4 Jenis Protista Mirip Hewan: Rhizopoda, Flageta, Ciliata, Sporozoa

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Protista mirip hewan.
Macam Macam tipe Protista Mirip Binatang ~ Protista pada makhluk hidup bersel tunggal ataupun yang telah mempunyai banyak membran inti (eukariotik).

Pengertian Protista

Protozoa uniseluler Protista adalah organel sel contohnya membran plasma, mitokondria, sitoplasma, & inti sel yang cara produksinya dengan membelah diri. Dengan cara gerak protozoa bisa dibagi menjadi: Rhizopoda, Ciliata, flagelata & Sporozoa. Ciri ciri protozoa yaitu bereproduksi dengan cara aseksual dengan memisahkan diri, sementara seksual dengan konjugasi (campuran individu yang tidak diketahui gender). Adapun klasifikasi protista mirip hewan ini tergolong 4 jenis protista.

Nah apa saja klasifikasi protista mirip hewan? bagaiamana ciri protista mirip hewan? dan bagaimana peranan protista mirip hewan?

Macam-Macam Jenis Protista Mirip Hewan dan Ciri Ciri Protista

 1. Rhizopoda

4 Jenis Protista Mirip Hewan: Rhizopoda, Flageta, Ciliata, Sporozoa

Tempat Rhizopoda hidup di air tawar, air laut, tempat basah, tapi ada juga tinggal dalam badan organisme lain (hewan & manusia). Mudah untuk belajar, contoh protista Rhizopoda, yaitu Amoeba.

Bentuk amuba akan selalu berubah, bagian luar tubuhnya ditutupi dengan membran membran sel / plasma sebagai isi sel pelindung. Membran ini bertujuan untuk membentuk kaki semu (pseudopodia), pertukaran gas (O2 & CO2), masukkan makanan (fagositosit), ekskresi, serta merespon rangsangan dari lingkungan. Sitoplasma dibagi menjadi ektoplasma ataupun plasma luar lebih tebal dari endoplasma (plasma dalam). Bagian tengah badan terdapat inti, ada dua tipe vakuola, yang kontraktil & vakuola non-kontraktil.

Ada dua tipe Amoeba, yaitu Ektoamoeba & Entamoeba. Ektoamoeba ialah amuba yang hidup leluasa di luar badan yang hidup, umpama Amoeba Proteus, Chaos carolinese. Entamoeba ialah amuba yang hidup di dalam badan organisme, contohnya Entamoeba histolytica, yang hidup di usus kecil, parasit, bisa menyebabkan disentri amoebawi (amoebiasis, kerusakan jaringan tubuh berupa eritrosit & getah bening, jadi feses pasien dengan darah & lendir).

2. Flagelata

4 Jenis Protista Mirip Hewan: Rhizopoda, Flageta, Ciliata, Sporozoa

Flagelata berkarakteristik seperti cambuk flagel / bulu sebagai alat gerak di salah satu ujung tubuh, yang bertujuan untuk menaruh makanan ke dalam mulutnya. Sebagian hidup bebas seperti sisa-sisa organisme ialah tempat hidup Flageta. Flagelata dibagi menjadi dua, yaitu Fitoflagellata & Zooflagellata.

3. Ciliata

4 Jenis Protista Mirip Hewan: Rhizopoda, Flageta, Ciliata, Sporozoa

Ciliata disebut Ciliophora, ciri ciri Ciliata mempunyai silia bergetar ataupun rambut yang merata di semua permukaan badan ataupun dibagian-bagian tertentu dari tubuhnya. Ini getar rambut yang dipakai untuk memindahkan di perairan. Gerakan dengan bergetar semua silianya jadi bisa dipindahkan. Habitatnya ada di lingkungan perairan (air tawar / laut) yang kaya bahan organik.

Ada banyak bentuk Ciliata seperti bentuk sandal, lonceng, corong & sebagainya. Binatang berbentuk seperti sandal mudah untuk dilihat seperti ada di perairan yang mengandung banyak sisa-sisa tanaman seperti air rendaman jerami.

4. Sporoza

4 Jenis Protista Mirip Hewan: Rhizopoda, Flageta, Ciliata, Sporozoa

Sporozoa adalah jenis protozoa yang tidak memiliki alat untuk bergerak. Sporozoa hidup sebagai parasit di tubuh hewan dan manusia. Contoh sporozoa adalah Plasmodium sp. Ciri-ciri sporozoa:

  • Tidak memiliki alat gerak
  • Pembelahan ganda
  • Tidak memiliki vakuola kontraktil
  • Memiliki daur hidup kompleks
  • Dapat bereproduksi secara s3ksual maupun as3ksual
  • Memiliki spora



Baca Juga:
Nah itulah artikel pengertian protista. jenis jenis protista dan peranan protista mirip hewan.

Terima kasih telah membaca artikel 4 jenis jenis protista mirip hewan.
Loading...

0 Response to "4 Jenis Protista Mirip Hewan: Rhizopoda, Flageta, Ciliata, Sporozoa"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve