Benarkah Allah Bersemayam di Atas Arsy? Inilah Penjelasannya

Faktakah.com - Benarkah allah bersemayam di arsy?Sering kali kita mendengarkan debat mengenai benarkah Allah berada di atas Arsy? Arsy sendiri diketahui sebagai makhluk yang paling tinggi, dimana bentuknya sendiri ialah layaknya singgasana dengan kubah yang mempunyai tiang, dimana tiang-tiang tersebut  lalu dipikul oleh banyak malaikat. Sering terjadi perdebatan mengenai dimana Allah sebetulnya berada, & hari ini kita bakal sama-sama mengenal jawabannya.


Benarkah Allah Bersemayam di Atas Arsy? Inilah Penjelasannya

Maksud dari Allah Bersemayam di Arsy?

Sebelum mempertanyakan kehadiran Allah di atas Arsy, ada baiknya kita mengenal sedikit mengenai pengertian dari Arsy tersebut. Arsy merupakan suatu bentuk mashdar dari kata dara arasya-arsyan yang mempunyai pengertian suatu singgasana, istana, bangunan, maupun tahta. Di dalam Al-Quran sendiri, kata arsy mengalami pengulangan dengan total 33 kali. Pengertian dari Arsy’ sendiri juga banyak, namun dengan cara umum yang dimaksud ialah tahta ataupun singgasana yang dipakai oleh Allah SWT. Tergantung pemakaiannya, Arsy dapat berarti:

• Singgasana milik raja
• Tiang yang dimiliki oleh sesuatu hal
• Kerajaan
• Atap dari suatu rumah, contohnya yang tertulis pada hadits
• Suatu bagian dari punggung kaki seseorang/sesuatu

Benarkah allah bersemayam di arsy?Arti dari Arsy sendiri dapat berubah-ubah mengikuti kalimat sandarannya. Rasyid Ridha dengan Tafsir al-Manarnya mempunyai artian sendiri bahwa 'Arsy' ialah tempat Allah SWT mengendalikan semua hal yang berkaitan dengan makhluk-Nya yang tinggal di alam semesta, ayat quran Allah bersemayam di arsy merujuk terhadap surat Yunus ayat 3 yang artinya kira-kira mengenai Allah yang bersemayam di atas Arsy saat haruslah mengatur segala urusan.

Perdebatan Ulama Mengenai Kehadiran Allah di Atas Arsy

Berbagai ulama telah mendebatkan persoalan pertanyaan mengenai benarkah Allah berada di atas Arsy? Akhirnya para ulama tersebut sepakat bahwa Allah SWT benar ada di atas Arsy, lebih pastinya bersemayam di atas Arsy yang ada di atas langit luas. Beberapa pendapat dari para ulama tersebut ialah:

1. Ka’ab al-Ahbar
Ka’ab mengatakan bahwa fakta mengenai tempat Allah SWT bersemayam di Arsy tertulis dalam taurat, yang artinya kira-kira membahas bahwa Allah SWT ada di atas hamba-hambaNya, & bahwa Arsy-Nya juga ada di atas makhluk-makhluk lain yang Ia ciptakan. Lalu juga menyatakan bahwa Allah SWT mengatur segala macam urusan dari hamba-hambaNya lewat Arsy.

2. Abdullah bin Mas’ud
Dikatakan oleh Abdullah bin Mas’ud bahwa jarak antara langit paling atas dengan kursi ialah kurang lebih 500 tahun, begitu juga dengan kursi & air. Arsy terletak di atas air & Allah bersemayam di atas Arsy, maka tidak ada sesuatu apapun yang dapat disembunyikan seseorang dari Allah SWT.

3. Ashbagh Ibnul al-Faraj
Ashbagh juga turut serta dalam perdebatan mengenai posisi Allah terhadap Arsy, & ia mengatakan bahwa Allah berada di atas Arsy tersebut, & jangkauan serta ilmu yang dimiliki oleh Allah SWT ada di segala macam tempat.

4. Ahmad bin Nashr al-Khuzal
Ahmad bin Nashr sempat menyampaikan lewat suatu hadits yang diriwayatkan oleh Ibrahim al-Harbi. Isi dari perkataan Ahmad tersebut ialah saat Ahmad bin Nashr ditanyai mengenai ilmu yang dimiliki Allah, jawabannya ialah bahwa ilmu milik Allah ada bersama tiap-tiap kita, tetapi Allah SWT berada di arsy atau langit.

Apakah Allah diatas arsy? Berdasarkan pendapat-pendapat dari berbagai ulama di atas, maka nampaknya saat ini sudah jelas segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanyaan yang bertanya mengenai kehadiran Allah bersemayam diatas arsy ini.

0 Response to "Benarkah Allah Bersemayam di Atas Arsy? Inilah Penjelasannya"

Post a Comment