Cara Menjawab Salam Non Muslim Paling Benar 100%

loading...
loading...
Faktakah.com - Ucapan salam buat non muslimSalam sudah menjadi bagian dari sopan santun sehari-hari, sebab itulah Anda mungkin mengucapkannya terhadap seluruh orang. Tetapi gimana dengan hukum membalas salam non muslim yang banyak dari Anda tidak mengenalnya? apa hukumnya menjawab salam non muslim? apakah ada larangan menjawab salam dari non muslim? dan bagaimana cara menjawab salam non muslim?

Cara Menjawab Salam Non Muslim Paling Benar 100%

Nyatanya meskipun salam sudah menjadi bagian sehari-hari, tetapi Anda juga haruslah tahu mengenai hukum yang berlaku mengenai salam tersebut, khususnya dalam kaitannya dengan salam yang berasal dari non muslim. Semuanya tersebut sebetulnya sudah dijelaskan di dalam Al-Quran, tetapi pasti saja ada berbagai penafsiran yang tidak sama mengenai hukum tersebut. 

Bolehkah seorang muslim mengucapkan salam kepada non muslim? Mari kita melihat lebih lanjut lagi mengenai berbagai hukum yang bisa diterapkan ketika menjawab salam non muslim.

Baca Juga: 4 pandangan tokoh non muslim terhadap nabi Muhammad

Hukum Membalas Salam Non Muslim

Bolehkah kita mengucapkan atau menjawab salam saudara kita non muslim? Abu Hurairah sempat mengatakan bahwa Anda tidak boleh untuk mengucapkan salam pertama kali terhadap non muslim, mesikipun Anda berjumpa dengan mereka dengan cara tidak sengaja di jalan. Dari hadits tersebut  Anda bisa mendalami bahwa mengucapkan salam pertama kali terhadap orang yang non muslim maka hal tersebut ialah haram. 

Pasti saja hukum menjawab salam dari non muslim ini tidak berlaku untuk seluruh salam, tetapi hanya salam dalam Islam yang berisi mengenai mendoakan keselamatan mereka. Sedangkan salam yang umum untuk diucapkan contohnya selamat pagi hal tersebut  tetap boleh dikatakan sebab tidak haram & tidak berisi mengenai mendoakan keselamatan mereka. 

Terdapat pula suatu kisah yang menceritakan mengenai pertemuan rasulullah yang sedang bepergian dengan majlis yang terdiri dari dari berbagai orang muslim dan diantara mereka juga terdapat berbagai orang yang ialah non muslim. Ketika rasulullah berjumpa dengan mereka, lalu beliau mengucapkan salam dan selanjutnya berhenti. 

Dari ayat ini Anda bisa melihat hukum menjawab salam non muslim maka bisa disimpulkan bahwa apabila Anda berjumpa dengan orang yang terdiri dari berbagai orang muslim tetapi diantara mereka juga terdapat berbagai orang yang non muslim maka mengucapkan salam tetap diperbolehkan. 

Hukum Terhadap Salam yang Diucapkan Dari Non Muslim

Selanjutnya mari melihat lebih lanjut lagi ke salam yang diucapkan dari orang yang non muslim dalam artian bahwa mereka yang terlebih dahulu mengucapkan salam terhadap Anda. Dalam hal ini rasulullah juga sempat mengalami hal yang hampir mirip dimana ketika tersebut beliau berjumpa dengan orang yang non muslim, lalu orang tersebut  mengucapkan assaamu ‘alaik yang artinya celakalah engkau maka lalu rasulullah lalu membalas salam tersebut dengan wa ‘alaik’ yang artinya kamulah yang celaka. Disini bisa dilihat hukum membalas salam non muslim yang dicontohkan oleh rasulullah.

Yang harus dilihat ialah salam yang diberikan oleh orang non muslim tadi terhadap rasulullah ialah salam yang dibelokkan, sebab itulah untuk salam tersebut tidak harus membalasnya dengan salam yang benar, karena salam diberikan non muslim biasanya ialah ejekan. 

Jadi saling mengejek ialah hal yang biasa pada zaman nabo, tetapi pastinya hal tersebut sudah sangat jarang atau sudah tidak ada lagi pada jaman sekarang. Sebab itulah persoalanannya kini ialah apabila orang non muslim yang Anda temui sudah mengucapkan salam dengan salam yang benar, maka rasulullah sudah mengatakan untuk boleh membalas salam yang benar tersebut dengan mengatakan wa’alaikum.

Cara menjawab salam pada non muslim yang benar

Jika non muslim mengucapkan Assalammualaikum, maka jawab seperti biasa: Waalaikum salam...

Baca Juga: Apakah agama non muslim bisa masuk sorga? ini jawabannya

Itulah artikel hukum memberi salam kepada non muslim. Dengan adanya artikel ini, maka anda sudah tahu bukan? cara menjawab salam non muslim ini...

Terima kasih telah membaca artikel hukum membalas salam dari non muslim.
loading...

0 Response to "Cara Menjawab Salam Non Muslim Paling Benar 100%"

Post a Comment