Keutamaan "Mendahulukan Sebelah Kanan" Dalam Segala Hal

loading...
loading...
Faktakah.com - Keutamaan mendahulukan yang kanan. Dalam Islam, kita belajar mengenai keutamaan mendahulukan sebelah kanan dalam segala hal, khususnya mungkin yang paling sering kita lakukan ialah menerima ataupun memberi sesuatu dengan memakai tangan kanan sebab terbukti juga dianggap lebih sopan. Namun yang dimaksud hari ini dengan mendahulukan sebelah kanan dalam segala kegiatan yang kita lakukan. Mungkin banyak dari kita penasaran dengan apa saja yang butuh kita mulai dengan kanan, & berikut penjelasan dari hadits terkait.


Keutamaan "Mendahulukan Sebelah Kanan" Dalam Segala Hal


Keutamaan Mendahulukan Sebelah Kanan Menurut Hadits

Keutamaan mendahulukan kanan adalah dari Aisyah radhiyallahu ‘anha sempat berbicara bahwa kanan harus didahulukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebab ia begitu menyukai untuk mengawali segala sesuatu dengan kanan, contohnya berwudhu, menyisir rambut, serta mengenakan sandal, bahkan untuk urusan penting lainnya. Seluruhnya dicoba untuk dijelaskan di sini mengenai hadits tersebut.

- Mengenakan sandal dimulai dengan kanan tersebut berarti bahwa Nabi sangat menyukai untuk mengawali mengenakan sandal dari kaki sebelah kanan dulu, namun untuk di zaman sekarang, selain sandal, namun saat memakai pelindung kaki apapun, betapa baiknya apabila mengutamakan kanan.

- Menyisir rambut pun juga begitu, selalu diawali dari bagian sebelah kanan. Dalam hal yang dilakukan oleh Nabi ialah meminyaki rambutnya & lalu merapikannya.

- Bersuci pun juga rutin dimulai dengan kanan & berdasarkan wacana huruf tha’ yang difathahkan ialah bahwa sesuatu yang dipakai oleh Nabi, baik air maupun tanah, untuk bersuci. Namun apabila berdasar pada wacana tha’ yang didhommahkan, maka artinya ialah melakukan bersuci, contohnya seperti berwudhu, mandi serta hal lain yang berhubungan dengan membersihkan diri. Keutamaan kanan daripada kiri selain waktu beraktivitas biasa, namun juga saat membersihkan diri, mulailah dengan bagian badan sebelah kanan selalu.

- Disebutkan juga bahwa urusan-urusan lainnya pun dimulai dilakukan dengan badan bagian kanan untuk segala urusan. Dikatakan oleh Syaikh Taqiyyuddin bin Daqiq Al-‘Id rahimahullah bahwa hal mengutamakan yang kanan ialah sesuatu umum yang dikhususkan, sebab sebelah kiri biasanya untuk mengawali masuk ke tempat buang hajat, keluar dari masjid & hal serupa lainnya.


Bisa ditangkap dari hadits tersebut  bahwa mengawali segala hal dengan bagian badan sebelah kanan merupakan sebuah hal yang disunnahkan alias wajib & terbukti apa yang disebutkan dalam hadits, yaitu menyisir rambut, mengenakan sandal, serta menyucikan diri ialah merupakan contoh kecil saja. Intinya, segala urusan ataupun kegiatan yang baik betapa baiknya dimulai dengan kanan, apalagi hal-hal mulia yang indah. Sebaliknya, apabila berhubungan dengan kenajisan ataupun perkara yang tidak baik, awalilah semuanya dengan sebelah kiri.

Contoh perkara-perkara yang dimulai dengan bagian badan sebelah kiri ialah contohnya: melepas pakaian, membersihkan hidung, bersuci dari hadats, keluar dari masjid, serta masuk ke toilet. Hal-hal ini tidaklah tergolong di dalam keutamaan mendahulukan kanan. Dikatakan oleh Imam Nawawi rahimahullah bahwa sebelah kanan ialah untuk mengawali segala yang berkaitan dengan keindahan & kemuliaan, sedangkan dianjurkan untuk mengawali sebelah kiri jika melakukan kegiatan yang najis-najis.

Berjabat tangan, mengambil sesuatu, memberikan sesuatu, makan, minum, salam dari shalat, mencukur rambut kepala, memotong kumis, masuk masjid, serta mengenakan pakaian ialah contoh lain dalam mendahulukan kanan. Tujuan Islam ialah untuk mengarahkan setiap umatnya agar setiap urusan dapat diperbaiki. Bahkan kedudukan pun dapat ditinggikan serta manfaat dunia akhirat. Untuk itulah, ada manfaat mendahulukan yang kanan ini menjadi satu peringatan bagi umat Islam untuk mengawali segala urusan dengan tangan kanan / kaki kanan.

loading...

0 Response to "Keutamaan "Mendahulukan Sebelah Kanan" Dalam Segala Hal"

Post a Comment