4 Manfaat & 7 Cara Memelihara Jenggot Dalam Islam

loading...
loading...
Faktakah.com - Cara menumbuhkan dan merawat jenggotKetika ini Anda mungkin sudah jarang melihat orang yang merawat jenggot. Berbagai orang merasa bahwa merawat jenggot membuat penampilan tampak tidak rapi, sebab itulah banyak orang yang memilih untuk mencukur jenggotnya.

4 Manfaat & 7 Cara Memelihara Jenggot Dalam Islam

Tetapi sebetulnya hukum merawat jenggot ialah sunnah dan ada perintah nabi supaya merawat jenggot yang tertulis dalam berbagai hadits dalam Al-Quran. Nyatanya merawat jenggot sangat bagus kelihatannya, bahkan untuk merawat jenggot benar-benar dianjurkan. Jenggot tersebut bakal tumbuh di kurang lebih pipi & juga dagu. Inilah rambut di wajah yang lebih baik dipelihara menurut Al-Quran, mari kita melihat lebih lanjut mengenai perintah ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Memelihara Jenggot Untuk Kesehatan

Merawat Jenggot Menurut Hukum Islam

Merawat jenggot menurut islam, kita bisa mengenal dari berbagai kisah dalam Al-Quran yang dikisahkan oleh Anas pesuruh beliau ketika menjelaskan perawakan Rasul. Anas juga menyebutkan bahwa ketika Rasulullah meninggal hanya ada kurang lebih 20 helai dari rambut di kepala maupun yang terdapat di jenggotnya yang telah berwarna putih.

Dari kisah ini bisa kita simpulkan bahwa perintah nabi supaya cara merawat jenggot sudah terlebih dahulu dilaksanakan oleh beliau dengan merawat jenggot sendiri. Dengan demikian kita tidak harus malu untuk merawat jenggot tersebut dan mengikuti teladan dari Rasulullah yang merawat jenggot sebelumnya. Anda juga tidak butuh lagi merasa malu apabila terbukti ingin merawat jenggot.

Berbagai Hadits dalam Al-Quran yang Membahas Perintah Nabi
Kita bisa melihat dari Ibnu Umar yang menyebutkan bahwa Anda boleh memotong kumis menjadi singkat tetapi untuk jenggot bakal lebih baik untuk merawatnya. Tidak hanya itu saja, dinyatakan pula bahwa untuk tips cara merawat jenggot & memotong sedikit kumis mempunyai fungsi khusus yaitu supaya Anda tampak tidak sama bila dibandingkan dengan orang-orang dari golongan musyrik. Tidak hanya tersebut dalam hadits tersebut juga dinyatakan perintah nabi supaya merawat jenggot serta memotong kumis menjadi singkat dengan sangat jelas. Bahkan ada hadits yang menyebutkan bahwa lebih baik untuk mencukur kumis menjadi habis.

Selain tersebut Abu Hurairoh juga menyebutkan bahwa Rasulullah memerintahkan untuk merawat jenggot tetapi juga memerintahkan untuk memotong kumis menjadi singkat supaya Anda tampak tidak sama bila dibandingkan dengan orang-orang dari golongan Majusi. Bisa dilihat bahwa ada kurang lebih 5 hingga 6 hadits yang kesemuanya menyebutkan hal yang sama. Ada juga sunnah fithroh yang berisi perintah nabi supaya merawat jenggot tersebut dimana sudah juga dikatakan satu dari antara kesepuluh sunnah fithroh yang menyebutkan bahwa Anda harus merawat jenggot serta memotong kumis hingga pendek. Kita melihat bahwa banyak pula hukum lain yang menyebutkan hal sama mengenai merawat jenggot.

Penelitian Mengenai Fungsi dari Merawat Jenggot

Nyatanya perintah nabi supaya merawat jenggot tersebut sudah banyak diteliti penelitan yang menguak manfaatnya. Berikut manfaat memelihara jenggot untuk kesehatan:

1. Perlindungan dari UV 

Manfaat merawat jenggot bisa melindungi kulit wajah Anda dari sinar UV yang berasal dari matahari.

2. Menghindari dari infeksi

mungkin Anda sudah tahu bahwa ketika mencukur terkadang bisa terjadi iritasi kulit ataupun lebih parah terdapat goresan yang bisa infeksi dari adanya bakteri di kulit, itulah keutamaan merawat jenggot.

3. Penampilan yang lebih maskulin

pria yang merawat jenggot bakal lebih tampak maskulin sebab tersebut berbagai wanita suka dengan pria berjenggot.

4. Mencegah penyakit

dengan adanya jenggot di wajah maka bisa menjadi filter alamiah dari udara yang dihirup jadi bisa mencegah penyakit sesak napas dan jenggot juga bisa mencegah Anda dari flu dengan menghangatkan wajah.

Cara Merawat Jenggot Biar Keren

1. Selalu bilas tiap hari jenggot anda
2. Sisir jenggot anda agar terlihat lebih rapi
3. Gunkan parfum agar harum
4. Usahakan anda punya jambang agar jenggot terlihat lebih maskulin
5. Hindari jenggot dari benda tajam
6. Hindari jenggot dari benda panas
7. Jangan hanya jenggot dirapikan, semua pakaian dan badan anda juga harus rapi

Baca Juga: Perbedaan pria dan wanita memandang selingkuh

Itulah artikel mengenai cara merawat jenggot biar rapi.

Terima kasih telah membaca artikel memelihara jenggot menurut hukum islam, ternyata memelihara jenggot adalah sunnah.
loading...

0 Response to "4 Manfaat & 7 Cara Memelihara Jenggot Dalam Islam"

Post a Comment