12 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa & Hikmah Bau Mulut

loading...
loading...
Faktakah.com - Bau mulut orang berpuasa dan tips agar mulut tidak bau saat puasa.
Mengapa aroma mulut ketika berpuasa lebih menyengat daripada orang yang tidak berpuasa? Tetapi dibalik itu, Apakah anda tahu bahwa terdapat hikmah & keutamaan yang baik dari aroma mulutnya orang yang berpuasa, yaitu diketika akhirat kelak bakal diganti dengan aroma mulut yang lebih wangi & sangat harum dari pada wanginya aroma mulut sebelumnya.

12 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa & Hikmah Bau Mulut

Baca Juga: 6 masalah pencernaan saat puasa dan cara mencegahnya

Hikmah & Keutamaan Aroma Mulut Orang yang Berpuasa

Rasulullah SAW sudah membahas bahwa:
“Sungguh aroma mulut orang yang berpuasa lebih harum di segi Allah SWT daripada aroma minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 & Muslim no. 1151)

Hikmah Aroma Mulut Orang yang lagi Berpuasa yang sudah di jelaskan dari hadits mengenai aroma mulut orang yang berpuasa diatas bisa kita jelaskan bahwa nyatanya aroma mulutnya orang yang berpuasa tersebut jauh lebih harum disisi Allah SWT & diakhirat kelak aroma mulut tersebut  bakal dibalas dengan aroma minyak misk yang begitu harum & wangi.

Nyatanya ada dua alasan mengapa aroma mulut orang yang lagi berpuasa bisa dibalas dengan aroma yang lebih wangi & harum daripada minyak misk. Berikut ini penjelasannya:

Amalan berpuasa  ialah suatu rahasia antara hamba dengan Allah SWT. Sebab rahasia yang ia sembunyikan, dan Allah pun membalasnya secara menampakkan orang yang di akhirat dengan aroma mulut yang harum di antara manusia di hari kiamat.

Dari ketaatan berpuasa, ketaatan itu bakal dibalas oleh Allah SWT dengan sesuatu yang membahagiakan pada hari kiamat. Artinya, aroma mulut seseorang yang berpuasa ataupun aroma mulut yang tidak enak bakal dibalas dengan aroma mulut yang wangi di akhirat, sebab hal tersebut sudah di tetapkan pada amalan ketaatan pada Allah SWT di dunia. (Lihat Lathoiful Ma’arif, hal. 286-288).

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah membahas bahwa:
“Segala sesuatu yang dianggap kurang di dunia menurut pandangan manusia tetapi apabila melakukan ketaatan berpuasa pada Allah SWT & mencari ridho - Nya, maka hakekatnya kekurangannya tersebut ialah suatu kesempurnaan (di segi Allah).” (Lathoiful Ma’arif, hal. 288).

Bau mulut seseorang yang harum di hari kiamat muncul dari ketaatannya yang dilakukan ketika hidup di dunia. Aroma mulut harum tersebut bakal membuat orang lain makin menyukainya di akhirat kelak nanti. Itulah yang dijelaskan dalam ayat QS. Maryam: 96 yang berbunyi:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman & beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Berkuasa bakal menanamkan dalam (hati) mereka yaitu rasa kasih sayang. ” (QS. Maryam: 96).

Jadi Itulah Keutamaan & Hikmah Aroma Mulut Seseorang yang Berpuasa, yang artinya sesungguhnya kelak diakhirat kelak seseorang yang sedang berpuasa dengan aroma mulut yang tidak enak bakal dibalas dengan aroma yang lebih wangi & harum seperti minyak misk.

Meskipun dari pada itu, kita haruslah masih dianjurkan untuk rutin menjaga kesehatan mulut sebab kebersihan tersebut sebagian dari iman & supaya diketika kita berpuasa tidak terkena penyakit jadi puasa pun berlangsung dengan lancar. Demikian penjelasan dari Hikmah & Keutamaan Aroma Mulut Seseorang yang Berpuasa, mudah-mudahan apa yang sudah di jelaskan tadi bisa berguna bagi para pembaca semua. Terima Kasih.

Tips Agar Tidak bau Mulut Saat Puasa

1. Mencegah bau mulut saat puasa bisa dengan sahur dengan air es.
2. Cara mencegah bau mulut saat puasa bisa dengan gosok gigi saat sesudah sahur.
3. Cara agar mulut tidak bau saat puasa dengan tidak memakan makanan pete, jengkol dan makanan lain yang menyengat.
4. Jika gigi berlubang coba tambal dulu dengan bantuan dokter.
5. Mengatasi bau mulut saat puasa coba lakukan dengan lari maraton pada pagi hari.
6. Cara agar tidak bau mulut saat puasa, makan permen mint secukupnya sahur.
7. Gunakan obat kumur (mouthwash).
8. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.
9. Jangan merokok saat bulan ramadhan.
10. Coba minum teh hijau saat sahur dan berbuka
11. Gunakan masker saat mengendarai motor.
12. Jika bau mulut saat puasa masih menyengat coba makan obat penghilang bau mulut yang direkomendasikan dokter.

Baca Juga: 7 manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan

Itulah artikel hikmah bau mulut saat puasa dan cara mengatasi bau mulut saat puasa. Dengan membaca artikel ini semoga menghilangkan bau mulut saat puasa dapat mudah anda lakukan.

Terima kasih telah membaca artikel
loading...

0 Response to "12 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa & Hikmah Bau Mulut"

Post a Comment