11 Rahasia Uniknya Pelangi Yang Mengandung Misteri

Faktakah.com - Misteri munculnya pelangiKita memandang pelangi sebagai sesuatu yang cantik, tetapi kita tidak penah tahu bahwa pelangi mengandung rahasianya sendiri. Pasti saja ada beberapa legenda yang tentang pelangi seperti pelangi itu adalah harta milik kurcaci yang disimpan di ujung busur pelangi yang melengkung.

Dimana Anda haruslah menyeberangi pelangi layaknya jembatan untuk bisa mencapai ke suatu negeri dimana kurcaci menyimpan harta karunnya yang berupa koin emas. Pasti saja adanya legenda tersebut dipicu sebab dibalik adanya pelangi yang mempunyai suatu misteri tersendiri.

Misteri di balik pelangi, sebab ketika ini misteri dari pelangi tersebut sudah diketahui dengan adanya pengetahuan serta beberapa penelitian yang akhirnya membantah cerita legenda dari dongeng misteri adanya pelangi tadi.

Nah jadi apa misteri pelangi dan rahasia pelangi?

11 Rahasia Uniknya Pelangi Yang Mengandung Misteri


Baca Juga: Kehebatan dan kedahsyatan kilat petir

11 Rahasia Unik Dibalik Pelangi

Cerita legenda yang ada tadi sesungguhnya sudah dipercayai selama ratusan tahun sampai pada akhir tahun 1673. Pada masa tersebut seseorang bernama Rene Descartes akhirnya bisa membahas dengan jelas tentang fenomena pelangi. Seorang ilmuwan asal Perancis tersebut telah mengungkap dengan benar dimana ia menjelaskan kondisi pelangi dari sinar matahari yang menimpa butir air yang berada di udara.

Dijelaskan oleh penelitiannya bahwa pelangi bakal terbentuk pada ketika hujan & ada sinar matahari. Apabila pada kondisi biasa maka manusia hanya bakal melihat sinar matahari sebagai cahaya yang berwarna putih saja. Tetapi sesungguhnya sinar matahari tersebut mempunyai beberapa warna yang bisa kita lihat pada ketujuh warna pelangi.

Inilah cerita misteri pelangi, dimana ketujuh warna pelangi tersebut bakal tampak pada ketika sinar matahari melalui butir air tersebut. Butir air ada yang ukurannya kecil kira-kira kurang lebih 0,01 mm tetapi ada pula yang ukurannya besar kira-kira kurang lebih 2 mm.

Hanya saja bentuk pelangi yang sempurna & tampak indah dihasilkan dari butir air yang ukurannya besar tersebut. Sedangkan apabila butir air yang ada berkapasitas kecil, maka warna pelangi yang dihasilkan bakal bercampur & bercampuk serta tampak pucat, jadi semua tidak bakal tampak indah selayaknya pelangi yang sempurna tadi.

Beberapa Variasi Pelangi yang Menjadi Rahasia

1. Pelangi kembar: 

pelangi ini terdiri dari lebih dari satu busur pelangi dimana terdapat pelangi lain dibelakang pelangi yang utama. Pelangi yang lain tersebut terbentuk dari refleksi double yang dihasilkan oleh sinar matahari & pusatnya berada di matahari tersebut sendiri. Urutan warna dari pelangi yang lainnya tampak terbalik dari pelangi pada umumnya.


2. Pelangi terbelah: 

pelangi ini tidak banyak mirip dengan pelangi kembar tetapi pelangi tersebut mempunyai ujung yang menyatu jadi tampak seakan-akan terbelah menjadi dua selepas dari ujungnya. Perbedaan lain ialah warna dari pelangi yang lainnya urutannya persis sama dengan pelangi utamanya.

3. Pelangi lingkaran: 

sesungguhnya semua pelangi berbentuk lingkaran sempurna, hanya saja ketika kita berdiri ditanah mata kita tidak bisa melihat semua bentuk lingkaran tersebut, sebab itulah umumnya kita hanya melihat separuh lingkaran pelangi. Tetapi apabila kita berada di pesawat atau gedung yang sangat tinggi maka kita bisa melihatnya.

4. Pelangi di Titan: 

mungkin Anda tahu bahwa kondisi di Titan sangat lembab & juga basah. Sebab itulah memungkinkan terjadinya pelangi dalam planet Saturnus ini. Hanya saja cairan pembentuk pelangi tersebut bukan dari butiran air melainkan dari metan. Tidak hanya tersebut sebab lokasi dari planet ini terletak sangat jauh dari pusat sinar matahari, maka warna pelanginya juga sangat pucat.

5. Bapak Pelangi

Orang yang mengemukakan tentang pelangi adalah Pak Rene Descartes. Dia adalah seorang ilmuwan Prancis.Pak Descartes menjelaskan "Pelangi berasal dari sinar matahari dan butir-butir air".

6. Asal Usul Pelangi

Pelangi terbentuk dari benturan sinar putih matahari dengan butiran air hujan. Warna putih sinar matahari ini, misteri warna pelangi sebenarnya gabungan dari beberapa warna yang kita kenal "Mejikuhibiniu"

7. Pelangi Indah

Misteri dari pelangi terbentuk dari butiran hujan yang besar berukuran 2 milimeter, sedangkan yang kecil berukuran 0,01 milimeter. warna pelangi yang indah akan muncul jika cahaya matahari berbenturan dengan butiran air yang besar. Sedangkan jika berbenturan dengan butiran air kecil maka akan terbentuk warna pelangi yang pucat.


8. Pelangi pagi sore

Pelangi tidak akan muncul meskipun hujan dan matahari bersinar terang pada pukul 12 siang. Pelangi hanya muncul pada saat pagi hari dan sore hari saja.

9. Terang dibawah Pelangi

Di bawah busur pelangi, langit tampak selalu terang. Karena, sinar warna - warni pelangi kembali menjadi satu.

10. Pelangi Bulan Purnama

Pelangi bulan juga dapat muncul saat malam hari tiba, butiran air hujan akan terbentur sinar cahaya bulan. Namun pelangi malam ini tidaklah seindah pelangi siang.

11. Misteri ujung pelangi

Banyak legenda yang mengatakan bahwa rahasia di ujung pelangi itu merupakan tempat penyimpanan harta kurcaci. Namun itu hanya cerita yang dibuat-buat saja, Misteri ujung pelangi sebenarnya adalah tidak ada apa-apa disana.

Baca Juga: Proses kematian matahari

Itulah artikel mengenai rahasia di balik pelangi.

Terima kasih telah membaca artikel kisah misteri pelangi yang sangat indah.

0 Response to "11 Rahasia Uniknya Pelangi Yang Mengandung Misteri"

Post a Comment