30+ Contoh Teks Eksplanasi Yang Baik dan Benar (Terbaru 2018)

Loading...
Loading...
Halo sobat kembali hari ini kita bakal memberikan kumpulan contoh teks eksplanasi mengenai bencana alam yang sudah sering sekali terjadi di bumi ini. Adapun momen bencana alam ini bakal kita jelaskan dalam sebuah teks ekplanasi. Untuk bisa mengenal apa tersebut teks eksplanasi beserta struktur nya, saya rasa sobat bisa membaca postingan materi teks eksplanasi lengkap di artikel ini.

30 Contoh Teks Eksplanasi Yang Baik dan Benar (Terbaru 2018)

Pengertian Teks Eksplanasi

Definisi teks eksplanasi adalah proses-proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Struktur Contoh Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan Umum
  2. Isi
  3. Interpretasi/Penutup

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

  1. Terdiri dari pernyataan umum, isi dan penutup
  2. Informasi yang ada harus berdasarkan fakta dan data
  3. Bersifat objektif
  4. Mengkaji tentang pengetahuan dan peristiwa
  5. Bersifat informatif
Berikut ini merupakan daftar dari contoh teks eksplanasi bencana alam yang akan saya jelaskan. Ada 3 contoh judul eksplanasi dari contoh teks ekplanasi bencana alam.
  1. Proses Terjadinya Tsunami
  2. Proses Terjadinya Tanah Longsor
  3. Proses Terjadinya Banjir

CONTOH TEKS EKSPLANASI TENTANG BENCANA ALAM TSUNAMI

Tsunami (tsu= pelabuhan, nami = gelombang, dengan cara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan tubuh air yang dikarenakan oleh perubahan permukaan laut dengan cara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa dikarenakan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut, ataupun atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami bisa merambat ke segala arah.

Tsunami bisa terjadi apabila terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, contohnya letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Tetapi, 90% tsunami adalah dampak gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami didampakkan oleh gunung meletus, umpama saat meletusnya Gunung Krakatau.

Gerakan vertikal pada kerak bumi, bisa mengdampakkan dasar laut naik ataupun turun dengan cara tiba-tiba, yang mengdampakkan gangguan kesetimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengdampakkan terjadinya ajaran energi air laut, yang saat hingga di pantai menjadi gelombang besar yang mengdampakkan terjadinya tsunami.

Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya bakal menjadi kurang lebih 50 km/jam & energinya sangat merusak daerah pantai yang dilewatinya.

Di tengah laut tinggi gelombang tsunami hanya beberapa cm hingga beberapa meter, tetapi saat mencapai pantai tinggi gelombangnya bisa mencapai puluhan meter sebab terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai tsunami bakal merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer.

Gerakan vertikal ini bisa terjadi pada patahan bumi ataupun sesar. Gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, dimana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua.

Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga bisa mengdampakkan gangguan air laut yang bisa menghasilkan tsunami. Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Dampaknya, dasar laut naik-turun dengan cara tiba-tiba jadi keseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu. Demikian pula halnya dengan benda kosmis ataupun meteor yang jatuh dari atas. Apabila ukuran meteor ataupun longsor ini lumayan besar, bisa terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.

CONTOH TEKS EKSPLANASI TENTANG BENCANA ALAM TANAH LONGSOR

Longsor adalah sebuah momen dimana terjadinya gerakan tanah ataupun biasa disebut geologi yang terjadi sebab adanya pergerakan masa batuan / tanah dengan beberapa jenis, contohnya jatuhnya bebatuan ataupun gumpalan besar tanah. Tanah longsor ataupun hanyut dengan cara garis besar bisa terjadi sebab dua faktor yaitu faktor pendorong & faktor pemicu. Faktor pendorong merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor penyebab bergeraknya material tersebut.

Di Indonesia sendiri momen ini hampir sering terjadi. Kebanyakan dikarenakan oleh gempa jadi menggerakkan lempeng bawah tanah jadi mengdampakkan elemen ataupun lempeng bawah permukaan menjadi tergeser jadi memunculkan pecahan & terjadinya longsor. Ada banyak hal lagi yang bisa memicu & menyebabkan terjadinya kelongsoran. Ada disebabkan oleh ulah manusia sendiri, diantaranya Tingginya curah hujan,  apabila musim penghujan dengan durasi lama maka bakal terjadi penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar.

Sesudah penguapan maka bakal timbul pori-pori ataupun rongga tanah, lalu terjadi retakan di permukaan, saat hujan air bakal menyusup ke bagian yang retak lalu air bakal masuk jadi terakumulasi di bagian dasar lereng, lalu memunculkan gerakan lateral lalu terjadilah longsor. Untuk pencegahan terjadinya longsor bisa dengan memakai pohon, sebab akar pohon bakal banyak menolong dengan cara menyerap air hujan jadi bisa meminimalisir.

Poin diatas merupakan beberapa penyebab terjadinya kelongsoran. Dampak dari bencana ini pasti tidak tidak banyak kemenyesalan paling parah adalah korban jiwa, kehilangan materi seperti kehilangan rumah, tanah, harta benda yang haruslah direlakan sebab tetimbun oleh longsoran. Sangat jarang orang dalam longsor bisa menyelamatkan diri,  sebab kecepatan tanah longsor diperkirakan kecepatannya bisa mencapai 100 km/jam kecepatan yang mustahil untuk lari bagi manusia tanpa peralatan. Sesudah kejadian itu, korban selamat akan mengalami trauma yang mendalam. Apabila mendengar suara gemuruh besar di dekat kita maka segeralah lari menuju ketempat ataupun wilayah dataran stabil. Jangan berangkat ke pinggir tebing ataupun jurang curam sebab tersebut sama saja contohnya bunuh diri.

CONTOH TEKS EKSPLANASI TENTANG BENCANA ALAM BANJIR

Banjir merupakan fenomena alam berupa naiknya air di sebuah kawasan jadi menutupi permukaan kawasan tersebut. Banjir juga bisa dilihat sebagai bagian dari siklus hidrologi yaitu bagian air di permukaan bumi yang menuju ke laut. Melewati siklus hidrologi tersebut kita melihat bahwa banyaknya air di permukaan bumi dipengaruhi oleh curah hujan & penyerapan air ke dalam tanah.
Secara alami banjir dikarenakan oleh terjadinya hujan lokal & propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. Dengan cara non ilmiah banjir bisa terjadi sebab ulah manusia. Proses terjadinya banjir dengan cara alami tersebut seperti, turunnya hujan jatuh kepermukaan bumi & tertahan oleh tumbuh-tumbuhan lalu masuk kepermukaan tanah mengalir ketempat yang lebih rendah dan terjadi penguapan, lalu keluar kepermukaan daratan. Banjir yang terjadi dengan cara almiah bisa menjadi bencana bagi manusia bila banjir tersebut mengenai manusia & menyebabkan penderitaan bagi manusia.

Sedangkan proses terjadinya banjir dengan cara non alami yang dikarenakan ulah manusia contohnya, membuang sampah tidak pada tempatnya & menyebabkan ajaran air tidak lancar jadi air tersebut terapung di tempat pembuangannya terus lama terus menguap sesudah tersebut tinggi & keluar jadi mengenai daratan & menyebabkan banjir.

Proses banjir tersebut bisa terjadi dengan cara alami & sebab ulah manusia. Manusia bisa mengalami kemenyesalan sebab banjir tersebut sebab mereka mendiami tempa tinggal yang dengan cara alami merupakan dataran banjir. Jadi bila manusia bertampat tinggal di dataran yg sering terkena banjir bukan banjirlah yg mendatangi manusia namun manusadalah yang mendatangi banjir.

Nah itulah artikel contoh contoh teks eksplanasi yang baik dan benar, dan cocok untuk dijadikan PR bahasa Indonesia kamu ya.

Terima kasih telah membaca artikel materi contoh teks eksplanasi, tidak hanya contoh tetapi pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi dan ciri ciri teks eksplanasi juga ada dalam artikel ini.

Semoga admin dapat mengupdate contoh teks eksplanasi yang lain ya (no.4-no.30).

UPDATE TERBARU
Loading...

0 Response to "30+ Contoh Teks Eksplanasi Yang Baik dan Benar (Terbaru 2018)"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve