4 Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa, Lambung Anda Rawan!!!

Faktakah.com - Bahaya air es saat buka puasa.
Sesudah seharian berpuasa, tentu kita mencari minuman-minuman yang membuat badan menjadi segar & pas disaat berakhir berpuasa meminum air es yang bakal membuat badan kita menjadi tambah segar.

Tetapi tahukah Anda bahaya berbuka puasa dengan air es? Kebiasaan meminum air es saat berbuka puasa ialah kebiasaan yang tidak sehat sebab bisa menyebabkan konstraksi pada lambung.

Nah apakah anda tahu bahaya minum air es saat puasa?

4 Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa, Lambung Anda Rawan!!!


Baca Juga: Manfaat puasa senin kamis

Bahaya Berbuka Puasa Dengan Es

Biasanya saat berbuka orang muslim langsung melepas dahaga dengan meminum air es, hari ini saya sarankan sebaiknya hal tersebut jangan sering diperbuat, sebab bisa menyebabkan penyakit konstraksi pada lambung, di katakan oleh Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr Nursyam MKes dalam penelitiannya tentang bahaya minum es ketika berbuka puasa.

Dari Dr Nursyam menyarankan bahwa saat berbuka puasa ada langkah baiknya dibuka dengan meminum air hangat kuku untuk menstabilkan lambung yang kosong selama berpuasa seharian.

"Sesudah tujuh menit hingga lima belas menit, silahkan minum air es sebab kondisi perut atau lambung sudah stabil. Tetapi sebaiknya lebih baik dengan mengisi perut dengan nasi & makan yang manis contohnya kolak & lain-lain," .

Menurut Nursyam, dalam menjalankan puasa selama 14 jam lambung dalam kondisi kosong. Apabila langsung diisi dengan air es, itu bakal membuat lambung bakal terkejut & menyebabkan konstraksi pada lambung. Itulah bahaya berbuka puasa dengan es kata dokter.

Dan Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya tersebut mengingatkan, dalam menjalankan puasa, pada saat tidur malam & saat sahur ada baiknya menggandakan minum air putih hingga satu atau dua liter.

Dengan mengkomsumsi makan sayur & buah-buahan juga bisa menjaga daya tahan badan & bisa menahan atau mengurai rasa lapar hingga berbuka. Tidak hanya itu, makan-makanan berserat juga bisa meningkatkan daya tampung air di dalam lambung.

Satu Hal lagi Bahaya Makan Gorengan Saat berbuka

Terbukti Segelas es sirup & goreng-gorengan pastilah nikmat memakannya saat berbuka puasa. Hidangan tersebut menjadi cemilan keluarga, jadi dahaga sehari penuh bisa hilang sesaat.Tetapi tahukah anda mengonsumsi es & goreng-gorengan sesudah seharian berpuasa? Apakah ada akibat bagi badan Kita?

Dari Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, Ketua Program Studi Doktor Fakultas Kedokteran UI mengatakan, yang terbaik diminum saat berbuka puasa tersebut ialah air dengan suhu yang sama dengan suhu badan.

"Sebenernya kalau berpuasa, yang kurang itu dalam badan yaitu air & energi. Begitu berbuka haruslah diganti dengan air yang sama dengan suhu tubuh,".

Dr dr Saptawati Bardosono berkata, apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan manis pada saat berbuka puasa, seseorang bakal merasa kenyang & membuat kita tidak ingin mengonsumsi makanan berat. Padahal tidak hanya gula, badan sangat memerlukan karbohidrat, protein, serat, atau zat-zat lain yang berfungsi bagi metabolisme tubuh.

Dr Saptawati berpendapat, bahwa mengonsumsi gorengan disaat berbuka puasa bukanlah sebuah persoalan besar, asalkan tidak berlebihan saat mengonsumsinya.

"Gorengan tak apa-apa, asal tidak terlalu banyak," kata dia. Ia menyarankan, pada saat berbuka, dengan satu gelas teh hangat & tidak banyak kolak.

"Itu sudah bisa mengembalikan gula darah. Sesudah itu, baru makan yang berat," kata dia.
Sementara itu, Dr Fiastuti Witjaksono, Ms, SpGK, pakar Gizi Medik dari RS Siloam, berpendapat, bahaya minum es waktu buka puasa bukanlah persoalan.

Pasalnya, es memiliki sifat seperti air & bakal menyesuaikan dengan kondisi tubuh.
"Kalau yang tidak memiliki persoalan mengonsumsi air dingin, paling hanya batuk, itulah bahaya minum es saat puasa bukanlah persolan berat," ujarnya.

Ia justru berasumsi, makanan yang digorenglah yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa.
"Makanan sehat tidak dianjurkan untuk digoreng, apalagi dengan minyak yang sudah berkali-kali digunakan, tidak baik bagi tubuh," kata dia.

Ia membicarakan, satu gram minyak goreng sama dengan 10 gram kalori.
Maka, bagi seseorang mengonsumsi gorengan dalam jangka waktu yang lama, ia bisa mengalami kegemukan.

"Makanan yang bagus itu ialah yang bukan digoreng. Efek negatif makanan yang digoreng akan jelas tampak pada jangka panjang," kata dia.

Kesimpulan bahaya minum es saat puasa:
1. Kontraksi besar pada lambung
2. Lambung akan terkejut
3. Sakit perut
4. Kondisi badan yang sedang panas karena puasa, lalu diisi dengan es maka menyebabkan demam

Sudahkah Anda tahu bahwa bahaya minum es pada saat berbuka puasa tersebut bisa membahayakan lambung & sebaiknya kita bisa mengurangi Meminum es Disaat Perut kita kosong & mengganti jajanan gorengan, dengan mengkomsumsi banyak buah-buahan.

Baca Juga: 6 masalah pencernaan saat puasa dan cara mencegahnya

Itulah artikel bahaya buka puasa dengan air es. Ternyata bahaya minum es pada saat buka puasa sangat tidak bagus.

Terima kasih telah membaca artikel bahaya minum es waktu berbuka puasa.

0 Response to "4 Bahaya Minum Es Saat Berbuka Puasa, Lambung Anda Rawan!!!"

Post a Comment