5 Fakta Misteri Lagu Kematian "Gloomy Sunday"

loading...
loading...
Faktakah.com - Kisah misteri dibalik lagu gloomy sundayLagu Gloomy Sunday yang dalam Bahasa Indonesianya berarti "Minggu Kelabu" sangat populer dan dikenal sebagai lagu kematian dengan penyairnya adalah orang Hungaria, efek yang bisa membuat pendengar lagu tersebut ingin melakukan aksi bunuh diri. Sesudah banyak berita mengadukan mengenai efek dari lagu tersebut, maka makin banyaklah orang yang penasaran & mencoba mencari tahu mengenai fakta serta sejarah dari Gloomy Sunday.

Nah pengen tahu sejarah misteri lagu gloomy sunday? yuk kita simak...

5 Fakta Misteri Lagu Kematian "Gloomy Sunday"

Fakta Cerita misteri dibalik lagu Gloomy Sunday :

1. Lagu Gloomy Sunday di Hungaria juga dikenal dengan Szonoru Vasarnap & sangat dijuluki sebagai “lagu bunuh diri Hungaria”.
2. Lagu ini nyatanya sudah sangat lawas sebab Reszo Seress menciptakan & mempublikasikannya pada tahun 1933.
3. Rekaman pertama lagu ini dibuat dalam bahasa Inggris di tahun 1936 oleh Hal Kemp & liriknya dikarang oleh Sam M. Lewis. Pada tahun yang sama, lagu ini direkam oleh Paul Robeson dengan lirik dari Desmond Carter.
4. Pada tahun 1941, keluarlah versi Billie Holiday & menjadikan lagu ini lebih populer dari sebelumnya.
5. Lirik yang dikarang oleh Sam M. Lewis ini nyatanya mengarah ke bunuh diri, maka lagu ini dideskripsikan oleh label rekaman mereka sebagai “lagu bunuh diri Hungaria”. Lalu lagu tersebut  banyak yang mengaku bahwa ada banyak orang memutuskan bunuh diri saat mendengarkan lagu tersebut.

Meski menjadi hit, di dalam lirik lagu Gloomy Sunday ini terdapat masa kelam yang tersembunyi di zamannya, banyak orang mengenal lagu ini sebagai lagu pengiring kematian. Tidak lama dari beredarnya berita bahwa banyak orang meninggal bunuh diri karena disebabkan karena menikmati Gloomy Sunday. Sang pencipta lagu juga ikut meninggal, jumlah kematian terus banyak & dugaan terbukti berasal dari lagu tersebut, jadi pemerintah tidak tinggal diam & memerintahkan untuk memusnahkan lagu Gloomy Sunday. Namun ternyata lagu Gloomy Sunday masih beredar secara tersembunyi.


Penjelasan Teori Ilmiah Lagu Gloomy Sunday

Misteri di balik lagu Gloomy Sunday ada dalam teorinya. Teori yang dibawa oleh Hawkson di sini ialah mengenai dunia ini yang dulunya dihuni oleh banyak manusia yang berasal dari suku yang berbagai macam ragam, begitu juga dengan agama & adat mereka di masa lalu. Ritual nyanyian & tarian merupakan hal yang sama yang kita temukan pada setiap suku di dunia ini yang pastinya dimiliki oleh mereka. Biasanya tarian & nyanyian khas yang mereka miliki ialah untuk memuji dewa.

Gloomy Sunday lagu pembawa kematian bukanlah lagu yang semata-mata memunculkan rasa ingin bunuh diri begitu saja. Satu hal yang mungkin tidak disadari oleh diri kita di sini ialah sisa-sisa pengalaman sebelumnya & suatu ingatan bisa saja datang saat kita sedang dalam keadaan kecewa. Orang yang tengah galau & kecewa apabila mendengarkan lagu yang juga bersifat sama, justru bakal membuat emosi kekecewaan tersebut meningkat & memori pengabdian terhadap dewa pun terbuka.

Itulah artikel misteri tentang lagu gloomy sunday. Semoga apa yang dijelaskan di sini bisa menjawab rasa penasaran soal misteri lagu kematian Gloomy Sunday. gloomy sunday misteri lagu kematian
loading...

0 Response to "5 Fakta Misteri Lagu Kematian "Gloomy Sunday""

Post a Comment