3 Alasan Kenapa Orang Sunda + Jawa = Tidak Boleh

loading...
loading...
Faktakah.com - Mitos orang sunda tidak boleh nikah sama orang jawaPasti kita sudah sering dengar mengenai mengapa orang jawa tidak boleh nikah sama orang sunda, namun alasannya mungkin belum terlalu jelas mengapa & lalu haruslah bagaimana. 

3 Alasan Kenapa Orang Sunda + Jawa = Tidak Boleh
Ilustrasi Foto Orang Nikah
Banyak orang-orang tua jaman dulu yang tetap percaya tentang mitos ini, dan saat anak mereka yang dari Jawa umpama menemukan jodoh dari Sunda, maka yang ada hanyalah ketidaksetujuan orang tua. Susahnya mendapat restu dari orang tua gara-gara mitos ini pasti sempat dialami oleh berbagai dari kalian. Lalu, bagaiman agama Islam memandang mitos contohnya itu? dan kenapa orang jawa tidak boleh menikah dengan orang sunda?

Mitos Orang Sunda Tidak Boleh Menikah dengan Orang Jawa

Asal muasal mitos kenapa orang jawa tidak boleh nikah sama orang sunda berasal dari perang Bubat dengan sebab Pajajaran mengkhianati Majapahit jadi lalu ada larangan beristri dari luar ataupun dengan orang dari luar kerabat Sunda. Dari situ lalu melebar & penafsiran orang Sunda dilarang untuk menikah dengan orang Jawa pun tetap dipegang hingga kini oleh banyak orang, terutama para orang-orang tua dari Sunda & Jawa.

Baca Juga: Pernikahan beda agama dalam perpektif islam

1. Kenapa orang sunda tidak boleh nikah sama orang jawa? Mitos mengenai orang Sunda yang melamar orang Jawa bakal menjadikan hidup rumah tangganya bakal menderita juga dipercaya oleh banyak orang Sunda. Sekalipun ada kualitas filosofisnya, mitos Orang Sunda dilarang menikah dengan orang Jawa sebab bakal sengsara nantinya dan bakal tetap menjadi sebuah mitos & kalau dihubung-hubungkan dengan takdir & bahkan dikaitkan dengan kesialan, maka yang memercayainya jelas telah menjadi syirik. 

Ini bisa jadi tiyaroh. Tiyaroh ialah sebutan untuk keyakinan tentang sesuatu sebagai sebab sial untuk kehidupan manusia yang sebetulnya sama sekali tidak mempunyai kaitan & Rasulullah bersabda bahwa thiyarah tersebut merupakan kesyirikan. Ingat tentang firman Allah dalam QS. Az-Zumar: 36 bahwa hamba-hamba-Nya akan dicukupi Allah & Allah sendiri jugalah yang bakal melindungi mereka.

2. Kenapa orang jawa tidak boleh nikah sama orang sunda? Mitos larangan menikah antara Sunda & Jawa ini juga sebab fanatisme kesukuan yang butuh dipertahankan & harus diingat bahwa manusia diciptakan oleh Allah bukan untuk membuat perbedaan & kesenjangan melainkan supaya bersatu, saling mengetahui & melengkapi. 

Dalam QS. Al-Hujarat: 13 dikatakan bahwa  manusia diciptakan oleh Allah dari seorang pria & wanita jadi bisa menjadi berbangsa-bangsa & bersuku-suku supaya bisa lebih saling mengetahui & orang yang dianggap paling mulia untuk di segi Allah ialah yang paling bertaqwa.

Inti dari firman Allah tersebut ialah bahwa orang yang paling bertaqwalah yang dianggap paling mulia & bukan sebab dirinya tergolong golongan ataupun suku tertentu. Sunda tidaklah lebih mulia dari Jawa & begitu juga sebaliknya. Seharusnya perbedaan Sunda & Jawa justru menjadi satu alat penyatu keduanya.

Hati-hati dalam memercayai sebuah mitos orang jawa tidak boleh menikah dengan orang sunda yang tidak benar. Itulah mengapa kaum muslimin & Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diajarkan oleh Allah untuk menjadi hamba yang pasrah & tawakkal kepada-Nya, yaitu supaya dengan mudah bisa melawan ancaman-ancaman kesyirikan & kualat macam itu. 

Dikatakan oleh Ibnu Mas’ud bahwa tidak ada dari kita yang sangatlah bersih dari tiyaroh, namun selalu ada jalan untuk kembali terhadap Allah & dengan tawakkal, dan Allah bakal menghapus perasaan tersebut.

Perasaan takut pasti bakal menjadi lebih besar saat mitos ini dituruti & semakin diyakini, untuk itu mulailah untuk membuang keyakinan tentang mitos tersebut jauh-jauh. Coba yakinkan orang tua yang tetap percaya bakal mitos dengan ayat-ayat Al-Qur’an sebab firman Allah tidak akan pernah salah, dan itulah dalil yang mematahkan mitos orang Sunda tidak boleh menikah dengan orang Jawa.

Jadi mitos sunda tidak boleh menikah dengan jawa ternyata hanyak membuat keturunannya takut agar tak salah menikah.

Baca Juga: 5 Alasan pria telat nikah, dan resiko telat nikah

Itulah artikel orang sunda tidak boleh menikah dengan jawa.

Terima kasih telah membaca artikel orang jawa tidak boleh menikah dengan orang sunda. Semoga dapat menjawab pertanyaan kamu tentang kenapa orang sunda tidak boleh menikah dengan jawa.
loading...

0 Response to "3 Alasan Kenapa Orang Sunda + Jawa = Tidak Boleh"

Post a Comment