Fakta dan Opini dalam Iklan: Pengertian, 6 Contoh dan Perbedaannya

Loading...
Loading...
Halo sobat, hari ini saya mau mengulas mengenai fakta & opini dalam sebuah iklan, contoh, perbedaan, atau arti fakta & opini dalam iklan tersebut sendiri. Dalam sebuah iklan tersebut berupa iklan baris, atau pun jenis iklan lainnya sudah pasti terdapat fakta & opini didalamnya. Supaya kalian bisa membedakan fakta & opini dalam sebuah iklan, maka kalian haruslah menyimak penjelasannya dibawah ini.



Nah apa saja contoh kalimat fakta dan opini dalam iklan? dan apa kalimat fakta dan opini dalam iklan yang benar?

PERBEDAAN FAKTA DAN OPINI IKLAN

Contoh kalimat fakta dan opini dalam iklan. Fakta & opini merupakan sebuah hal yang tidak sama. Fakta dalam sebuah iklan biasanya digunakan supaya para pendengar atau pembaca bisa mengenal tipe atau kondisi & kondisi barang yang ditawarkan, sedangkan opini digunakan supaya banyak orang berminat dengan iklan tersebut.

1. Definisi Fakta

Pengertian Fakta ialah sesuatu yang kenyataannya terbukti sangatlah ada & benar terjadi.
Contoh kalimat fakta dalam iklan:

  1. Sebuah iklan shampoo yang membicarakan didalamnya terkandung urang aring & aloe vera tersebut merupakan sebuah fakta sebab terbukti kenyataannya dan bisa dibuktikan kebenarannya, sehingga disebut fakta dalam iklan.
  2. Iklan shampoo pantene diatas menjelaskan Anti Dandruff 2 in 1 shampoo & Conditioner, artinya shampoo pantene benar-benar memasukkan ANdti Dandruff dan Conditioner.

Fakta dan Opini dalam Iklan: Pengertian, 6 Contoh dan Perbedaannya
contoh fakta dalam iklan

2. Definisi Opini

Pengertian Opini ialah sebuah pendapat atau hasil pemikiran seseorang yang belum terbukti dan berasal pemikiran atau pendapat tersebut sama dengan orang lain & bisa saja ada sebuah perbedaan opini atau pendapat.
Contoh kalimat opini dalam iklan:

  1. Umpama saja saat dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan yang isinya bahwa gaji nya memuaskan, namun gaji tersebut dengan nominal yang belum pasti memuaskan juga bagi orang lain. Sehingga apabila bisa memunculkan sebuah pendapat yang tidak sama maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai opini iklan.
  2.  Iklan shampoo Clear dibawah menjelaskan Perlindungan Terus Menerus Ketomber Tidak Balik Lagi, artinya iklan ini hanya opini karena belum tentu shampoo Clear menjamin perlindungan terus menerus (tidak ada bukti) dan pernyataan Ketombe Tidak Balik Lagi juga termasuk opini (tidak ada bukti).
Fakta dan Opini dalam Iklan: Pengertian, 6 Contoh dan Perbedaannya
contoh opini dalam iklan
         

CONTOH FAKTA DAN OPINI DALAM IKLAN

Contoh fakta dan opini dalam iklan ~ Coba kalian perhatikan contoh iklan shampoo yang mengandung fakta & opini. Kita bakal membedakan kalimat fakta dan opini dalam iklan shampoo:

Contoh fakta dalam iklan
Mengandung urang aring & ekstrak ginseng yang membuat rambut kita bersih berkilau.

Kalimat bercetak miring diatas tergolong kedalam fakta sebab shampoo tersebut terbukti benar mangandung urang aring & ekstrak ginseng yang bisa membuat rambut menjadi lebih bersih & juga terlihat berkilau. Sehingga ini disebut contoh fakta dalam iklan.

Contoh opini dalam iklan
Membuat kita tampil lebih percaya diri & membuat rambut berkilau seperti berlian.

Kalimat diatas merupakan sebuah opini sebab kepercayaan diri setiap orang tersebut tidak sama dan tergantung dari orang yang menggunakannya. Untuk kalimat rambut berkilau seperti berlian juga merupakan sebuah opini sebab itu hanya sebuah pendapat dari orang mengemukakan opini & bisa saja memunculkan pendapat yang tidak sama oleh orang lain. Sehingga ini disebut contoh opini dalam iklan.

Nah itulah artikel contoh fakta dan opini dalam iklan beserta gambarnya, semoga dapat membantu kamu dalam menyelesaikan PR sekolah kamu ya.

Terima kasih telah membaca artikel iklan fakta dan opini untuk PR Bahasa Indonesia di sekolah kamu ya.
Loading...

0 Response to "Fakta dan Opini dalam Iklan: Pengertian, 6 Contoh dan Perbedaannya"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve