5 Alasan Burung Beo Bisa Bicara & 8 Tips Bicara Cepat

loading...
loading...
Faktakah.com - Mengapa burung beo bisa bicara seperti manusia? Banyak orang merasa penasaran & ingin tahu mengenai keistimewaan yang dimiliki oleh burung satu ini. Kita selalu bahagia & merasa senang sendiri kalau melihat burung beo sangat pandai menirukan ucapan manusia yang bahkan juga ditambah dengan kemampuan spesial lainnya. Ada berbagai alasan yang akan menjawab rasa penasaran anda mengenai cara burung beo bisa bicara seperti kita.

Jadi apa alasan mengapa burung beo bisa berbicara? dan cara merawat burung beo agar cepat bicara?


5 Alasan Burung Beo Bisa Bicara & 8 Tips Bicara Cepat



Kenapa burung beo bisa berbicara seperti manusia?

Keunikan suara beo ngomong ada pada lidahnya & ini yang menjadi rahasia mereka sebab suara yang dikeluarkan dapat diatur oleh lidahnya & bahkan membuat mereka untuk meniru ucapan manusia. Baik itu per huruf vokal maupun satu ataupun berbagai kata yang manusia sering bicarakan dapat ditirukan oleh burung pintar ini. 

Kalau manusia menghasilkan suara dari pangkal tenggorokan ataupun yang anda sering sebut dengan istilah laring & suara anda dapat diubah sesuai dengan gerakan lidah, burung beo pun juga sama.

Dengan itulah, manusia dapat mengucapkan huruf vokal & konsonan dengan bagus walau pun tetap ada kesusahan dalam pengucapan & rupanya, peneliti yang berpendapat suara beo ngomong bahwa: sebab lidah burung beo bisa digerakkan ke depan & kebelakang agar ucapan manusia dapat ditiru.

Nyatanya, nilai suara vokal burung beo juga ditentukan oleh pergerakan lidahnya di mana perbedaan yang besar dapat ditimbulkan & bahkan lebih besar apabila dibandingkan nilai vokal “o” & “a” yang manusia biasa ucapkan. 

Pasti seluruh itu juga tidak lepas dari bakat si burung beo itu sendiri untuk meniru suara & kata-kata manusia ditambah dengan lidah yang dimainkan oleh mereka. Untuk itu tidaklah heran kalau banyak orang memilih burung beo sebagai hewan peliharaan sebab mempunyai bakat luar biasa.
  1. Penyebab burung beo dapat berbicara karena setiap pemilik burung beo pasti tahu cara mengajari burung beo berbicara & tidak susah karena burung beo terbukti diciptakan Tuhan dengan keunikan tersebut. Apa fakta lain yang harus anda ketahui mengenai burung cerdas ini?
  2. Burung beo mempunyai intelejensi tinggi & hal ini sudah diakui oleh banyak orang, salah satunya sebab kata-kata manusia pun dapat ditiru oleh manusia. Apabila sempat dengar mengenai beo Kelabu Afrika, burung satu ini sudah diteliti & kerennya, mereka dapat merangkai kalimat sendiri dengan makna yang ringkas.
  3. Kebanyakan burung beo lebih suka makan biji-bijian, namun ada juga burung beo yang lebih suka makan serangga kecil, madu, bunga, ataupun buah.
  4. Keunikan burung beo yang dapat bicara menjadikan burung ini berharga di zaman kebudayaaan Yunani kuno & bahkan ditempatkan di suatu sangkang yang dibangun dari besi berharga. Masyarakat kelas atas di zaman kerajaan Romawi pun berlomba-lomba merawat burung beo. Ada seorang budak yang khusus ditugaskan untuk mengajari burung beo berbicara.
  5. Usia burung beo terbilang sangat panjang sebab dapat mencapai 40 hingga 100 tahun namun pasti tergantung spesiesnya juga. Ada 372 spesies yang baru diketahui hingga ketika ini.
Cara merawat dan melatih burung beo bicara lancar:
  1. Cara melatih burung beo agar bisa bicara yang pertama ialah waktu yang tepat untuk melatih beo adalah pagi hari (sebelum pukul 11.00), dan  sore hari (pukul 15.00 –  17.00).
  2. Cara cepat mengajari burung beo bicara saat latihan sebaiknya pakan (voer dan buah) dikeluarkan dari sangkar, kemudian sangkar dikerodong, agar burung lebih fokus.
  3. Putarkan suara rekaman suara latihan beo yang sudah Anda download di google, bisa  menggunakan media handphone atau mp3 player. Suara yang diputar harus jelas dan tidak kencang (volume sedang, tapi bisa terdengar burung).
  4. Cara melatih burung beo bisa bicara dengan latihan pada pagi hari bisa dilakukan selama 30 – 60 menit. Yang penting rutin dan setiap hari.
  5. Setelah latihan, kerodong bisa dibuka kembali, kemudian berikan pakan kesukaannya seperti buah atau jangkrik. Jika ingin mengulangi pelatihan, maka sangkar dikerodong kembali, kemudian putarkan lagi suara masteran yang sudah didownload  selama 20-30 menit.
  6. Ulangi lagi pelatihan pada sore hari, dengan cara yang sama seperti pada pagi hari.
  7. Malam hari,  pukul 19.00 – 19.30 (cukup 30 menit), dilakukan pengulangan materi yang sudah diberikan pada pagi dan sore hari.
  8. Ciri burung beo bisa bicara bisa dilihat jika burung beo sudah bisa bicara huruf A dan O.
Sudah tidak penasaran bukan dengan alasan mengapa burung beo dapat berbicara? Sungguh ajaib ciptaan Tuhan & penuh dengan detil keunikan yang membuat anda terkagum-kagum. Tetap bimbang mengapa burung beo dapat bicara seperti manusia? Bacalah hingga berakhir fakta di atas untuk tahu jawabannya.

Itulah artikel kenapa burung beo bisa bicara dan bagaimana cara melatih burung beo bicara. Ternyata suara beo ngomong memang enak didengar ya.

Terima kasih telah membaca artikel mengapa burung beo bisa berbicara dan cara merawat burung beo yang benar.

Baca Juga:
loading...

0 Response to "5 Alasan Burung Beo Bisa Bicara & 8 Tips Bicara Cepat"

Post a Comment