Makna Ihsan dan 5 Manfaat Ihsan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Halo sobat hari ini admin bakal memberikan materi mengenai fungsi ihsan dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia. Untuk memperoleh hikmah & fungsi dari ihsan pasti saja anda harus terlebih dahulu ihsan terhadap Allah & juga seluruh mahluk-Nya. Namun apa kalian sudah tau apa makna ihsan dalam islam? kenapa ada teman sobat yang namanya ihsan dan arti nama ihsan itu apa?Silahkan pahami dengan membaca artikel agama islam tentang ihsan dibawah ini...

Makna Ihsan dan 5 Manfaat Ihsan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Ihsan

Apa itu ihsan atau arti ikhsan? Kata Ihsan menurut bahasa berasal dari kata kerja (fi'il) yaitu hasuna-yahsunu-hasanan yang artinya baik, kemudian mendapat hamzah di depannya menjadi ahsana-yuhsinu-ihsanan yang artinya berbuat baik, jadi makna ihsan itu ialah "Baik".

Jadi dengan cara garis besar pengertian ihsan ialah sebuah perlakuan baik yang dilakukan anda terhadap Allah & juga mahluk-Nya. Sehingga untuk memperoleh fungsi dari ihsan pasti saja anda harus berbuat baik terlebih dahulu terhadap orang lain.

Contoh dari berbuat ihsan atau berbuat baik dalam kehidupan sehari-hari ialah seperti membantu tetangga yang sedang terkena musibah, memberi makan makhluk hidup yang kelaparan, & juga merawat alam. Bahkan apabila anda telah melakukan ibadah seperti shalat, zikir, puasa & sebagainya, maka sama saja seperti anda telah berbuat baik (ihsan) terhadap Allah.

Sebetulnya seluruh yang anda lakukan tersebut pasti akan memperoleh balasannya, maka lakukanlah kebaikan & hindari perilaku tak terpuji, mau dibalas di dunia maupun di akhirat. Baiklah tanpa panjang lebar lagi admin Faktakah.com bakal jelaskan fungsi dari ihsan dalam kehidupan sehari-hari yang dirangkum dari berbagai hadis tentang ihsan.

Manfaat Ihsan dalam Kehidupan Sehari-hari

Hadis tentang ihsan (berbuat kebaikan) sebenarnya sangat banyak, namun Faktakah.com akan merangkum manfaat ihsan sebagai berikut:
  1. Fungsi yang paling mutlak dari berbuat baik (ihsan) ialah memperoleh pahala & kasih sayang dari Allah Swt., sebab dengan memperoleh pahala & kasih sayang-Nya anda bakal bisa memperoleh surga-Nya yang abadi.
  2. Berbuat baiklah terhadap kedua orang tua & ikuti seluruh apa yang diperintahkannya tentang hal positif, sebab dengan begitu mungkin orang tua bakal lebih menyayangi diri anda & apabila orang tua sanggup maka apa yang diingingkan oleh anda bakal berusaha untuk mereka bisakan. Namun satu fungsi yang terpenting dari kedua orang tua ialah do'a yang mujarab.
  3. Fungsi ihsan dalam kehidupan sehari-hari yang ketiga yaitu anda berbuat baik terhadap kerabat, kawan sejawat, atau tetangga. Sebab apabila anda berbuat baik terhadap mereka maka mereka pun bakal berbuat hal yang sama dari mereka yaitu berupa balas budi.
  4. Perbuatan ihsan yang sering anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari juga ialah memberi makan binatang seperti kucing, kambing, atau sebagainya. Fungsi yang anda bisakan dari ihsan terhadap binatang ialah anda akan memperoleh manfaatnya seperti contohnya apabila berbuat baik seperti merawat ayam dengan baik & memberi makan ayam tersebut, maka ayam tersebut bisa bertelur dan telur tersebut bisa anda ambil.
  5. Tidak hanya berbuat ihsan terhadap hewan, lakukanan ihsan dalam kehidupan sehari-harii dengan merawat alam. Seperti anda menanam & merawat pohon rambutan dengan baik, maka balasan yang akan anda dapat adalah buah rambutan tersebut.
Baca Juga:
Itulah artikel arti ikhsan yang mempunyai 5 manfaat.

Terima kasih telah membaca artikel makalah ihsan, semoga anda dapat meraih kasih allah dengan ihsan.

0 Response to "Makna Ihsan dan 5 Manfaat Ihsan dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve