4 Keajaiban Cumi-Cumi & Gurita yang Bikin Takjub

loading...
loading...
Faktakah.com - Ada keajaiban cumi-cumi dan gurita yang belum banyak diketahui orang dari banyaknya makhluk hidup ciptaan Allah, ada keistimewaan yang diberikan ketika Allah menciptakan cumi-cumi dan gurita. Contohnya yang kita telah ketahui bahwa cumi-cumi & juga gurita ialah dua hewan air yang mempunyai badan lunak & biasanya mempunyai kecepatan lambat dari pada seluruh fauna yang tidak bertulang belakang, namun ternyata kecepatan gerak mereka lebih cepat daripada yang kita bayangkan.

Pasti ini bukanlah satu-satunya keajaiban yang kita bisakan dari cumi-cumi & gurita, tetap ada yang lainnya.



Baca Juga: Misteri Sebenarnya Dari Sosok Naga [Lengkap]

Segudang Keajaiban Cumi-cumi dan Gurita

1. Gerakan cepat yang dimiliki oleh kedua hewan air ini tidak dibekali dengan tulang belakang oleh Allah bisa menjadi salah satu hal yang membuat kita terheran-heran, padahal biasanya gerakan cepat hanya dimiliki oleh hewan-hewan yang bertulang belakang. Diketahui bahwa cumi-cumi mempunyai badan lunak yang ada lapisan jaket tebal untuk menutupinya. Ia mempunyai otot-otot yang kuat untuk menyemburkan & menyedot air yang terletak di bawah lapisan ini, jadi binatang ini mempunyai performa untuk bergerak mundur dengan sangat gesit & baik walau terbukti telah diketahui kerumitan bakal mekanisme pada cumi-cumi.

2. Pada cumi-cumi, apabila diperhatikan ia mempunyai celah yang bentuknya contohnya kantong di kedua segi kepala yang bertujuan sebagai penyedot air yang nantinya masuk ke dalam rongga silinder ataupun tabung yang juga menjadi bagian dari badannya. Ajaibnya cumi-cumi & gurita walau tidak mempunyai tulang belakang & bertubuh lunak, air pun bisa disemburkan keluar melewati suatu pipa dengan ukuran kecil & dalam tekanan tinggi jadi gaya reaktif membuatnya dalam arah berlawanan sanggup bergerak cepat. Hal ini disebut juga sebagai gaya dorong yang mempunyai arah berlawanan dengan semburan airnya.

3. Cara berenang cumi-cumi juga ada tekniknya & daya tahan serta kecepatan yang dipunyainya terbukti sangatlah sesuai dengan badan cumi-cumi. Keajaiban cumi-cumi yang bernama Todarodues pacificus yang berasal dari Jepang ini bisa bergerak dengan kecepatan kurang lebih 2 kilometer per jam alias 1,3 MPH dengan jarak tempuh migrasi 2000 kilometer ataupun 1250 mil, sedangkan untuk jarak yang dekat, bisa ditempuh 11 kilometer per jam ataupun 7 MPH. Spesies lainnya diketahui bisa melewati kecepatan 30 kilometer per jam ataupun 19 MPH. Dengan kontraksi otot yang cepat, maka aksi meloloskan diri dari musuh juga bisa diperbuat dengan gerakan cepat oleh si cumi-cumi. Sebagai tambahan senjata, semburan tinta pekat & gelap bakal disemprotkan ke musuh jadi sang musuh bakal terkaget.

4. Untuk keajaiban gurita, bahwa ada banyak lapisan otot yang bersusun-susun yang menumpuk-numpuk & ada tiga tipe di sini, radial, sirkular, longitudinal. Dengan lapisan otot tersebutlah badan gurita bakal menjadi lebih sebanding & kuatm jadi macam-macam gerakan bisa dibuat dan juga berguna untuk menyemburkan air. Otot radial bakal memendek sesudah menyemburkan air & menyebabkan lapisan jaket menjadi lebih tipis & air pun bakal masuk lagi untuk mengisi rongga jaket.

Sebetulnya gurita & cumi-cumi hampir mempunyai kesamaan dalam sistem otot & hanya satu bedanya, yaitu gurita mempunyai otot longitudinal sedangkan cumi-cumi diciptakan dengan mantel ataupun lapisan urat otot yang sama fungsinya seperti otot longitudinal milik gurita. Kedua fauna ini pun diciptakan sempurna apalagi mengenai perkembangbiakannya. Contohnya terdapat pada QS. Al-Jaatsiyah 45:4 difirmankan bahwa pada waktu penciptaan isi bumi & juga binatang-binatang melata di bumi, di situ bisa dilihat kekuasaan Allah untuk menciptakan makhluknya.

Itulah keajaiban cumi-cumi dan gurita ini.

Baca Juga: Keajaiban semut yang dapat mengangkat beban 50x !

Itulah artikel keajaiban gurita, semoga menambah wawasan kamu ya.
jeajaiban gurita

Terima kasih telah membaca artikel
loading...

0 Response to "4 Keajaiban Cumi-Cumi & Gurita yang Bikin Takjub"

Post a Comment