8 Alasan Manusia Tidak Dapat Hidup di Planet Mars

Faktakah.com - 8 alasan mustahil hidup di planet mars. Apakah makhluk hidup bisa hidup di planet mars?  Cita-cita manusia untuk hidup di planet lain sudah ada sejak dahulu kala, terlebih sejak ditemukannya nitrogen di planet mars yang membuat harapan tinggal di planet Mars menjadi nyata. Tetapi tak mudah bagi manusia hidup di planet mars sebab banyak sekali tantangan yang harus dihadapi mulai dari awal hingga terbiasa untuk hidup dalam kondisi extrim di mars tersebut.

Nah apakah makhluk hidup dapat hidup di planet mars? dapatkah manusia hidup di planet mars? dan bagaimana cara hidup di planet mars?

8 Alasan Manusia Tidak Dapat Hidup di Planet Mars


Baca Juga: Mengejutkan! Misteri temuan Mars yang dirahasiakan Amerika

8 Alasan mustahil hidup di planet Mars


1. Susahnya pendaratan ke planet Mars

Untuk bisa mencapai planet mars para astronot harus memakai pesawat luar angkasa. Tetapi perjalanan yang diperlukan untuk bisa mencapai mars sendiri benar-benar panjang bahkan bisa mencapai berbulan-bulan. Sesudah mencapai planet tersebut tetap ada lagi tantangan yang harus dihadapi yaitu untuk mendarat ke permukaan mars dengan selamat.

Diketahui bahwa supaya pesawat luar antariksa bisa masuk ke atmosfer planet bumi maka pesawat tersebut harus didorong oleh kekuatan yang besar untuk menembusnya. Lalu untuk mendarat dengan tidak menabrak permukaan bumi maka pesawat bakal memakai parasut dengan bantuan udara di bumi untuk melawan kekuatan dorongan tadi. Sayangnya kondisi udara di mars sendiri tidak memungkinkan untuk hal ini sebab udara planet tersebut 100 kali kurang oksigen dari udara di bumi. Sebab itulah tak mudah bagi manusia hidup di planet mars yang memerlukan teknologi baru untuk pendaratan yang mulus.

2. Perubahan Temperatur Mars yang Ekstrim

Sesudah astronot tersebut sukses untuk mendarat di planet mars maka mereka harus menghadapi perubahan temperature mars yang ekstrim. Bertahan hidup di planet mars dengan kondisi temperaturnya yang sangat susah sebab perubahannya yang benar-benar esktrim khususnya pada musim-musim tertentu yang udaranya bisa berada di kisaran normal 30 derajat tetapi lalu tiba-tiba berubah menjadi lebih dari minus 100 derajat pada ketika malam hari datang, maka tak mudah bagi manusia hidup di planet mars.

NASA pastinya sudah mempelajari kondisi yang ekstrim di planet mars ini & mereka sudah memperhatikan bagaimana para astronot harus berjuang hidup dalam suhu udara kurang lebih 90 derajat yang lalu tiba-tiba berubah menjadi lebih dari minus 100 derajat pada ketika malam hari datang. Untuk ini NASA mulai mengembangkan sistem memakai sublimasi

3. Tak Mudah Bagi Manusia Hidup di Planet Mars dengan Suplai Makanan Sedikit

Apakah manusia hewan dan tumbuhan dapat hidup di planet mars? Manusia pasti memerlukan bahan makanan apabila ingin bertahan hidup, & meskipun para astronot sudah mengangkat bahan makanan dari bumi tetapi pasti saja makanan tersebut akan cepat habis. Sebab itulah mereka memerlukan suplai makanan yang tak habis-habis supaya mereka bisa terus bertahan hidup.

Untuk ini bisa saja mempercayakan suplai makanan dari bumi, tetapi untuk mengangkat makanan langsung dari bumi maka diperlukan waktu yang panjang hingga berbulan-bulan. Sebab itulah mereka membuat sebuah suplai makanan yang bisa diproduksi langsung di mars.

Untuk hal tersebut NASA sudah mulai menanamkan teknologi barunya yaitu bercocok tanam pada misi terakhir mereka Mars One. Pada misi ini mereka berusaha untuk bercocok tanam di dalam ruangan dimana mereka akan membuat sebuah lahan seluas 80 m2. Untuk pertumbuhannya bakal dipakai cahaya matahari buatan & kondisi dalam ruangan harus selalu dicontrol.

Untuk air bisa diperoleh langsung dari permukaan planet mars tetapi untuk karbon dioksida yang diperlukan dalam proses pembakaran yang akan menghasilkan karbon dioksida yang keluar dari sistem pernafasan para astronot yang berjumlah 4 awak. Tetapi pasti saja hanya dengan 4 awak saja, pasti kebutuhan hidup diplanet Mars belum pasti tercukupi sebab tak mudah bagi manusia hidup di planet mars.

Maka pertanyaan apakah manusia hewan dan tumbuhan bisa hidup di planet mars memang sangatlah susah.

4. Radiasi

Apakah manusia bisa bertahan hidup di planet mars dengan radiasi tinggi? Menurut NASA Mars memiliki radiasi yang tinggi seperti Solar Energetic Particles (SEPs) dan Galactic Cosmic Rays (GCRs). Keduanya bisa membombardir manusia jika tidak disokong alat
antiradiasi yang memadai ketika berada di Mars.

5. Gravitasi

Manusia sebenarnya dapat hidup di gravitasi planet Mars, namun harus membiasakan diri hidup dengan gravitasi yang kecil. Jadi kemungkinan manusia hidup di planet mars dengan gravitasi kecil sangat susah.

6. Space Germs (Bakteri Planet)

Kenapa manusia tidak bisa hidup di planet mars jika ada bakteri parasit? Adanya mikroba parasit di planet Mars maka mengakibatkan hidup di planet Mars menjadi mustahil. Adapun kejadian para astronot Apollo dikarantina selama 21 hari.

7. Infrastruktur

Menanam sayuran di Mars memang terbukti bisa, akan tetapi jika kandungan kelembapan dan oksigen yang berlebih, dapat mengakibatkan ledakan besar. Jadi kemungkinan hidup di planet mars sangatlah kecil.


8. Kondisi Mental

Apa bisa manusia hidup di planet mars dengan kondisi mental yang lemah? Inilah yang menjadi 'beban' para astronot jika memang nanti mereka dikerahkan untuk terbang di Mars. Delapan bulan perjalanan ke Mars tentunya akan 'mengacak' kondisi mental mereka.

Baca Juga: Penemuan tulang paha alien di planet Mars

Itulah artikel kenapa manusia tidak bisa hidup di planet mars, ternyata peluang hidup di planet mars sangat kecil ya...

Terima kasih telah membaca artikel mengapa manusia tidak dapat hidup di planet mars.

0 Response to "8 Alasan Manusia Tidak Dapat Hidup di Planet Mars"

Post a Comment