Biografi Ibnu Sina, Bapak Kedokteran Dunia

Faktakah.com - Sejarah ibnu sina dalam bidang kedokteranIbnu Sina disebut sebagai Bapak Kedokteran dunia sebab beliaulah yang pertama kali mendeskripsikan anatomi badan manusia dengan lengkap. Orang-orang Barat menamainya Avicenna yang diambil dari nama Sina. Ibnu Sina sebetulnya ialah seorang filsuf, dokter, sekaligus ilmuwan di abad ke-10. Beliau sangat menyukai karya tulis. Beliau juga suka menulis. Sebagian besar tulisannya berisi mengenai medis & filsafat.  Di zaman modern ini, seorang Ibnu Sina mendapat julukan sebagai Bapak Pengobatan Modern sebab beliau yang mencetuskan teknik-teknik pengobatan modern yang saat ini banyak dipraktekkan oleh tim medis yang ada di semua penjuru dunia.

Biografi Ibnu Sina Bapak Kedokteran Dunia

Ibnu Sina lahir di Afsyanah, kota kecil di negara Uzbekistan, pada tahun 370 Hijriah ataupun sama dengan 980 Masehi. Ayahnya ialah seorang pegawai. Keahlian Ibnu Sina sudah terkesan sejak kecil. Di usianya yang baru 5 tahun, beliau sudah hafal Al Quran. Beberapa ilmu agama Islam pun ia lahap dengan mudahnya, sedang ilmu medis baru beliau pelajari ketika usia beliau beranjak 16 tahun. Sembari belajar ilmu kedokteran, Ibnu Sina juga sibuk memelihara orang sakit. Dari pengalaman menjadi perawat inilah lalu ia menemukan metode-metode perawatan yang ia ciptakan sendiri.

Setahun kemudian, ataupun ketika usianya 17 tahun, beliau mulai berpraktik sebagai dokter. Beliau menjadi terkenal pasca sukses menyembuhkan seorang pasien yang bernama Nuh Mansur yang tak lain ialah penguasa Dinasti Samaniah. Sebelumnya sang raja telah berobat ke tabib yang terkenal efektif pengobatannya tetapi hasilnya nihil. Tidak sama hasilnya sesudah Ibnu Sina mengecek & mengobati sang raja sampai sembuh. Berkat jasa Ibnu Sina,  kondisi kesehatan sang raja membaik. Sebagai ucapan terima kasih, raja lalu meminta Ibnu Sina sebagai dokter istana. Hanya saja beliau menolak dengan cara halus atas permintaan raja. Beliau hanya meminta untuk berkunjung ke suatu perpustakaan milik kerajaan. Sang raja pun memperbolehkannya. Perpustakaan inilah yang lalu menjadi guru seorang Ibnu Sina.

Karya Ibnu Sina yang paling terkenal ialah Qanun fi Thib. Dalam buku yang beliau tuliskan ini salah satu isinya ialah mengenai ensiklopedia yang berisi jutaan istilah & item yang berkaitan dengan obat-obatan, pengobatan, serta teknik pengobatan. Beliau juga menawarkan teknik penyembuhan dengan cara sistematis. Teknik penyembuhan ini sampai kini tetap menjadi acuan di dunia medis. Belum lagi jasanya yang tentang anatomi badan manusia dengan cara detail. Beliau menyimpulkan bahwa tiap bagian badan kita, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, saling berkaitan. Ibnu Sina juga merumuskan mengenai kesehatan jiwa & kesehatan fisik yang saling berkaitan. Ilmu farmasi & ilmu pathologi juga merupakan karya ciptaannya.

Adapun peranan ibnu sina dalam kedokteran berupa kitab medis lainnya karangan Ibnu Sina yang juga sangat bermanfaat bagi dunia medis yaitu Asy-Syifa. Isi dari kitab medis ini berupa ensiklopedia kedokteran. Karya ini dikenal dengan nama Sanati oleh orang-orang latin. Adapun buku-buku karangan Ibnu Sina dan juga termasuk buku kedokteran antara lain:
1. Kitab Al Majmu
2. Kitab Remedies  for the Heart yang berisi banyak sekali sajak yang indah
3. Kitab An Najah yang berisi mengenai filsafat
4. Buku mengenai anatomi badan manusia. Beliau percaya bahwa badan manusia tersusun atas tanah, api, air, & angin.
5. Buku mengenai pengobatan psikosomatik. Buku ini mengenai teknik pendeteksian penyakit dilihat dari denyut jantung.
6. Penemuan besi di mana besi mempunyai varian yang tidak sama.
7. Penemuan asal muasal suatu lembah di bumi
8. Penemuan mengenai peredaran darah dalam badan manusia. Beliau berbicara bahwa darah bakal semakin mengalir di dalam tubuh.
9. Buku mengenai pemecahan beberapa ilmu rasional
10. Penemuan ilmu di bidang psikologi
11. Ilmu politik
12. Materi medica
13. Penemuan psikoterapi
14. Buku mengenai musik
15. Buku mengenai ilmu logika
16. Buku yang berisi ilmu filsafat
dll

Nah itulah ibnu sina bapak kedokteran modern.

Baca Juga: Ilmuwan temukan cara bangkitkan orang mati

0 Response to "Biografi Ibnu Sina, Bapak Kedokteran Dunia"

Post a Comment