10 Manfaat Stres Bagi Kehidupan Manusia dan Kesehatan

loading...
loading...
Faktakah.com - Manfaat stres. Nyatanya, stres mempunyai fungsi untuk badan & kondisi sosial kita sedang tidak stabil seperti sedih dan putus asa. Stres ialah kondisi di mana kebanyakan orang malah bisa sakit karena perasaan sedih, putus asa dan akan menyebabkan tekanan darah tinggi, insomnia, persoalan pencernaan, timbulnya jerawat, rambut rontok, sampai serangan jantung merupakan akibat dari stres.

Namun jangan salah, stres tidak selamanya berakibat kurang baik bagi tubuh, ada berbagai fungsi ataupun hal baik yang bisa kita syukuri saat sedang mengalami stres, contohnya yang bakal kita ulas berikut ini.

10 Manfaat Stres Bagi Kehidupan Manusia dan Kesehatan


Baca Juga: 5 Manfaat stres untuk kesehatan

Fungsi Stres Untuk Kesehatan

Ternyata stress sangat bermanfaat untuk kesehatan badan kita:

1. Peningkatan daya memori sudah memang menjadi salah satu fungsi dari stres. Dalam hal ini, diri seseorang bakal menjadi lebih berpikir tajam, kinerja memori akan meningkat & bahkan lebih sadar dari biasanya. Dikatakan juga oleh para peneliti bahwa daya ingat bisa ditingkatkan dengan cara cepat dengan bantuan stres tersebut.

2. Peningkatan dalam sosialisasi juga tentu disetujui oleh banyak orang yang sempat mengalami stres. Justru saat berada dalam tekanan, kita malah dibangun lebih dekat dengan orang lain yang dengan cara otomatis berakibat baik bagi kehidupan sosialisasi kita.

Telah dibuktikan oleh The Stress Institute serta The Mindful Living Network bahwa kita akan lebih termotivasi untuk menjadi dekat dengan orang lain di mana oksitosin bakal dengan cara otomatis ditingkatkan oleh stres jangka pendek & kita menyebutnya sebagai hormon kedekatan.

3. Peningkatan sistem imun. Nyatanya, stres mempunyai fungsi kesehatan & sistem imun yang meningkat merupakan salah satu hal yang pastinya malah menguntungkan sekali. Telah diteliti dengan memakai seekor tikus, & ditemukan bahwa tingkat vaksin lebih tinggi terdapat pada tikus yang stres sedangkan tikus yang tidak stres. Kekebalan aktif untuk bersisi kukuh ataupun melawan penyakit dihasilkan oleh vaksin yang merupakan bahan antigenic jadi infeksi bisa dikurangkan ataupun bahkan dicegah.

4. Penangkis penyakit flu. Stres nyatanya ada manfaatnya, stres malah bisa mengusir penyakit flu ataupun pilek. Saat kita mengalami stres, badan tanpa disadari bakal bekerja lebih aktif & keras dari biasanya agar bisa menyesuaikan dengan kondisi yang tengah dihadapi.

Sebagai hasilnya, sistem kekebalan badan pun didapat dari stres tersebut menyebabkan penyakit pilek bisa dilawan, sebab juga adanya kekebalan yang sebanding sebab kelenjar adrenal yang telah diatur. Ada kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar & untuk stres ada anti inflamasi yang bakal menanggulangi stres emosional.

5. Mempercepat masa pemulihan. Nyatanya stres juga mempunyai berbagai fungsi yang bukan main hebatnya. Bahkan perbaikan pasca-operasi juga bisa didukung dengan stres jangka pendek. Bakal sangat membahagiakan apabila bisa cepat sembuh sesudah operasi. Penyembuhan yang lebih cepat sangat dibantu oleh hormon stres yang tengah berada dalam tubuh.

6. Peningkatan kreativitas juga merupakan fungsi stres itu sangat baik, segi kreatif dalam diri orang malah bisa dimaksimalkan saat sedang stres. Tekanan bukan menjadi penghalang untuk berkarya ataupun menjadi kreatif, namun justru faktor pendukung untuk menjadi lebih kreatif & memampukan seseorang untuk bekerja lebih inovatif.

7. Stres dapat mempercepat pengambilan keputusan saat sedang dalam kondisi masalah.

8. Stres dapat merilekskan badan karena biasanya orang yang stres akan tidur-tiduran.

9. Stres dapat memperkuat mental, itu dikarenakan stres ini menjadikan hati jadi terlatih sedih. Jadi jika sedih datang lagi maka akan dianggap angin lalu.

10. Stres membuat orang punya kekuatan lebih untuk melakukan sesuatu.

Jadi, bila sedang berada dalam tekanan & stres, itu bukan hanya ada negatifnya saja, sebab ada banyak fungsi yang bisa ditarik untuk kesehatan tubuh, pikiran, & bahkan kehidupan sosial kita. Nyatanya, stres mempunyai fungsi yang segudang yang tidak kita ketahui selama ini.

Baca Juga:

Itulah artikel 10 manfaat stres...Nah bagi kamu yang tidak suka stres, maka cukup cari cara menghilangkan stres dan cara mengatasi stres.

Terima kasih telah membaca artikel 10 manfaat stres.
loading...

0 Response to "10 Manfaat Stres Bagi Kehidupan Manusia dan Kesehatan"

Post a Comment