WOW! Perbedaan Setan, Jin & Iblis Dalam Islam

Faktakah.com - Perbedaan setan jin dan iblis menurut islamTahukah anda bahwa terdapat perbedaan antara setan, iblis, & jin? Mungkin sebagian dari kita tidak mengenal bahwa sesungguhnya ketiga makhluk tersebut tidak sama, ataupun bahkan ada yang tidak mengerti mengenai makhluk-makhluk tersebut?. Ketiga makhluk tersebut ialah makhluk-makhluk yang sering disebut dalam al-Qur’an, makhluk hidup tidak hanya hewan, tumbuhan, manusia, & bukan juga tergolong dalam golongan malaikat. Untuk mengenal apa yang dapat membedakan ketiga makhluk tersebut, maka hari ini kita bakal bersama-sama mengulasnya dengan akurat.


WOW! Perbedaan Setan, Jin & Iblis Dalam Islam

Perbedaan jin setan iblis dalam Islam

Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai perbedaan jin setan iblis dalam islam? padahal mereka hidup juga seperti kita, & mungkin juga menghirup udara yang sama. Kita harus mengenal perbedaan antara ketiga makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT ini.

1. Siapa itu Jin ?

Banyak sekali dalam al-Quran, Allah SWT menyatakan kata-kata “jin”, & bahkan ada suatu surat yang diberi nama makhluk tersebut, yaitu surat al-Jin. Dari al-Qur’an, diketahui bahwa Jin tersebut  sebagai berikut:

a. Penciptaan jin dari api
Perbedaan mendasar antara jin & manusia ialah manusia diciptakan dari tanah, sementara jin dari api. Hal ini disebutkan dalam surat al-Hijr ayat 27 yang menuliskan bahwa jin diciptakan dari api yang panas, & surat ar-Rahman ayat 15 menegaskan penciptaan jin memakai nyala api.

b. Berbagai jin menganut agama Islam
Sama contohnya manusia, jin juga menganut agama masing-masing. Contohnya dituliskan pada surat al-Jin ayat 11 yang artinya bahwa di antara para jin juga ada yang saleh & yang tidak, sebab mereka mengikuti jalannya masing-masing.

2. Siapa itu Iblis ?

Saat ingin mencari perbedaan setan, iblis, & jin khususnya antara jin & iblis mungkin agak susah mengingat iblis sendiri ialah suatu makhluk yang jenisnya jin, contohnya yang tertulis dalam al-Qur’an. Diceritakan juga bahwa dulunya iblis ialah seorang mahkluk halus yang amat dekat terhadap Allah SWT, tetapi ia menjadi durhaka & ingkar terhadap Allah SWT sesudah nabi Adam diciptakan, karena derajat iblis lebih rendah.

Jin-jin tidak dapat mati sama sekali sampai kiamat tiba, namun pembeda iblis dibandingkan dengan jin-jin lainnya dituliskan pada surat al-Araf ayat 14 sampai 15 & pada surat Shaad ayat 79 sampai 81: Iblis juga mempunyai keturunan, namun keturunan dari iblis tidak ada yang mempunyai kekuatan untuk hidup kekal sampai akhirnya kiamat tiba.

3. Siapa itu Setan ?

Menurut al-Qur’an, setan ialah makhluk yang kurang baik, dimana pekerjaannya meliputi mengundang manusia untuk berbuat kejahatan contohnya berbohong & semacamnya. Beginilah deskripsi setan:

1. Musuh manusia
Pada surat al-Baqarah ayat 208 tertulis bahwa kita yang beriman wajb masuk ke dalam Islam & memusuhi setan.

2. Dapat berwujud sebagai manusia
Surat al-An’am ayat 112 menuliskan bahwa mengenai setan jin & manusia.

3. Sering mengundang terhadap kebatilan
surat al-Baqarah ayat 169, tertulis bahwa setan selalu berprilaku keji.

Nah, dengan penjelasan tadi diharapkan kita saat ini mengenal mengenai perbedaan setan jin dan iblis menurut islam.

0 Response to "WOW! Perbedaan Setan, Jin & Iblis Dalam Islam"

Post a Comment