Panduan Sholat Dhuha Lengkap: Tata Cara, Doa, Keutamaan Sholat Dhuha

Faktakah.com - Tata Cara Sholat Dhuha, Doa Sholat Dhuha, Waktu Sholat Dhuha, Keutamaan Shalat Dhuha - Dalam ajaran islam, kita diwajibkan untuk mengerjakan sholat wajib dan dianjurkan mengerjakan sholat sunat. Sholat sunat sangat banyak macamnya seperti sholat tahajud, sholat taraweh, sholat witir, sholat tahhiyatul masjid, sholat dhuha dan sholat sunat lainnya. Sholat dhuha ini dikenal sebagai sebagai sholat untuk memohon rezeki kepada Allah SWT.

Waktu sholat dhuha dikerjakan ketika matahari terbit sampai masuk waktu zhuhur. Ciri ciri dimulainya waktu sholat dhuha ini dari matahari mulai muncul dan naik sedikit menjelang waktu zhuhur masuk (seperampat siang). Tetapi lebih baik mengerjakan sholat dhuha ini ketika matahari agak tinggi dan mulai panasnya suhu (jam 9 - 11).

Apa itu sholat dhuha? Bagi seorang muslim pasti tahu dengan Sholat Dhuha, pengertian shalat dhuha adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha. Kapan waktu dhuha? waktu dhuha yaitu dari matahari terbit sekitar 7 hasta hingga menjelang shalat dzuhur, atau sekitar jam 7 pagi hingga jam 11 siang. Namun penentuan waktu dhuha tetap tergantung dimana anda berada, dikarenakan posisi matahari pada belahan-belahan bumi itu berbeda-beda. Sholat dhuha dilakukan secara individu atau sendiri dan tidak boleh berjmaah, sebaiknya lakukanlah shala dhuha pada jam 9 pagi waktu Indonesia barab (seperempat siang).

Berikut panduan sholat dhuha lengkap dilengkapi dengan tata cara sholat dhuha, doa sholat dhuha, waktu doa sholat dhuha dan keutamaan sholat dhuha.

Panduan Sholat Dhuha Lengkap: Tata Cara, Doa, Keutamaan Sholat Dhuha
Gambar orang sholat dhuha

Tata cara sholat dhuha

Tata cara sholat dhuha dilakukan sebanyak kelipatan 2 rakaat dan 1 kali salam, untuk maksimal jumlah rakaat sholat dhuah ini ada beberapa pendapat dari berbagai ulama yang mengatakan bahwa sholat dhua maksimal 8 rakaan, ada pula yang menyebutkan 12 rakaat, dan ada juga yang berpendapat bahwa rakaat shalat dhuha ini tak terhingga. Jadi kita tidak perlu bingung berapa sih jumlah maksimal rakaat pada sholat dhuha? jumlah rakaat tersebut ialah lakukan semampu kita! itu karena Allah tidak pernah melarang kebaikan hambanya untuk banyak-banyak beribadah.

Berikut ada hadist yang menyebutkan tata cara sholat dhuha berdasarkan jumlah rakaat sholat dhuha yaitu :

عَنْ أُمِّ هَانِئٍ بِنْتِ أَبِى طَالِبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَوْمَ الْفَتْحِ صَلَّى سُبْحَةَ الضُّحَى ثَمَانِىَ رَكَعَاتٍ يُسَلِّمُ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ

Dari Ummu Hani’ binti Abi Thalib , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengerjakan sholat dhuha sebanyak delapan rakaat. Pada setiap dua rakaat, beliau mengucap salam (HR. Abu Dawud; shahih).

Tata cara sholat dhuha, yaitu:

  1. Niat dengan membaca doa sholat dhuha ketika niat (bacaan niat sholat dhuha ada dibawah)
  2. Takbiratul ikram, lebih baik jika diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Bisa surat Asy Syams atau lainnya.
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat atau ayat Al Qur’an. Bisa surat Adh Dhuha atau lainnya.
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam

Tata cara sholat dhuha bisa dibilang sama dengan tata cara sholat wajib pada umumnya, namun yang membedakannya ialah niat sholat dhuha yang berbeda.

Bacaan Sholat Dhuha

Bacaan niat sholat dhuha dan artinya :

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan sholat dhuha dalam bahasa latin : Usholli sunnatad dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Terjemahan niat sholat dhuha : Aku niat melakukan sholat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

Surat pendek shalat dhuha yang dibaca :
Surat pendek sholat dhuha adalah sebagai berikut :

  1. Rakaat pertama yaitu Surat Asy Syamsi
  2. Rakaat kedua surat Al Kafirun
  3. Rakaat ketiga surat Ad Dhuha
  4. Rakaat keempat surat Al Ikhlas
  5. Rakaat kelima surat Al Kafirun
  6. Rakaat keenam surat Al Ikhlas
  7. dan seterusnya mengulangi membaca surat seperti rakaat kelima dan keenam.


Bacaan Doa sholat dhuha lengkap
Bacaan doa setelah sholat dhuha adalah sebagai berikut :

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL 'ISHMATA 'ISHMATUKA. ALLAAHUMA INKAANA RIZQII FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAA-IKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN.

Terjemahan doa setelah sholat dhuha :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Waktu Sholat Dhuha

Waktu sholat dhuha terbaik yaitu seperampat siang : dari matahari naik sekitar jam 9 hingga condong ke barat sekitar waktu dhuhur.

Di Arab, penandaan waktu sholat dhuha ditandai dengan pasir yang mulai panas dan anak unta beranjak dari tempat tidurnya. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

Bahwasanya Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan sholat Dhuha (di awal pagi). Dia berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sholat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Muslim)

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Shalat Dhuha memiliki faedah yang sangat bermanfaat untuk orang islam :

  1. Allah akan menjaga dan memberi perlindungan kepada orang-orang yang sholat dhuha
  2. Keutamaan Shalat Dhuha bagi orang yang mengerjakannya, semuanya dosanya akan dihapuskan
  3. Keutamaan Shalat Dhuha bagi orang yang mengerjakannya, terhindar dari perbuatan-perbuatan buruk
  4. Keutamaan Sholat Dhuha bagi orang yang mengerjakannya, dimasukkan ke dalam golongan muhsinîn (orang-orang berbuat kebaikan), dan dibangun rumah besar dalam surga.
  5. Keutamaan Sholat Dhuha bagi orang yang mengerjakannya akan memperoleh pahala seperti sebesar pahala menunaikan haji dan umrah; 
  6. Keutamaan Sholat Dhuha bagi orang yang mengerjakannya akan sepadan dengan sedekah 360 kali.
Hadist berbicara mengenai keutamaan sholat Dhuha, di antaranya adalah sebagai berikut:

أَبِيْ ذَرٍّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيْلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوْفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى .

“Diriwayatkan dari Abu Dzar a dari Nabi n bahwa Beliau bersabda, ‘Setiap ruas tubuh masing-masing dari kalian setiap harinya memiliki kewajiban untuk bersedekah. Setiap tasbih (memahasucikan Allah) adalah sedekah; setiap tahmid (memuji Allah) adalah sedekah; setiap tahlil (membaca lâ ilaha illallâh) adalah sedekah; setiap takbir (memahabesarkan Allah) adalah sedekah; memerintahkan kemakrufan adalah sedekah dan mencegah kemunkaran adalah sedekah. Namun itu semua dapat diganti dengan dua rakaat yang dikerjakan oleh seseorang dari waktu dhuha (mengerjakan sholat Dhuha)’.” (HR. Muslim)

Keutamaan sholat dhuha untuk kesehatan

Manfaat Sholat Dhuha tidak hanya bermanfaat hanya untuk spiritual saja, namun begitu juga dengan kesehatan. Kenapa sholat Dhuha bermanfaat untuk kesehatan? karena setiap gerakan sholat shuha tersebut akan bermanfaat untuk tubuh :

1. Olahraga tanpa disadari
Penjelasan tersebut sendiri doa Dhuha diperbuat saat pagi kurang lebih jam 08:00 sampai sholat dhuhur , & jam - jam pagi tersebut sangat baik untuk berolahraga, jadi sholat Dhuha sama dengan olahraga sebab nantinya bisa dipakai untuk menjaga tulang & otot karena telah bergerak bersama, mulai dari tangan, siku di lutut & kakinya. Fungsi gerakan sholat ini sangatlah bisa memberikan efek latihan tanpa menyadarinya.

2. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Memperlancar aliran darah
Sholat Dhuha, tapi juga memperlancar sirkulasi darah dalam badan manusia sebab seluruh gerakan sholat Dhuha sangat lengkap. Dengan melakukan gerakan ke kedua tangan, membungkuk saat gerakan busur, lalu juga gerakan penyisihan di mana kepala lebih kecil dari badan & darah juga mengalir ke kepala & kemudian, sirkulasi darah dinormalkan telah normal karena gerakan-gerakan tersebut.

3. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Menormalkan Hormon Produksi
Hal ini juga sangat berfungsi untuk menormalkan produksi hormon dalam tubuh. Jadi sholat Dhuha sangat berfungsi & manjur untuk menjaga kesehatan tubuh, baik untuk bagian tubuh, organ hingga beberapa cairan & juga hormon dalam tubuh.

4. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Penciptaan hidup lebih tenang
Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan, sebab beberapa gerakan sholat dhuha sangat mempengaruhi kondisi tubuh, sholat Dhuha juga sangat berfungsi untuk meningkatkan semangat, yang lalu bakal menjadi lebih tenang hidup, pikiran lebih terbuka & mudah dalam memperoleh solusi.

5. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Menghilangkan Stress
Sholat Dhuha ataupun sholat lainnya bakal menolong umat Islam untuk bisa memperoleh ketenangan pikiran untuk menghindari stress. Stress tersebut sendiri ialah sesuatu yang sangat mengganggu & bisa memunculkan risiko beberapa penyakit. Wudhu awal sangatlah sanggup membuat pikiran & pikiran menjadi tenang, tapi saat dikombinasikan dengan sholat Dhuha dengan cara alamiah bakal jauh lebih tenang. Jadi, menurut kebanyakan orang, doa sholat Dhuha bakal memperoleh ketenangan & rezeki tanpa persoalan, jadi beberapa Muslim meperbuat / menjalankan sholat dhuha setiap hari.

6. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Membersihkan Wajah
Selain beberapa fungsi di atas, sholat Dhuha juga sangat berfungsi untuk menambah kecantikan. Contohnya wajah bakal dicuci dengan air wudhu jadi kulit bakal rutin tetap bersih dan memberikan keawetan wajah.

7. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Membuat Wajah Berseri
Juga, menjalankan sholat dhuha & doa 5 kali pasti keindahan wajah bakal bersinar dengan sendirinya jadi sesudah wudhu & doa biasanya wajah seseorang bakal tampak lebih bercahaya.

8. Keutamaan Sholat Dhuha Untuk Membuka Pintu Rezeki
Pada dasarnya doa sholat Dhuha sangat berfungsi untuk membuka pintu rezeki mereka, & selain itu, juga bakal menolong dalam mencapai keberhasilan. Tapi keberhasilan tidak bisa dicapai hanya dengan doa, tetapi juga dengan usaha. Oleh sebab itu, untuk menjadi lebih mudah mendapatkan rezeki, segala sesuatu haruslah dilakukan dengan usaha & ditopang oleh doa, satu menjalankan sholat dhuha beserta doa sholat dhuha yang sering terkabulkan. Jadi tersebut bagian dari apa yang butuh diketahui seluruh umat Islam mengenai fungsi sholat Dhuha.

Itulah informasi seputer panduan sholat dhuha lengkap dan keistimewaan sholat dhuha, semoga dapat menambah ilmu pengetahuanmu.

Demikian informasi mengenai Tata Cara Shalat Dhuha, Bacaan Doa Shalat Dhuha, Waktu Sholat Dhuha, dan Keutamaan Shalat Dhuha. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan segera melakukan sholat dhuha besok hari ya.

Baca : Rahasia Sholat Dhuha

0 Response to "Panduan Sholat Dhuha Lengkap: Tata Cara, Doa, Keutamaan Sholat Dhuha"

Post a Comment