10 Cara Meramal Cuaca Hari Tanpa Alat

loading...
loading...
Faktakah.com - Nama lembaga yg bertugas meramal cuaca adalah BMKG, merupakan lembaga yang mengurus geografi di Indonesia, baik itu gempa maupun cuaca. Bagaimana BMKG meramal cuaca? BMKG meramalkan cuaca dengan cara memakai alat canggihnya seperti satelit.

Sebenarnya tidak harus repot untuk memprediksi cuaca dengan alat canggih BMKG, sebab nyatanya ada cara meramal cuaca sederhana yang bisa dilakukan oleh seluruh orang tanpa memakai peralatan yang canggih. Cara meramal cuaca dengan cara sederhana bisa dilakaukan dengan melihat gejala alam & hasilnya pun mendekati kualitas kebenaran.

10 Cara Meramal Cuaca Hari Tanpa Alat


Nah bagaimana cara meramalkan cuaca yang benar?

10 Cara meramalkan cuaca hari ini

Inilah 10 Cara Meramal Cuaca Sederhana dengan Melihat Gejala Alam
Masyarakat pada umumnya mengenal ramalan cuaca datang dari kabar media elektronik yang bersumber dari media televisi cuaca di negara ini. 

Tetapi, nyatanya kita bisa memprediksikan sendiri cuaca yang bakal datang dengan melihat gejala alam yang ada. Berikut ialah 8 bagaimana cara meramal cuaca sederhana dengan melihat gejala alam:

1. Meramal keadaan cuaca dengan cara pengamatan embum rumput

Pada saat matahari terbit, kita bisa memprediksi cuaca dengan memeriksa keadaan embun yang ada di rumput. Apabila ada embun yang berada di rumput maka bisa dipastikan pada hari tersebut tidak bakal turun hujan, tetapi apabila tidak ditemukan mebun dalam rumput ataupun rumput dalam keadaan kering maka bisa dipastikan adanya angin & hari tersebut bakal turun hujan.

2. Meramal Cuaca Dengan Melihat cahaya merah

Melihat cahaya merah bisa diprediksi saat matahari terbenam yaitu disebelah barat. Apabila tampak cahaya merah pada saat tersebut maka bisa dipastikan adanya udara kering yang lewat & udara yang bertekanan rendah telah membawa udara lembab.

3. Meramal keadaan cuaca dengan cara mengamati pelangi arah barat
Apabila tampak pelangi disebelah barat maka bisa diprediksi bahwa hari tersebut bakal turun hujan, tetapi apabila tampak pelangi disebelah timur maka bisa diprediksikan bahwa hari tersebut cuaca bakal cerah & tidak turun hujan.

4. Meramal Cuaca Dengan Mendeteksi arah angin

Cara memprediksi cuaca dengan cara sederhana berikutnya ialah dengan mendeteksi arah angin. Apabila terdapat angin timur maka bisa diprediksikan bakal terjadi badai sedangkan angin barat memprediksikan tidak ada apa-apa. Tetapi apabila ada perbedaan tekanan udara yang sangat tinggi maka bisa diprediksikan bakal adanya badai besar yang terjadi.

5. Meramal Cuaca Dengan Mencium aroma udara

Pada saat udara bertekanan rendah maka flora bakal mengeluarkan zat buang yang beraroma contohnya kompos, hal ini menandakan hujan bakal turun. Tidak hanya itu, aroma wangi bunga pun juga bisa sebagai tanda bahwa hari bakal hujan.

Apabila rawa mengeluarkan aroma yang tidak enak, maka bisa dipastikan bakal terjadi suatu badai yang disebakan oleh rendahnya tekanan udara.

6. Cara meramalkan cuaca hari ini dengan melihat bentuk awan

Salah satu cara dari 8 cara meramal cuaca dengan melihat gejala alam ialah dengan melihat awan. Apabila awan bergerak berlawanan arah maka bisa diprediksikan bakal turun hujan

Ada berbagai tipe awan yang bisa memprediksikan cuaca yang bakal terjadi, diantaranya ialah:

- Awan Cumolonimbus
Awan cumolonimbus biasa dikenal dengan awan mendung yaitu awan yang mempunyai segi warna hitam pada bagian bawahnya. Kemunculan awan ini bisa menandakan bakal terjadinya hujan.

- Awan Mammatus
Awan mammatus ialah awan yang berbentuk seperti kumpulan buah anggur. Kemunculan awan ini bisa menandakan bahwa bakal terjadi petir saat hujan.

- Awan Cirrus
Awan Cirrus merupakan awan yang berbentuk helaian kapas tipis. Kemunculan awan ini sebagai pertanda bakal terjadinya cuaca kurang baik sesudah 36 jam berikutnya.

7. Meramal cuaca dengan cara memantau asap api unggun

Apabila asap dari api unggun tersebut tidak membubung keatas maka bisa dipastikan bakal turun hujan, karena adanya tekanan udara yang rendah.

8. Meramal Cuaca Dengan Melihat bulan di malam hari

Apabila pada malam hari bulan tampak sangat jelas maka bisa dipastikan bakal turun hujan & apabila tampak ada lingkaran disekeliling bulan maka bisa diprediksikan bakal turun hujan selama 3 hari penuh.

9. Meramal Cuaca dengan alat sederhana

Nama alat untuk meramal cuaca ialah barometer, merupakan alat untuk mendeteksi kelembapan udara. Jika kelembapan udara tinggi maka hujan akan datang, jika kelembapan udara rendah maka tidak akan hujan.

10. Cara meramalkan cuaca dengan melihat awan hitam

Ini adalah cara palng terbaik untuk meramalkan cuaca, dengan melihat awan hitam maka sudah menjadi tanda-tanda hujan akan datang.

Itulah berbagai info mengenai 10 cara meramal cuaca sederhana yang bisa dilakukan dengan melihat gejala alam yang bisa kita coba.

Terima kasih telah membaca artikel bagaimana cara meramalkan cuaca hari ini. Semoga dengan adanya 9 tips meramal cuaca maka anda tak perlu lagi takut keluar rumah jika terjadi hujan.

Baca Juga:

loading...

0 Response to "10 Cara Meramal Cuaca Hari Tanpa Alat"

Post a Comment