Tahukah Kamu, Penghuni Alam Kubur Saling Berkunjung Sesamanya?

loading...
loading...
Faktakah.com - Fakta Bahwa Penghuni Alam Kubur Saling BerkunjungSeluruh orang bakal mati, kita tahu itu. Namun tahukah anda? Penghuni kubur saling berkunjung satu sama lain saat mereka sudah ada di dalam kubur mereka. Hal ini mungkin membingungkan bagi beberapa orang, sebab mereka tahu bahwa roh-roh ataupun arwah-arwah yang tidak baik tentu bakal terkena azab kubur lalu gimana mereka dapat berkunjung ke kawannya di kubur yang lain lagi? Hari ini kita bersama-sama kita cari tahu apa yang sesungguhnya terjadi di dalam kubur jadi mereka dapat berkunjung satu sama lain.

Benarkah penghuni alam kubur itu saling berkunjung? yuk kita ungkap..


Tahukah Kamu, Penghuni Alam Kubur Saling Berkunjung Sesamanya?

Penghuni alam kubur itu saling berkunjung

Penghuni kubur saling berkunjung satu sama lain dapat dilihat penjelasannya dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Khatib Baghdadi & al-Uqaili, & nilanya ialah shahih. Isi dari hadits tersebut  membahas bahwa kita sebaiknya mengenakan pakaian yang bagus saat sedang mengurus jenazah. Hal ini diperbuat supaya roh mereka dapat merasa santai saat mereka ingin berkunjung dalam kubur terhadap orang-orang yang mereka kenal sambil mengenakan kafan yang dipasangkan pada tubuh mereka.

Loh, kalau begitu, apakah adzab kubur tersebut tidak ada sama sekali? Bukan begitu. Nyatanya, begitu mereka masuk ke dalam kubur langsung dikategorikan dalam 2 golongan yang tidak sama. Mereka yang saling berkunjung saat dalam kubur termasuk ke dalam manusia yang tidak memperoleh siksaan kubur dari Allah SWT. Sementara sisanya ialah mereka yang terkena adzab kubur dari Allah SWT.

Sekarang, tahukah anda? Penghuni kubur saling berkunjung ini ada juga dari riwayat Ibnu Abid Dunya tentang ruh-ruh yang berkumpul & saling mengenal. Kakek dari Yahya bin Abdurrahman juga sempat menceritakan suatu kisah bahwa saat seorang sahabat wafat, Ummu Bisyr malah gembira. Beliau lalu mengatakan terhadap Rasulullah bahwa dirinya berharap supaya dapat wafat terlebih dahulu dari Anak cucu Salamah yang lain, & ia juga bertanya apakah mereka yang sudah sama-sama meninggal dapatkah saling mengenal antara roh dengan roh. Jawaban Rasulullah ialah benar bahwa orang-orang yang sudah wafat & di dunia saling mengenal bakal semakin mengenal satu sama lain bahkan saat ada dalam kubur.

Biasanya ruh-ruh dari mereka yang sudah lama mati akan mendatangi roh-roh yang baru meninggal dunia. Hal ini diperbuat supaya ruh lama mengenal gimana keadaan keluarga serta kerabat dari ruh yang sudah lama tutup usia ini. Seringkali juga orang-orang shalih yang sudah lama wafat bakal mendatangi & bertanya tentang banyak-banyak hal, & kadang malah ingin menolong ruh yang baru datang ini untuk melakukan beberapa macam hal yang dapat dilakukannya. Saat penghuni kubur berkumpul, mereka biasanya akan berkomunikasi layaknya saat mereka tetap hidup, hanya saja mereka bakal sadar bahwa mereka sudah tidak lagi bernyawa.

Lewat suatu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abdud dari Amr bin Dinar, diceritakan bahwa seringkali orang-orang yang ada di dalam kubur saling bertukar berita satu sama lain. Nah, mereka yang baru wafat biasanya bakal segera mengunjungi yang lebih dulu tutup usia untuk mengabari. Mereka juga bakal bertanya apakah sudah berjumpa yang baru wafat juga? Apabila belum, maka mereka bakal mengucap innalillahi.

Sekarang ini sudah menjawab pertanyaan “Tahukah anda? Penghuni kubur saling berkunjung.”

Nah itulah artikel mengenai penghuni kubur saling berkunjung, semoga bermanfaat...

loading...

0 Response to "Tahukah Kamu, Penghuni Alam Kubur Saling Berkunjung Sesamanya?"

Post a Comment