Sejarah Asli Jarum Jam Selalu Bergerak Dari Kanan

loading...
loading...
Faktakah.com - Apa sebabnya ujung jarum jam dikatakan bergerak dari kanan? Jam menjadi bagian dari keseharian Anda setiap hari, bahkan terdapat banyak sekali bentuk jam yang ada di sekeliling Anda mulai dari jam di dinding yang Anda lihat setiap hari, jam tangan untuk Anda bepergian serta jam digital yang ada pada layar device Anda. 

Jadi apa yang menyebabkan jarum jam dinding bisa bergerak? dimanakah jarum jam selalu bergerak?

Meskipun Anda tiap hari melihat ke arah jam setiap harinya, tetapi pernahkah Anda bertanya mengapa jarum jam bergerak dari kanan ke kiri? Terlihatnya bagi Anda wajar saja apabila jarum tersebut bergerak ke arah kanan tanpa mengenal alasannya. 

Padahal jarum jam selalu bergerak tersebut mempunyai pengertian khusus dibaliknya, untuk mengenal mengenai alasan jarum jam bergerak ke kanan ini mari Anda lihat terlebih dahulu sejarah dari adanya jam di dunia ini.

gambar jarum jam bergerak

Kenapa jarum jam bergerak ke arah kanan

Mungkin Anda sudah sempat mendengar mengenai jam matahari ataupun yang lebih dikenal dengan sundial. Bentuk ini sesungguhnya ialah tipe jam tertua yang diciptakan oleh manusia. 

Mengapa jarum jam bergerak ke arah kanan? Jam ini pertama kali diciptakan pada 3.500 tahun yang lalu sebelum masehi, ataupun hampir enam ribu tahun yang lalu. Jam tersebut diciptakan oleh bangsa mesir yang pada ketika tersebut memakai posisi matahari di langit sebagai alat untuk penunjuk waktunya. 

Mengapa jarum jam dapat bergerak ke kanan? Bentuk dari jam matahari tersebut sendiri beraneka ragam, tetapi yang umum diketahui oleh orang-orang ialah jam yang bentuknya datar dengan tanda di sekelilingnya untuk menunjukkan waktu. 

Lalu ditengah dari jam tersebut terdapat suatu tiang yang pada siang hari bakal menghasilkan bayangan. Orang Mesir jaman dahulu melihat posisi dari bayangan tersebut yang lalu bayangan tersebut jatuh pada tanda di sekeliling jam yang bertuliskan penanda waktu tadi. Secara inilah bangsa Mesir bisa mengenal waktu siang malam saat itu.

Mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Nyatanya jam menggunakan sinar matahari juga banyak dikembangkan oleh bangsa lain di Eropa & Asia. Sejarah menunjukkan ada banyak lagi jam yang juga memakai bayangan yang dihasilkan oleh sinar matahari tersebut meskipun bentuknya bermacam-macam. Mengapa Jarum Jam Bergerak Ke Kanan? Alasannya bisa diambil dari bentuk jam tertua ini serta manfaat dari jam matahari tersebut.

Jam Matahari yang Menjadi Alasan Pergerakan Jarum Jam ke Kanan
Apabila Anda perhatikan lebih lanjut pada jam matahari yang Anda lihat sejarahnya tadi, maka bisa dipastikan bahwa bayangan yang jatuh dari jam matahari tersebut ke penanda di sekelilingnya juga bergerak ke arah kanan. 

Kita lihat arah pergerakan dari bayangan yang ke kanan tadi sama persis dengan arah pergerakan jam modern yang kita miliki pada zaman sekarang. Mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Sebab terbukti jam modern tersebut dibangun berdasarkan pergerakan bayangan dari jam matahari yang dibangun oleh bangsa Mesir tadi.

Jarum jam bergerak dengan cara yang harus diperhatikan ialah lokasi dimana bangsa Mesir tersebut tinggal, kita tahu Mesir berada di bagian utara bumi. Di sini matahari bakal terbit dari timur & bergerak ke arah barat. Sebab lokasi bangsa mesir yang ada di utara, maka bayangan dari jam matahari mereka juga bergerak ke arah kanan.

Tetapi seandainya bangsa mesir berada di selatan bumi, maka bayangan tadi bakal bergerak ke kiri. Tidak hanya bangsa mesir, lokasi bumi dibelahan utara juga lebih banyak dihuni dibandingkan dengan dibelahan selatan. 

Mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Dengan sejarah ini maka kesepakatan supaya jarum jam yang kita gunakan saat sekarang ini bergerak ke arah kanan bisa diterima banyak orang karena asal muasal jam berasal dari jam tertua yang menggunakan bayangan sebagai patokan.

Baca Juga:


Itulah artikel kenapa jarum jam bergerak ke kanan, ternyata alasannya karena bayangan matahari yang terbit dari arah timur.

Terima kasih telah membaca artikel mengapa jarum jam bisa bergerak, semoga dapat menjawab pertanyaan kamu ya...
loading...

0 Response to "Sejarah Asli Jarum Jam Selalu Bergerak Dari Kanan"

Post a Comment