12 Bahaya Menelan Permen Karet + 3 Cara Mengatasinya

loading...
loading...
Faktakah.com - 12 bahaya jika menelan permen karet dan 3 Cara Mengatasi Menelan Permen Karet.
Bahaya atau tidak menelan permen karet? Apabila Anda merupakan pecinta permen karet, & tidak sengaja tertelan, maka Anda haruslah mengenal apa yang sebetulnya terjadi pada badan Anda saat permen karet tersebut masuk ke badan Anda. Permen karet dibangun dari bahan-bahan campuran elastomer, lilin, resin, lemak, & Emulsifier. Saat tertelan, meski pun susah, air liur bakal tetap menjalan kan reaksi kimia untuk mencerna bahan-bahan dari permen karet yang isinya lemak, resin, & glukosa. 

12 Bahaya Menelan Permen Karet + 3 Cara Mengatasinya

Jadi apakah bahaya jika menelan permen karet? apa bahaya anak menelan permen karet?

Baca Juga: 5 bahaya makanan pedas dan 5 efek sampingnya

Bahaya Menelan Permen Karet

Menelan permen karet bahaya atau tidak? Permen karet bukan lah makanan yang bisa dicerna dengan cara cepat, dikarenakan oleh kandungan lilin yang terdapat di dalamnya. Jadi saat dikeluarkan, permen karet tidak bakal hancur. Mesikipun sifat permen karet ialah lengket, usus bakal melakukan gerakan peristaltik untuk mendorong permen karet tersebut hingga akhirnya dikeluarkan melewati proses defekasi. 

Menelan permen karet bahaya atau tidak? sebab sifat lengket dari permen karet tersebut, usus mengalami kesusahan untuk mendorongnya jadi membutuhkan waktu setidaknya 2 hingga 3 hari untuk bisa mengeluarkan permen karet tersebut dari tubuh.

Berikut 12 bahayanya menelan permen karet:
1. Gangguan pencernaan
2. Penyakit Crohn (penyempitan usus)
3. Sembelit
4. Malnutrisi
5. Berat badan naik
6. Daya tahan tubuh melemah
7. Buncit
8. Sulit makan dan minum
9. Keringat lebih
10. Kematian
11. Nafas jadi bau
12. Kematian

Apa ada bahaya anak kecil menelan permen karet? Sebetulnya insiden tertelannya permen karet tidaklah begitu berbahaya apalagi hingga mengancam nyawa. Meski pun jarang terjadi, tetapi bisa berbahaya apabila tertelan oleh anak-anak yang tetap kecil. Kenapa? Sebab saat tertelan permen karet dengan ukuran agak besar.

Organ pencernaan anak-anak yang tetap kecil bisa terancam tersumbat oleh gumpalan permen karet yang tertelan sehinga proses pencernaan tertahan & bisa menyebabkan perut anak menjadi membesar sebab hasil makanan & metabolisme yang seharusnya dibuang melewati proses defekasi menjadi tertahan di dalam tubuh. Inibahaya menelan permen karet pada balita, jadi saat anak Anda tertelan permen karet segera berangkat ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. 

Walau pun sebetulnya permasalahan tertelannya permen karet sedikit berbahaya, tetapi apabila permen karet yang tertelan mempunyai ukuran besar maka dianjurkan untuk segera membawa anak ke dokter. Sebab apabila dibiarkan lebih lanjut, gumpalan permen karet yang masuk ke lambung bakal bercampur dengan zat-zat lain di dalam lambung & bakal menjadi gumpalan yang lebih besar ataupun bezoar. Dikhawatirkan bakal menyumbat usus.

Suatu permasalahan di Amerika Serikat tentang seorang anak perempuan yang menelan permen karet bersama dengan uang koin, anak perempuan tersebut pada akhirnya haruslah dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani proses esofagoskopi atau operasi pembongkaran usus.

3 Cara Mengatasi Permen Karet Ketelan

1. Mintalah anak Anda untuk membuka mulutnya supaya Anda bisa melihat jalur pernapasan Anak. Apabila permen karet masih dalam jarak yang bisa diraih, maka Anda haruslah mengeluarkanya.

2. Perhatikan apakah anak Anda menunjukkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan contohnya tersedak, ataupun sesak nafas. Apabila anak Anda tersedak, segera lakukan tahap pertama. Apabila permen karet tidak bisa dijangkau, lakukan pukulan pada punggung anak supaya anak Anda memuntahkan permen karet tersebut. Cara lain yang Anda bisa lakukan dengan menekan perut bagian atas untuk memunculkan tekanan pada saluran nafas sampai anak memuntahkan permen karet tersebut.

3. Bila anak tidak menunjukkan gejala yang harus dikhawatirkan. Cukup anda berikan anak air putih. Air putih disini bertujuan untuk menolong permen karet supaya bisa terdorong dengan lebih mudah, serta menolong kerja usus untuk mengeluarkan permen karet tersebut dari badan anak.

Ini dirinya bahaya menelan permen karet & cara mengatasinya. Permen karet terbukti bisa ditelan, tetapi tetap saja benda tersebut bukan makanan untuk di telan. Jadi, sebaiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan dari tertelannya permen karet, Anda sebaiknya tidak menelan permen karet.

Baca Juga: Aneh, 5 makanan ini bikin anda justru lapar

Itulah artikel bahaya tidak sengaja menelan permen karet. Ternyata bahaya dari menelan permen karet itu bisa menyebabkan kematian!

Terima kasih telah membaca artikel bahaya menelan permen karet.
loading...

0 Response to "12 Bahaya Menelan Permen Karet + 3 Cara Mengatasinya"

Post a Comment