Bom Bunuh Itu Jihad..? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Faktakah.com - Jihad dalam pandangan islam (kasus bom bunuh diri)Apakah jihad haruskah selalu bunuh diri? Ada kesalahpahaman yang perlu diluruskan. Fenomena bom bunuh diri terbukti telah menghiasi tanah air kita yang telah diperbuat oleh pemuda-pemuda Islam dan yang menjadi tarhetnya ialah orang-orang kafir, ataupun turis-turis. Tapi, bom bunuh diri tersebut menjadi pertanyaan, apakah hal tersebut terbukti perbuatan sepantasnya & dapat dibilang jihad?.

Yuk kita simak artikel pandangan hukum islam tentang bom bunuh diri sebagai refleksi jihad ...

Bom Bunuh Itu Jihad..? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Bom Bunuh Diri, Jihadkah? Ini Penjelasannya

Apakah bom bunuh diri termasuk jihad?
- Perbuatan bom bunuh diri tidaklah tergolong dalam kategori jihad & hal ini dijelaskan dalam QS. An-Nisaa’: 29 di mana juga difirmankan oleh Allah SWT bahwa kita umat Islam tidak boleh membunuh diri sendiri sebab kita disayangi oleh Allah.

Dalam HR. Bukhari & Muslim, ada sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang menyatakan bahwa siapapun yang membunuh diri sendiri dengan cara ataupun alat dunia, maka di hari kiamat, ia bakal disiksa dengan cara yang sama. Tetapi, apabila bunuh diri dengan cara tidak sengaja, maka udzur bakal diberikan & hal tersebut bukanlah dosa, apabila berdasar pada firman Allah ‘azza wa jalla yang mempunyai pengertian bahwa kita tidak ada dosa lagi sebab kesalahan yang tidak disengaja yang telah kita perbuat, namun yang dianggap dosa di sini ialah apabila hal tersebut  dilakukan dengan cara sengaja.

Bom bunuh diri dalam Islam disebutkan bukan merupakan perbuatan jihad, & siapapun yang mengatasnamakan jihad atas pengeboman bunuh diri, hal tersebut dianggap suatu penyimpangan ataupun pelanggaran syariat. Dengan aksi tersebut, kaum muslimin sendiri ada yang terbunuh, serta orang kafir ikut jadi korban sia-sia. Dalam QS. Al-Israa’: 33, Allah SWT pun berfirman bahwa kita tidak diperbolehkan membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali terdapat alasan yang pasti & benar, sehingga apabila tidak ada alasan yang benar, bom bunuh diri dianggap menyimpang.

- Hukum bom bunuh diri yang membuat orang kafir dzimmi, mu’ahad, & musta’man terbunuh merupakan hal yang diharamkan, sebab pemerintah muslim melindungi orang-orang kafir tersebut. Disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa siapapun yang melakukan pembunuhan kepada jiwa seorang kafir yang mempunyai ikatan perjanjian dengan pemerintah muslimin maka tidak bakal masuk surga, mencium baunya pun tidak, padahal dari jarak 40 tahun, aroma surga sudah dapat tercium.

Apabila dilakukan dengan cara tidak sengaja pun, pelakunya diwajibkan oleh Allah untuk bayar kaffarah & diyat sebagaimana disebutkan dalam QS. An-Nisaa’: 92 yang berarti bahwa kalau yang terbunuh ialah tergolong musuh kita & ia nyatanya orang beriman maka kaffarahnya ialah membebaskan budak yang beriman, kalau yang terbunuh tergolong yang mempunyai ikatan perjanjian antara kita dengan mereka, maka pelaku diharap bayar diat untuk membebaskan budak beriman & menyerahkan diat ke keluarganya. Apabila tidak memperolehnya, maka lakukanlah ibadah puasa berturut-turut selama dua bulan agar Allah mau menerima taubatnya.

- Bila melihat berbagai video bom bunuh diri, kita pun dapat beranggapan bahwa tidak semuanya yang ada di tempat kejadian merupakan orang kafir. Ini sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bahwa menumpahkan darah seorang muslim yang mengaku tidak ada Tuhan lain tidak hanya Allah & bersaksi bahwa Muhammad ialah Rasulullah kecuali dengan salah satu dari alasan-alasan ini: orang yang murtad, seorang pria beristri & berzina, serta nyawa dibalas nyawa, maka hal tersebut dianggap haram.

Rasulullah pun juga bersabda bahwa seorang mukmin yang terbunuh secara sengaja namun tanpa alasan yang pasti maka itu ialah haram. Jadi, bom bunuh diri, jihadkah? Kita tahu jawabannya sekarang. 

Itulah artikel mengenai apakah bom bunuh diri itu jihad? Nah jadi kesimpulannya mengenai bom bunuh diri bukan jihad. makalah jihad bom bunuh diri dan terorisme dalam pandangan islam

0 Response to "Bom Bunuh Itu Jihad..? Ini Penjelasan Lengkapnya!"

Post a Comment