10 Rahasia dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Faktakah.com - Rahasia dan keutamaan malam lailatul qadar.
Malam Laitul Qadar ialah satu malam yang sangat istimewa bagi umat muslim & penuh kemuliaan yang kita kenal dengan Malam Lailatul Qadar. Barang siapa yang beribadah pada malam Laitul Qadar bakal sama dengan beribadah selama seribu bulan. 

Barang siapa yang memperoleh kemuliaannya sungguh ia ialah manusia yang sangat beruntung & dirahmati. Sebaliknya, siapa yang lupa dari kebaikan di dalamnya, sungguh ia tergolong manusia tidak beruntung & menyesal. Jadi apa saja keutamaan lailatul qadar? apakah keutamaan yang terdapat di malam lailatul qadar itu benar-benar ada?

10 Rahasia dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Baca Juga: Panduan Shalat dhuha salat, shalat meminta rezeki

Keutamaaan Malam Lailatul Qadar yang sudah di jelaskan pada surah Al Qadr ayat 1-5 bahwa:
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan tersebut lebih baik dari seribu bulan.Pada malam tersebut turun malaikat-malaikat & malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam tersebut (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar." (QS. Al-Qadar: 1-5)

Nah apa keutamaan lailatul qadar?

10 keutamaan dan rahasia malam lailatul qadar

1. Lailatul Qadar yaitu waktu diturunkannya Al Qur’an
Keutamaan pada malam lailatul qadardalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas berbunyi,“Allah menurunkan Al Qur’an dengan cara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Lalu Allah menurunkan Al Qur’an terhadap Rasulullah SAW tersebut dengan cara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14:403). Ini menunjukkan keistimewaan dari Lailatul Qadar.

2. Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan
Keutamaan malam lailatul qadar saat Allah Ta’ala membahas bahwa: “Malam kemuliaan tersebut lebih baik dari seribu bulan. ” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i berkata, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal.341). Mujahid, Qotadah & ulama lainnya menganggap bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan ialah shalat & amalan pada malam lailatul qadar lebih baik dari shalat & puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat di malam lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang menarik.

3. Malam Lailatul Qadar yaitu Satu Malam yang penuh keberkahan. 
Keutamaan ibadah di malam lailatul qadar dalam firman Allah yang berbunyi: “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada sebuah malam yang diberkahi & sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3). Malam penuh berkat ini ialah malam ‘lailatul qadar’ & ini sudah menunjukkan keistimewaan malam tersebut, apalagi dirinci dengan point-point selanjutnya.

4. Turunya malaikat Jibril pada Malam Lailatul Qadar.
Lailatul Qadar ditandainya dengan turunnya malaikat. AllahTa’ala berfirman:
“Pada malam tersebut turun malaikat-malaikat & malaikat Jibril ” (QS. Al Qadar: 4)

Lailatul Qadar merupakan Malam yang penuh barokah 
sebab banyak malaikat yang turun pada malam itu. Turunnya malaikat saat ada yang membacakan Al Qur’an, mereka bakal mengitari orang-orang dengan berdzikir.

5. Lailatul Qadar sebuah malam pencatatan takdir tahunan. 
Allah Ta’ala berfirman bahwa : “Pada malam tersebut dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan: 4). Ibnu Katsir dalam kitab tafsir 12 334-335 membahas bahwa pada malam Lailatul Qadar bakal dirinci di Lauhul Mahfuzh tentang pencatatan takdir dalam setahun,juga bakal dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun. Tetapi dijelaskan lagi yaitu sebagaimana keterangan dari Imam Nawawi rahimahullah pada Syarh Muslim ( 8: 57) - bahwa catatan takdir tahunan tersebut pasti saja didahului oleh firman Allah. 

7. Laitul Qadar Merupakan Penghapusan DOSA oleh Allah yang dijelaskan Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam , yang berbunyi:

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar sebab iman & mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang dulu bakal diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901).

8. Alam Semesta menjadi sunyi pada saat malam Lailatul qadar
Pada saat malam Lailatul qadar, hewan dan tumbuhan akan berdiam diri sejenak sampai pagi. Mereka bertasbih kepada Allah untuk mendapat keberkahan hidup.

9. Manusia yang mendapat malam Lailatul Qadar maka dia akan mendapat suatu ilmu Qhaib yang langsung diberikan oleh Allah SWT. Ilmu Qhaib tersebut untuk menyembuhkan berbagai penyakit, pagar qhaib dan penglihatan alam semesta.

10. Manusia yang melakukan kebaikan pada saat malam lailatul qadar, sudah jelas pahalanya bertambah 1000x lipat.

Jadi Barang siapa yang merindukan Lailatul Qadar Setidaknya ia bersungguh-sungguh di bulan Ramadhan ini. Semoga satu malam Lailatul Qadar ini bisa kita raih bersama, jadi memperoleh pahala yang melebihi amalan 1000 bulan.Terimakasih

Baca Juga: 2 Hal Terjadi Jika Surga dan Neraka Tidak Ada

Itulah artikel keutamaan malam lailatul qadar.

Terima kasih telah membaca artikel keutamaan beribadah di malam lailatul qadar.

0 Response to "10 Rahasia dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar"

Post a Comment