Mitos Makan Telur Sebabkan Bisul + 10 Manfaat Telur Bagi Kesehatan

loading...
loading...
Faktakah.com - Mitos telur penyebab bisul dan manfaat telur untuk kesehatan
Kita sering mendengar bahwa apabila terlalu banyak makan telur bisa menyebabkan bisul, namun benarkah hal tersebut? Makan telur menyebabkan bisul nyatanya hanya mitos! 

Padahal sejak kecil kita sering mendengar untuk tidak makan telur terlalu banyak, paling tidak sehari satu atau dua saja. Walau begitu terbukti lebih baik tidak memakan apapun dengan cara berlebihan, walau nyatanya telur bisa menyebabkan bisul tersebut ketahuan hanya mitos belaka.

Nah apa manfaat telur bagi kesehatan? apa manfaat putih telur untuk kesehatan dan apa manfaat kuning telut bagi kesehatan?

Mitos Makan Telur Sebabkan Bisul + 10 Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Baca Juga: Anjrit, ternyata makan upil sangat bagus untuk kesehatan

Mitos telur penyebab bisul

Makan telur sebabkan bisul ialah salah satu mitos jaman dahulu alias jadul. Hingga kini tetap banyak orang yang mempercayai hal tersebut apalagi para orang tua. Padahal hingga kini belum ada penelitian ataupun studi yang betul-betul membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi telur bisa memunculkan bisul di tubuh. Lalu gimana sebetulnya bisul tersebut bisa muncul?

Bisul di badan bisa timbul sebab terjadi “pertempuran” sengit antara bakteri penyebab bisul dengan sel darah putih. Bisul sendiri merupakan peradangan kulit yang terlokalisasi & biasanya timbul di folikel rambut. Penyebab paling sering timbulnya bisul bukanlah karena makan telur, melainkan pori-pori tersumbat misal dampak keringat yang mengering ataupun bisa ada benda asing yang masuk ke kulit. Nah, itulah sebabnya jangan takut dulu dengan telur & bisul yang selama ini Anda dengar.

Lebih lanjut, seseorang yang diketahui mempunyai alergi pada telur pun tidak mendapati timbul bisul saat memakan telur. Menurut Journal and Agricultural Food Chemistry dalam buku “Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan" karangan Nutrifood Research Center, biasanya orang yang alergi telur mempunyai gejala-gejala mual, sakit kepala, & timbul ruam-ruam kemerahan di kulit mereka & bukannya bisul.

Ciri-ciri bisul yang timbul di kulit kita ialah timbulnya benjolan berwarna kemerahan yang lalu membesar & ada mata nanah berwarna putih di tengah-tengah. Bisul ini sering timbul di tempat yang berbulu misal pantat, ketiak, selangkangan, paha, bahu, tengkuk, & tempat lainnya. Bisul mungkin bisa meninggalkan bekas luka di kulit, & untuk menanggulangi bisul hanya bisa dengan pemberian obat.

Apa Saja Manfaat Telur?

Daripada percaya dengan mitos yang belum terbukti benar, apakah Anda tahu apa saja fungsi apabila makan telur yang kaya protein? manfaat zat telur bagi kesehatan tubuh manusia inilah dia:

1. Tidak hanya sebagai sumber protein, telur nyatanya menjadi sumber mineral contohnya fosfor, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, seng, & tembaga yang sudah tentu baik bagi tubuh.

2. Putih telur juga baik sebagai sumber vitamin B & folat. Folat sangat baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil sebab sangat bagus untuk perkembangan otak janin.

3. Putih telur yang tinggi protein juga bisa dijadikan menu dalam diet sehat Anda sebab fungsi protein bisa menggantikan fungsi karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh.

4. Telur mengandung kolin yang berfungsi untuk mencegah resiko penyakit kanker payudara bagi wanita.

5. Telur merupakan nutrisi untuk kesehatan organ mata karena terdapat kandungan vitamin A.

6. Manfaat telur bagi kesehatan dan kecantikan ialah untuk awet muda kan kulit

7. manfaat kuning telur bagi kesehatan tubuh ialah untuk menambah kualitas otak, apalagi untuk orang yang suka fitness.

8. Telur sangat bagus untuk menambah kecerdasan, apalagi telur ikan yang kaya protein dibandingkan telur lain

9. Kegunaan telur untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai penambah tenaga dan anti pusing.

10. Kegunaan telur bagi kesehatan lainnya yaitu sebagai penggemuk badan paling bagus.

Nah, itulah berbagai fungsi ataupun khasiat yang bisa didapat dari mengonsumsi telur. Kalau Anda takut dengan kolesterolnya yang tinggi, maka Anda bisa menghindari untuk memakan bagian kuningnya sebab kandungan kolesterol yang tinggi terdapat pada telur.

Tapi yang haruslah diingat pula bahwa tidak baik mengkonsumsi telur berlebihan, usahakan sekali saja dalam sehari, apalagi apabila Anda tetap ingin memakan bagian kuningnya. Nah, makan telur menyebabkan bisul nyatanya hanya mitos & justru ada banyak fungsi dari makan telur.

Baca Juga: 7 bahaya makan mie instan tanpa dimasak

Itulah artikel kandungan gizi dan manfaat telur bagi kesehatan. Ternyata telur itu sangat banyak manfaatnya yaa...

Terima kasih telah membaca artikel 
loading...

0 Response to "Mitos Makan Telur Sebabkan Bisul + 10 Manfaat Telur Bagi Kesehatan"

Post a Comment