Dialog Interaktif: Pengertian, Contoh, & Kesimpulan di TV 2017

loading...
loading...
Faktakah.com -  Dialog interaktif ialah materi mata pelajaran bahasa indonesia kelas 9 SMP yang bakal kita ulas hari ini. Dialog interaktif ini sangat sering kita lihat di berbagai media seperti radio, koran dan TV.

Nah dari beberapa contoh dialog interaktif di tv, dialog interaktif lebih sering kita jumpai pada acara kabar pagi MetroTV dan TVone. Sedangkan dialog interkatif jenis talk show contohnya pada dialog interaktif Trans 7 pada acara Hitam Putih Deddy Cobuzer.

Dialog Interaktif: Pengertian, Contoh, & Kesimpulan di TV 2017


Pengertian dialog interaktif dan contoh obrolan interaktif

Dialog interaktif di TV biasanya terjadi saat ada sebuah topik yang sedang hangat & sering diperbincangkan, baik itu topik viral, sosial, ekonomi, dan olahraga.

Biasanya sebuah acara dialog interaktif di TV bakal mengajak beberapa narasumber yang ahli pada bidangnya untuk berdialog dengan pewawancara dalam sebuah acara dialog interaktif.

Pengertian Obrolan Interaktif, dialog merupakan kegiatan berbicara atau berbincang-bincang yang terarah ke pihak lain untuk memecahkan masalah atau tujuan tartentu. Nah jadi, apa yang dimaksud dengan dialog interaktif? apa saja contoh dialog interaktif singkat di TV? dan apa saja kesimpulan dialog interaktif di TV?

Jadi pengertian dialog interaktif ialah dialog yang dilakukana oleh pewawancara di televisi atau radio dengan narasumber serta dihadiri para pemirsa yang dialog interaktif ini bertujuan untuk mencari solusi atau berbagi informasi.

Unsur Unsur dialog interaktif

Sama halnya dengan suatu kabar, dialog interaktif juga memiliki unsur–unsur pembangun dialog interaktif, yaitu 5 W + 1 H.  Berikut penjelasan 5W+1H yang benar dalam teks dialog interaktif:

  1. What : Apa yang sedang dibicarakan dalam dialog interaktif tersebut?
  2. Who : Siapa yang terlibat dalam dialog interaktif tersebut?
  3. When : Kapan dialog interaktif tersebut dilaksanakan?
  4. Where : Di mana dialog interaktif tersebut dilaksanakan?
  5. Why : Mengapa dialog interkatif tersebut diadakan?
  6. How : Gimana jalan & hasil dialog interaktif tersebut?


Hal yang Haruslah Diperhatikan Saat Menyimak Dialog Interaktif

Setelah mengetahui pengertian dialog interaktif,  ternyata ada beberapa hal yang haruslah kita perhatikan saat kita mendengar dialog interaktif di TV atau radio. Beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Tema Dialog, ini haruslah kita perhatikan sebab tema dialog interaktif merupakan sebuah pokok dari permasalahan yang bakal diperbincangkan pewawancara dengan narasumber..
  2. Narasumber, kita haruslah mengenal dengan jelas siapakah yang menjadi narasumber dalam sebuah interaktif karena narasumberlah yang akan berbagi informasi.
  3. Pendapat Narasumber, ini juga haruslah kita perhatikan sebab dalam sebuah dialog interaktif kita juga haruslah mengenal apa saja pendapat yang dikemukakan oleh para narasumber, berilah kritik jika pendapat narasumber dapat merugikan pihak lain.
  4. Kesimpulan Dialog, merupakan inti dari topik permasalahan dari dialog interaktif.


Memberikan Komentar Dalam Obrolan Interaktif

Sesudah kita mendengar dialog interaktif, hal yang harus segera dilakukan ialah memberikan komentar kepada narasumber. Memberikan komentar dalam sebuah dialog interaktif ada beberapa hal yang haruslah diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Memberikan komentar yang bersifat objektif & komentar tidak memihak terhadap salah satu peserta atau narasumber.
  2. Komentar haruslah disertai fakta-fakta yang asli dan meyakinkan.
  3. Komentar berisi alasan yang logis dan masuk akal.
  4. Hal-hal yang butuh dikomentari dalam obrolan interaktif ialah sebagai berikut.
  • Tema dialog interaktif, apakah penting atau tidak
  • Performa & penguasaan materi yang harus dipaparkan narasumber.
  • Relevan atau tidaknya pertanyaan peserta obrolan terhadap tema dialog.


Benar atau tidaknya jawaban narasumber atau pertanyaan peserta dialog interaktif

Bagaimana cara mengetahui keaslian isi obrolan yang diperbincangkan dalam sebuah obrolan interaktif? Caranya ialah dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara atau wartawan.

Contoh dialog interaktif beserta kesimpulan

Berita dialog interaktif, berikut bakal saya berikan contoh dialog interaktif sngkat di TV indonesia yaitu Metro TV pada agenda Kick Andy. Berikut contoh dialog interaktif metro tv:

Nama acara TV       : Kick Andy.
Stasiun Tv                : Metro TV.
Waktu                       : Jam 20.05 WIB, Jum’at 22 Juli 2017.
Pembawa acara      : Andy Flores Noya.
Narasumber            : Dahlan Iskan.
Tema                         : Keberhasilan serta perbuatan Dahlan Iskan sebagai Menteri yang persengketaan
Pembahasan             : Tanpa melibatkan pemirsa.

Dialog                       :
Andy     : Selamat malam bapak menteri dahlan iskan...
Dahlan  : Selamat malam bapak andy...
Andy     : Apa yang kita pikirkan sebetulnya jika mentri tidak mendapatkan fasilitas mewah dari negara?
Dahlan   : Hidup kita haruslah sederhana, sebab biarpun kita hidup kaya raya, kita akan mati juga. Dan tentu saja harta tidak bisa dibawa ke kubur.
Andy     : Siapa orang yang paling berjasa dalam hidup anda?
Dahlan  : Pertama ialah orang tua saya, yang telah membesarkan saya dari kecil. Yang kedua ialah kakak perempuan saya yang ada di Samarinda yang telah membiayai hidup saya & adik saya sesudah orang tua saya meninggal.
Andy     : Mengapa tanggal lahir Kita tidak dapat dipastikan?
Dahlan  : Saat saya lahir, kakak saya sempat menuliskan tanggal lahir saya di balik pintu lemari. Saat ibu saya sakit parah & tidur di rumah dukun selama 1 bulan. Bapak saya menganggur sebab menemani ibu saya yang lagi sakit. Sebab tidak ada penghasilan dari Bapak, maka barang-barang di rumah dijual semua dan termasuk lemari yang bertuliskan tanggal lahir saya.
Andy      : Gimana cara Kita melalui masa-masa susah dalam kemiskinan?
Dahlan   : Saya merasa tidak menderita karena miskin. Karena saya menerima apa adanya, sebab bagaimanapun kondisinya, hidup haruslah dijalani.
Andy      : Sejak kapan bapak hidup sederahana?
Dahlan   : Sejak menjadi Direktur Mutlak PLN. Banyak orang yang berkata PLN tersebut sarang korupsi. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak menerima gaji, mobil dinas, & rumah dinas dari PLN.
Andy      : Apa yang terjadi dengan hati bapak? & adakah pengaruh dari operasi ganti hati pada kegiatan bapak sehari-hari?
Dahlan   : Awalnya saya mengidap Hepatitis B, lalu saya terkena kanker hati & umur saya diperkirakan tinggal 6 bulan. Maka saya menjalani operasi ganti hati & syukurlah sekarang sudah sembuh.
Andy    : Apa yang mendasari bapak mentri untuk melakukan tindakan-tindakan sederhana , contohnya naik ojek, & tidur di rumah petani di desa?
Dahlan  : Saat saya naik ojek, saat itu jalanan sangatlah macet jadi saya haruslah naik ojek supaya efektif waktu. Saat saya tidur di rumah petani, saya ingin mengenal kenapa orang miskin sekarang begitu menderita. Saya juga ingin mencari cara untuk memecahkan kemiskinan Indonesia secara merata.
Andy     : Jika dicalonkan menjadi presiden atau wakil presiden, maukah bapak mentri menerima?
Dahlan  : Saya tidak mau jadi presiden atau wakil presiden, karena saya ingin semakin bekerja sebagai Menteri BUMN semampu saya.
Andy     : Di mana sajakah bapak menjalani pendidikan formal waktu dulu?
Dahlan   : Saya menerima pendidikan formal saya yaitu SD, SMP, & SMA di kampung halaman saya. Lalu saya ikut kakak saya ke Samarinda untuk kuliah di IAIN. Sebab orang yang mau kuliah di Samarinda sangat sedikit, maka tentu saja saya mudah masuk kuliah di samarinda.

Itulah contoh teks dialog interaktif.

Kesimpulan Dialog Interaktif

Persoalan tindakan-tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN yang sangat sederhana sekarang sedang menjadi topik pembicaraan hangat di TV.

Kesimpulan dari contoh teks dialog interaktif diatas ialah dengan tema:

  • contoh dialog interaktif tentang lingkungan
  • contoh dialog interaktif tentang pendidikan

Inti pembicaraan dari dialog interaktif tersebut ialah gimana seorang anak yang dulunya tidak punya sepatu, dan hanya mengharapkan memiliki sepeda & sepatu untuk pergi sekolah, sehingga dapat berhasil menjadi seorang menteri yang dikagumi oleh masyarakat.

Dalam sebuah contoh dialog interaktif TV tanggal 22 Juli 2017, didiskusikan gimana Dahlan Iskan melalui masa-masa susah dalam kemiskinan & perjalanan karirnya sampai berhasil sampai sekarang ini. Dahlan Iskan menyebutkan bahwa kemiskinan bukanlah penderitaan & haruslah dijalani.

Beberapa pendapat yang sejalan ialah pendapat Khrisna Pabhicara yang inti pendapatnya ialah kemiskinan bukan halangan untuk mencapai keberhasilan.

Baca Juga:



Terima kasih telah membaca artikel contoh dialog interaktif di tv beserta kesimpulannya. Semoga dengan adanya artikel dialog interaktif metro tv ini dapat menjadi pedoman PR sekolah kamu yaaa. Silakan disalin teks dialog interaktif terbaru ini dibuku PR kamu, dan ingat! tidak boleh di copas ke blog kamu! (plagiat)

Itulah artikel contoh dialog interaktif dan kesimpulan contoh dialog interaktif singkat di TV.
loading...

0 Response to "Dialog Interaktif: Pengertian, Contoh, & Kesimpulan di TV 2017"

Post a Comment