Hukuman Bagi Orang Yang Murtad Dalam Islam, Masih Kepengen Murtad?

Faktakah.com - Hukum bagi orang murtad dalam islamPindah keyakinan bukan hanya terjadi di agama Islam, namun hal ini membuat penasaran terhadap pemeluk aliran Islam yang keluar dari agama islam. Jangan keliru dalam menafsirkan apa yang tertulis di Al-Qur’an. Ada banyak orang Islam sendiri yang berpikir & berasumsi bahwa yang murtad, hukumannya ialah dipenggal, padahal ini keliru. Kalau begitu caranya, pasti orang lain yang tidak sama agama pun pasti berpendapat bahwa Islam ialah agama terror. Untuk mendapat pencerahan yang benar, Al-Qur’an-lah yang haruslahnya menjadi jawaban.

Hukuman Bagi Orang Yang Murtad Dalam Islam, Masih Kepengen Murtad?

Penjelasan Hukuman Bagi Orang yang Murtad dalam Islam

Islam bukanlah agama teror & tidak pernah disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa mereka yang murtad bakal dihukum dengan dibunuh ataupun dipenggal & semacamnya. Hal ini harus diluruskan agar orang-orang Islam sendiri mengerti tentang aliran yang benar & bukan berdasarkan spekulasi yang dibangun sendiri ataupun diada-adakan.

- Hukum murtad menurut al quran pada QS. 4: 137 disebutkan bahwa untuk orang-orang yang beriman namun lalu beralih ataupun ingkar, & memutuskan untuk kembali lagi namun malah ingkar lagi ke sekian kalinya, bahkan dalam kekufuran malah bertambah-tambah (hukum murtad kemudian masuk islam lagi), Allah SWT tidak bakal memberi pengampunan terhadap mereka & jalan lurus pun tidak ditunjukkan Allah.

Ternyata hukuman mati bagi orang yang murtad di dalam agama Islam tidaklah tercantum di Al-Qur’an, intinya hanyalah Allah tidak memberi ampunan serta jalan lurus & segala yang berkaitan dengan pencabutan nyawa seseorang. Harus diketahui juga kapan seorang yang menganut Islam lalu dikatakan murtad. Yang jelas, dapat dibilang murtad kalau pindah keyakinan tersebut atas kesadaran & kehendaknya sendiri. Jadi, kalau atas dasar pemaksaan, maka tidak dapat dikatakan murtad.

- Dalam QS. An Nahl 106 difirmankan oleh Allah SWT bahwa siapapun yang telah kafir terhadap Allah, ia bakal mendapat murka Allah, tetapi ada pengecualian bagi yang mengalami pemaksaan untuk menjadi kafir padahal iman & hatinya masih terhadap Allah & ia pun tidak dianggap berdosa. Tetapi, kemurkaan Allah tidak bakal luput bagi mereka yang melapangkan dada untuk kekafiran & ada azab besar yang akan datang.

Ada orang murtad dijatuhi hukuman mati? Tidak, bukan manusia yang bakal melakukan hukuman mati namun Allah sendiri yang bakal mengirimkan azab terhadap manusia-manusia murtad & kafir.

- Hadits tentang hukum murtad dalam HR Muslim, ada yang pernah bertanya mengenai perasaan was-was terhadap Nabi SAW & jawaban beliau ialah tanda seseorang itu mempunyai iman yang benar.

- Hukuman bagi seorang yang murtad ialah tiadanya pengampunan & pemberian azab oleh Allah, tetapi untuk rasa was-was yang tiba-tiba timbul juga dikuatkan dengan pernyataan dari Rasulullah dari Abu Hurairah ra. mengenai bahwa manusia seringkali bertanya hingga ditanyakan. Allah-lah yang menciptakan bumi & segala isinya, & siapapun yang mendapat sesuatu dari kata-kata tersebut, maka seharusnya orang tersebut berbicara kalau ia beriman terhadap Allah.

Daripada nantinya memperoleh azab dari Allah, dan tidak memperoleh pengampunan-Nya serta jalan lurus yang ditunjukkan-Nya, nah betapa baiknya jika menjaga iman dengan sebaik-baiknya & menjauhi murtad. Hukuman bagi yang murtad dalam Islam ialah dari Allah sendiri bukanlah dari manusia, & oleh sebab itu, jauhi apa yang tidak berkenan di mata Allah & kuatkan iman.

Nah itulah artikel mengenai hukum bagi orang murtad dalam islam.

0 Response to "Hukuman Bagi Orang Yang Murtad Dalam Islam, Masih Kepengen Murtad?"

Post a Comment