INDEKS BUKU: Pengertian, 2 Macamnya, 7 Contoh, 5 Aturan Penulisan

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Indeks buku.
INDEKS BUKU: Pengertian, Macamnya, Contoh, Aturan Penulisan

Pengertian Indeks Buku

Indeks adalah suatu daftar yang memuat seluruh istilah penting dari abjad A sampai Z. Sedangkan Indeks buku merupakan bagian penting dari suatu buku. Indeks ini bertujuan supaya anda bisa menemukan istilah yang anda cari dengan sangat mudah karena dalam suatu indeks ada memuat seluruh istilah penting dalam buku yang sudah tersusun dengan rapi berdasarkan abjad dari A hingga Z.

Macam-Macam Indeks Buku & Aturan Penulisan Indeks Pengarang

Tapi ada yang tau gak sih kalau daftar indeks buku tersebut ada dua macam? Yah tidak hanya indeks terbagi menjadi 2 macam, nyatanya indeks juga mempunyai aturan dalam penulisannya. Nah untuk itulah saya menulis postingan ini sebab hari ini saya bakal mengulas tentang macam-macam indeks buku & juga aturan penulisan indeks pengarang.

Indeks dibedakan menjadi 2 macam, yaitu indeks subjek & indeks pengarang. Kedua indeks ini mempunyai arti atau perbedaan bisa anda bedakan dengan sangat mudah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

  1. Indeks Subjek, berisi daftar istilah-istilah dalam buku.
  2. Indeks Pengarang, berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan.

Sudah jelas bukan perbedaan dari kedua macam indeks terebut? Indeks subjek merupakan indeks yang berisi daftar istilah yang terdapat dalam suatu buku, sedangkan indeks pengarang ialah indeks yang berisi daftar nama pengarang (tokoh) yang teori atau pendapatnya terdapat dalam buku tersebut.

Aturan Penulisan Indeks Pengarang

Penulisan indeks pengarang mempunyai aturan contohnya berikut.

  1. Apabila nama pengarang hanya terdiri atas satu kata maka nama pengarang ditulis apa adanya. Nama depan ditulis dengan huruf kapital.
  2. Apabila nama pengarang terdiri atas dua kata, maka nama kedua diletakkan di depan nama pertama; di antara nama kedua & pertama disisipi tanda koma.
  3. Apabila nama pengarang terdiri atas lebih dari dua kata, maka nama terbaru diletakkan di depan nama pertama & kedua; sesudah nama terbaru tersebut disisipi tanda koma.
  4. Nama kedua & ketiga dalam penulisannya boleh disingkat salah satu atau keduanya.
  5. Nama gelar sebagusnya tidak dicantumkan.

Contoh Indeks Pengarang

Abadi Husnu, 101
Abeba, A. Aris, 3
Achmad, Sri Wintala, 222
Bachri, Sutardji Calzoum, 233
Chudori, Leila S., 101
Donggo, A.D., 8
Gantang, I Gusti Putu Bawa Samar, 106

Diantara istilah atau nama pengarang & nomor halaman haruslah disisi tanda koma (,) contohnya pada contoh indeks pengarang diatas. Cara membaca indeks buku pada indeks pengarang diatas ialah Abdai Husnu pada halaman 101.

Baca Juga:
Nah itulah artikel pengertian indeks buku, macam-macam indeks buku, contoh indeks buku dan cara membaca indeks buku.

Terima kasih telah membaca artikel pengertian indeks buku, macam macam indeks buku, aturan penulisan indeks buku, contoh indeks buku, dan cara membaca indeks buku.
Loading...

0 Response to "INDEKS BUKU: Pengertian, 2 Macamnya, 7 Contoh, 5 Aturan Penulisan"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve