7 Alasan Kenapa Allah Menyukai Bersin & Membenci Menguap

loading...
loading...
Faktakah.com - Allah menyukai bersin & membenci menguap, jadi hal tersebut artinya bahwa setiap umat-Nya yang bersin tentu lebih baik di hadapan Allah daripada mereka yang suka menguap. Banyak yang mungkin bertanya-tanya apa benar bahwa bersin tersebut disukai Allah namun menguap tersebut tidak disukai Allah?. 

7 Alasan Kenapa Allah Menyukai Bersin & Membenci Menguap

Allah menyukai bersin dan membenci menguap

Ada bukti Allah menyukai bersin yang bisa ditunjukkan dari Al-Qur’an. Tidak hanya itu, pertanyaan yang mungkin timbul di pikiran kita ialah apa alasannya Allah menyukai bersin & alasan Allah tidak suka orang menguap? padahal menguap ialah yang paling sering kita lakukan & tidak tertahankan.

Baca Juga:


  1. Allah menyukai orang bersin & tidak suka menguap dalam islam bisa dilihat dalam hadist HR. Bukhari No. 6223. Dikatakan di sana bahwa Allah sebetulnya membenci menguap & menyukai bersin. kalau di antara kita bersin & mengucap hamdalah, maka muslim yang ada di dekatnya & mendengar bersin tersebut haruslah menjawabnya. 
  2. Dikatakan juga di sana bahwa menguap sumbernya dari setan & untuk itulah kita haruslah menahan menguap sebisanya & kalau ada yang menguap, maka akan membuat setan tertawa.
  3. Ketidaksukaan Allah terhadap menguap & kesukaannya bakal bersin rutin ada alasan di balik hal tersebut & dikatakan oleh Al-Khattabi bahwa sifat benci & suka kembali lagi ke sebabnya. Perut yang tidak kenyang, pori-pori yang terbuka & kondisi badan yang ringan bisa menyebabkan bersin, tetapi menguap tersebut sebaliknya di mana hal ini terjadi saat kita kekenyangan. 
  4. Mengapa Allah menyukai orang yang bersin & benci orang menguap ialah sebab kondisi bersin membuat kita bersemangat, namun kondisi kita menguap malah membuat kita lemas & malas. 
  5. Menguap berarti mengantuk & mengantuk artinya ingin tidur & malas untuk melakukan apapun, malas untuk beribadah. Allah tidak menyukai orang yang menguap ini.
  6. Menurut medis, kita menguap sebab badan & otak butuh lebih banyak nutrisi serta oksigen. Kinerja sistem pernapasan yang menurun bisa memicu hal tersebut jadi sedikit oksigen yang masuk ke dalam badan & otak, sama permasalahannya contohnya orang yang sekarat, pingsan, & mengantuk. 
  7. Kenapa allah menyukai bersin & membenci menguap walau kita tahu bahwa menguap ialah proses penarikan napas lewat rongga mulut. Namun saat menguap, mulut kita bakal terbuka sangat lebar di mana polutan & debu bisa saja masuk ikut dengan udara yang kita hirup bersamaan dengan setan, sebab ada madharat yang dibawa oleh setan untuk manusia.


Maka dari itu, diperintahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam agar kita menahan menguap sebisa mungkin, kalau pun tidak bisa menahannya, ada baiknya untuk memakai tangan untuk menutup mulut waktu menguap. Akhlak menguap pun menjadi hal yang dicari tahu oleh banyak orang agar tidak salah di hadapan Allah.

Arti bersin ialah pengeluaran kotoran-kotoran melalui mulut untuk membuang virus-virus dalam tubuh kita. Bersin selalu mendadak, & segala polutan, debu serta mikroba bakal ikut terseret keluar saat menghembuskan udara & sesudah bersin pun kita jadi lega. 

Konsentrasi pun biasanya bisa pulih & urat-urat syaraf bisa segar kembali saat sesudah bersin. Maka benar-benar masuk akal kalau bersin sangat disukai Allah sebab berefek baik untuk badan kita.

Adab bersin dalam pengucapan hamdalah sebaiknya dilakukan sesudah bersin untuk bersyukur & ini sebetulnya ialah perintah & bagi siapapun yang mendengar ucapan hamdalah si pelaku bersin maka wajib menjawabnya dengan yarhamukallaah sebelum pelaku bersin menjawabnya kembali, contohnya riwayat hadits dari Imam Bukhari. 

Sesudah tahu mengapa Allah menyukai suara bersin & membenci menguap, sewaktu-waktu menguap, tahan sekuat tenaga ataupun tutup mulut saat sudah tidak tertahankan.

Baca Juga:


Itulah artikel mengapa allah menyukai bersin. Maka cobalah memakai adab bersin yang baik dan tidak memakai adab menguap yang tidak baik.

Terima kasih telah membaca artikel sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap.
loading...

0 Response to "7 Alasan Kenapa Allah Menyukai Bersin & Membenci Menguap"

Post a Comment