhlas maka sudah dipastikan balasannya ialah surga Allah. itulah hikmah & fungsi yang terbesar dari berbuat ihsan.

Nah itulah artikel pengertian ihsan, contoh ihsan dalam kehidupan sehari hari dan manfaat perilaku ihsan

Terima kasih telah membaca artikel agama islam tentang hubungan iman islam dan ihsan sehingga melahirkan perilaku ihsan.
Loading...

0 Response to "IHSAN: Pengertian, 12 Perilaku Ihsan dan Manfaat Perilaku Ihsan"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve