7 Faktor Penjelajahan Samudra Oleh Bangsa Barat

Loading...
Loading...
Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan kalian materi sejarah mengenai faktor penjelajahan samudra oleh bangsa barat mulai dari kisah perjalanan Marcopolo, jatuhnya Kota Konstatinopel, adanya semangat penaklukan, berkembangnya teknik pelayaran & penemuan kompas, hingga penemuan Copernicus yang didukung oleh Galileo Galilei. Faktor-faktor pendorong bangsa barat untuk menjelajahi samudera ini biasanya bakal kalian pelajari di kelas X SMA.

7 Faktor Penjelajahan Samudra Oleh Bangsa Barat

Penjelajahan samudera ialah perjalanan yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Barat untuk menjangkau wilayah yang jauh contohnya Amerika, Afrika, & Asia. Pelopor bangsa-bangsa Eropa dalam melakukan penjelajahan samudera ialah bangsa Spanyol & Portugis yang lalu diikuti oleh Belanda, Inggris, serta Prancis.

Faktor-faktor yang mendorong bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra menuju belahan dunia Timur ialah sebagai berikut.

1. PENEMUAN COPERNICUS YANG DIDUKUNG OLEH TEORI GALILEO (Bukti bahwa bumi itu bulat)

Teori copernicus menyebutkan dalam penemuannya bahwa bumi ini bulat. Bukti bumi bulat ini memperkuat keberanian para pelaut sebab orang yang berlayar ke dunia Timur tidak bakal tersesat. Pelayaran ke timur nantinya akan sampai ke tempat semula.

Fakta bumi bulat adalah bangsa Spanyol pergi berlayar ke arah barat sedangkan bangsa Portugis berlayar ke arah timur, yang terjadi adalah mereka bertemu pada 1 titik yaitu pada pulau Maluku.

2. JATUHNYA KOTA KONSTANTINOPEL TAHUN 1453

Kota Konstatinopel merupakan ibu kota Romawi Timur. Jatuhnya kota Kontantinopel tersebut ke tangan Kesultanan Turki pada tahun 1453 menyebabkan terputusnya hubungan dagang ke dunia Timur. Dampaknya, bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah.

3. KISAH PERJALANAN MARCOPOLO (1254-1324)

Marcopolo ialah seorang dari Venesia Italia yang melakukan perjalanan ke China. Kisah perjalanan Marcopolo dituanglan dalam buku berjudul Book of Various Experiences yang mengisahkan mengenai keajaiban dunia ataupun imago mundi.

4. ADANYA SEMANGAT PENAKLUKAN (RECONQUESTA)

Semangat reconquesta dilakukan kepada orang-orang yang beragama Islam. Serta membuat daerah-daerah kekuasaan Islam dijajah. Semangat penaklukan ini di antaranya dilakukan oleh Spanyol (Ratu Isabella) yang membiayai penjelajahan samudera yang dilakukan oleh Columbus pada tahun 1492 untuk mencari jalan ke Barat.

5. BERKEMBANGNYA TEKNIK PELAYARAN

Mereka menciptakan kapal yang lebih mudah & lebih cepat digerakkan dengan memperbagus konstruksi kapal serta memadukan layar yang berbentuk segitiga dengan tali-temali persegi.

6. PENEMUAN KOMPAS

Kompas bertujuan untuk menentukan arah & posisi, sebelum adanya kompas biasanya memkai rasi bintang.

7. 3G (GOLD, GLORY, GOSPEL)

Tujuan penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsa barat ialah Gold (uang/kekayaan),Glory (daerah jajahan) dan Gospel (penyebaran Kristen).

Nah itulah artikel 5 Faktor Penjelajahan Samudra Oleh Bangsa Barat, inilah alasan kenapa bangsa Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsa barat. Semoga PR sejarah kamu dapat terselesaikan dengan membaca artikel ini.
Loading...

0 Response to "7 Faktor Penjelajahan Samudra Oleh Bangsa Barat"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve