Otak Lebah 99% Mirip Otak Manusia, Berikut Penjelasannya

loading...
loading...
Faktakah.com - Otak lebah. Kita tahu bahwa lebah menghasilkan madu yang diambilnya dari sari bunga. Madu tersebut sangatlah lezat danvpasti saja sangat sulit untuk mencari madu, karena itulah lebah madu memerlukan otak yang cukup baik untuk dapat mengetahui bunga yang dapat diambil madunya.

Otak Lebah 99% Mirip Otak Manusia, Berikut Penjelasannya

Tentu saja otak yang dimiliki lebah hanya kecil sekali jika dibandingkan dengan otak yang dimiliki manusia. Tapi Subhanallah, otak lebah mirip otak manusia. Pada otak lebah hanya terdapat kekuranganan dari satu juta neuron sedangkan pada manusia terdapat berpuluh-puluh milyar neuron didalamnya.

Ukuran otak lebah juga kira-kita dua puluh ribu kali lebih kecil jika dibandingkan dengan otak manusia, namun jumlah sel otak lebah mencapai 1 triliunsel dan hampir sama dengan manusia yang lebih 1 triliun sel. Tapi ternyata otak dari lebah sepuluh kali lebih padat jika dibandingkan dengan otak mamalia pada umumnya.

Baca Juga: Misteri sosok naga lengkap

Subhanallah, Otak Lebah Mirip Otak Manusia dengan Berbagai Kemampuannya

Bentuk dari otak lebah mirip dengan kepalanya yaitu berbentuk oval, kira-kira ukurannya sebesar biji wijen.

Dengan demikian, otak yang berukuran mini tersebut ternyata memiliki kemampuan yang baik dalam hal pengawasan dan mencari sari madu. Bahkan dengan ukuran otaknya yang sangat kecil, lebah madu mampu membuat perhitungan yang kompleks untuk mengetahui jarak dari lokasi yang berbeda.

Dengan otaknya, lebah dapat dengan mudah mengingat warna yang berbeda serta mengingat penanda tertentu. Para peneliti di Australia dapat dengan mudah mengajarkan lebah tersebut untuk mengetahui berbagai warna. Subhanallah, otak lebah mirip otak manusia karena ternyata mereka selain dapat mengetahui warna tapi mereka juga mampu mengingatnya sebagai penanda.

Para ilmuan tersebut menggunakan warna tertentu sebagai penunjuk jalan dalam labirin. Para lebah yang sudah diajar arti dari warna tersebut dapat dengan mudah menemukan jalan keluar dari labirin tadi.

Bahkan setelah selang beberapa lama, lebah tersebut masih dapat mengingat arti dari warna tersebut dan menggunakannya untuk menemukan jalan di dalam labirin yang sama sekali baru dan belum pernah mereka jelajahi sebelumnya.

Perbandingan Otak Manusia dengan Otak Lebah Madu yang Ternyata Mirip

Kita tahu bahwa otak manusia terdiri dari dua bagian yaitu kiri dan kanan, ternyata hal yang sama juga berada di otak lebah. Selain tersebut otak manusia sebelah kiri digunakan untuk menggerakkan bagian tubuh sebelah kanan dan sebaliknya, hal ini pun ternyata ada di otak lebah madu.

Untuk membuktikannya para peneliti menghilangkan salah satu antena dari lebah madu tersebut. Antena kanan lebah dicabut, sedangkan berbagai / antena sebelah kiri dibiarkan saja. Hasilnya ternyata mengejutkan subhanallah, otak lebah mirip otak manusia karena berbagai lebah yang hanya memiliki antena kanan ternyata masih dapat mengetahuii lebah lain dari koloni yang sama, mereka juga masih memiliki kemampuan untuk menjulurkan lidahnya untuk makan serta mengusir lebah dari koloni yang berbeda.

Sedangkan yang terjadi pada lebah yang hanya memiliki antena kiri ternyata justru kebalikannya. Mereka sulit untuk mengetahuii lebah dari koloni yang sama, selain tersebut mereka sepertinya sudah tidak memiliki keinginan untuk makan maupun menjulurkan lidahnya, mereka juga mengira lebah dari koloni yang berbeda sebagai lebah dari koloni mereka.

Subhanallah, otak lebah mirip otak manusia dengan penelitian tersebut terbukti bahwa bagian otak dari lebah juga memiliki fungsi tersendiri sama seperti otak manusia. Para peneliti juga percaya bahwa antena yang berada di bagian kanan bermanfaat untuk mengatur perilaku lain seperti waggle dance yang digunakan untuk menunjukkan adanya makanan.

Baca Juga: Hewan ini menjadi penanda makhluk halus!

Itulah artikel keajaiban otak lebah. Ternyata jumlah sel otak lebah hampir sama dengan jumlah sel manusia ya..

Terima kasih telah membaca artikel otak lebih yang mirip 99% dengan manusia.
loading...

0 Response to "Otak Lebah 99% Mirip Otak Manusia, Berikut Penjelasannya"

Post a Comment