Keajaiban Dan kelebihan Air Susu Ibu Dibandingkan Dengan Susu Formula

loading...
loading...
Faktakah.com - Air susu ibu kini banyak ditinggalkan oleh para ibu, dimana mereka saat ini lebih suka memberikan anak-anak mereka susu formula yang sumbernya tidak jelas. Air susu ibu sumbernya natural dari ibu untuk sang bayi, sehingga tidak butuh lagi sebetulnya sang ibu ribet mencari susu formula dari hewan. Hari ini kita mencoba pelajari apa sih manfaat dari air susu seorang ibu untuk bayi yang menjadi darah dagingnya sendiri.

Nah apa kelebihan susu ibu? yuk kita simak...

Keajaiban Dan kelebihan Air Susu Ibu Dibandingkan Dengan Susu Formula

Ini Keajaiban Air Susu Ibu Apabila Dibandingkan Dengan Susu Formula Ataupun Susu Sapi

Fakta kelebihan air susu ibu yang menjadi dalil keajaiban ASI ialah suatu ayat dari kitab suci umat Islam yang terbaik, yaitu dari Al-Qur’an di surat Al-Baqarah ayat ke-233. Ayat tersebut bercerita bahwa sebaiknya para ibu yang sudah mempunyai anak sebaiknya menyusui anak-anak mereka selama dua tahun tanpa jeda. Hal ini ialah suatu cara yang harus diperbuat oleh seorang ibu apabila ia ingin membuat anaknya mengkonsumsi susu dengan cara sempurna, & supaya bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan juga dapat berkembang & bertumbuh dengan baik.

Pada ayat yang membahas manfaat susu asi ibu diatas, menjelaskan bahwa pemberian ASI juga menjadi tanggung jawabnya. Seorang ayah juga saat ini mempunyai tanggung jawab yang sama, dimana ayah diwajibkan untuk memberikan makanan & pakaian yang disukai oleh para ibu, namun pastikan bahwa pemberiannya dengan cara yang juga ma’ruf. Berarti seorang ayah mempunyai tanggung jawab yang sama berat, apabila sang ibu haruslah memelihara bayi kecil yang baru datang ke dunia, sang ayah memikul tanggung jawab untuk mengurus segala kebutuhan dari sang ibu untuk menopang hidup dari bayi kecil tadi.

MasyaAllah, ini keajaiban air susu ibu yang selama ini telah ditinggalkan banyak orang, yaitu bagaimana ASI mempunyai komposisi zat-zat yang terbaik untuk pencernaan seroang bayi. Belum lagi zat dalam ASI membuat susu tersebut susah untuk terinfeksi kuman-kuman serta penyakit yang berbahaya.

Meskipun terbukti air susu ibu berkhasiat untuk bayi, Islam tidak pernah memaksa seorang ibu memaksakan dia sampai tersiksa demi memberi makan bayinya dengan ASI. Hal ini tertulis di ayat yang sama yaitu Al-Baqarah ayat 233. Pada ayat tersebut  ditegaskan bahwa seorang ibu tidak sebaiknya menjadi derita sebab sang anak, ayahnya juga tidak haruslah menjadi menderita. Sehingga pemberian ASI sampai umur 2 tahun ialah "makruh".

Berbagai kelebihan air susu ibu (asi) dan manfaat menyusui :

1. Mencerdaskan seorang anak
2. Penyerapan oleh bayi jauh lebih mudah
3. Nutrisi yang dikandung jauh lebih sempurna
4. Kondisi ASI selalu segar & bersih, mengingat timbul langsung dari sumbernya
5. Mencegah obesitas pada si bayi

Itu hanyalah sebagian amat kecil dari kelebihan susu yang diproduksi lewat cinta seorang ibu, sebenarnya cinta seorang ibu ibarat sepanjang jalan yang tak terbatas. 
loading...

0 Response to "Keajaiban Dan kelebihan Air Susu Ibu Dibandingkan Dengan Susu Formula"

Post a Comment