10 Warna Air Kencing & Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan

Faktakah.com - Deteksi penyakit dari warna air kencingBanyak dari kita yang tidak mengenal cara mendeteksi penyakit dari warna air kencing, padahal ini merupakan salah satu cara yang paling sering dipakai dari zaman dahulu sampai sekarang. Mungkin sering kita memantau gimana air kencing yang kita keluarkan sering berubah warnanya setiap saat, nyatanya apabila kita teliti lagi dengan lebih cermat baik dari warna & baunya, kita dapat mengenal penyakit apa yang sedang melanda badan kita.

Yuk kita simak artikel mendeteksi penyakit melalui warna urine...

Cara Mendeteksi Penyakit Dari Warna Urine

Salah Satu Cara Deteksi Penyakit Paling Kuno Ialah Dengan Melihat Warna Air Kencing

Pembicaraan tentang urin bukanlah suatu topik pembicaraan yang tidak dapat dibicarakan sembarang orang saja, bahkan tidak tidak banyak dari kita yang mungkin geli saat melihat urin sendiri. Terlepas dari faktor jijik yang dihasilkan, tahukah bahwa nyatanya warna dari urin dapat mengenal jenis penyakit? Selain dari warnanya saja, kita juga dapat memperhatikan aroma & konsistensi dari urin kita sendiri untuk mencari tahu apa yang terjadi dalam kesehatan badan kita. Lewat urin yang dikeluarkan, kita dapat dengan cara detil mengenal apa saja yang telah kita konsumsi, jumlah total air yang masuk dalam badan kita, sampai penyakit yang sedang kita idap saat itu.

Deteksi penyakit dari warna urin bukanlah suatu penemuan yang baru dalam dunia kesehatan, mengingat metode ini sudah timbul beratus-ratus tahun yang lalu, serta menjadi salah satu cara paling sering dipakai oleh pakar obat-obatan di masa tersebut demi mencari tahu apa yang salah dengan kesehatan seseorang. Pendapat tentang gimana urin sudah dipakai sebagai penentu kesehatan seseorang ini sudah diterbitkan dalam bentuk jurnal oleh seorang profesor bernama Thomas Griebling yang juga merangkap sebagai wakil ketua departemen Urologi dari University of Kansas.

Deteksi penyakit melalui warna air kencing, menurut Griebling, ialah ilmu turunan dari nenek moyang kita jauh di masa lalu. Ia juga meningkatkankan bahwa urinalysis ataupun deteksi penyakit memakai urin merupakan salah satu cara yang paling kuno bagi manusia masa tersebut  untuk mencari tahu keabsurdan yang terjadi pada badan mereka. Alasan ini sebetulnya logis menurut Griebling, sebab seluruh hal yang kita konsumsi baik tersebut  jamur, gula, ataupun bahkan bakteri, semuanya bakal beres di kandung kemih & diubah menjadi urin yang lalu kita lepaskan.

Anthony Smith yang merupakan kepala dari bagian Urinology di University of New Mexico juga memberi tau bahwa sesungguhnya urin ialah salah satu hal yang amat penting saat kita menuturkan tentang pembuangan zat-zat tidak berguna yang ada di dalam tubuh. Belum lagi urin juga dapat menjadi penghilang racun, dimana racun tersebut bakal berbahaya apabila terus menerus diam di dalam tubuh.

Perubahan Warna Urin Ialah Kunci Mengenal Kesehatan Seseorang

Perubahan warna urin ialah cara mengenal penyakit yang sedang diidap oleh seseorang. Urin kita akan mendapati warna kuning dari urokrom yang variasinya bermacam-macam dari kuning pucat sampai gelap. Apabila warna urin yang kita miliki terus gelap, berarti kita amat kekurangan mengonsumsi air, & apabila warnanya pucat berarti konsumsi air kita lumayan banyak ataupun sedang mengonsumsi obat-obatan.

Ada banyak warna-warna urin contohnya merah, biru, ataupun hijau yang kadang membuat orang menjadi panik, namun tidak usah heran sebab sebetulnya dengan warna tersebut kita bisa mendeteksi penyakit yang kita derita.

1. Bening
Urine yang berwarna bening biasanya merupakan tanda bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik alias cukup cairan. Namun, dalam beberapa kasus hal itu menandakan bahwa Anda mungkin terlalu banyak minum dan berpotensi dapat mengalami keracunan air. 

Over-hidrasi artinya Anda minum air terlalu banyak dari yang Anda butuhkan dan dapat membahayakan tubuh Anda. Meski tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk minum melampaui apa yang Anda butuhkan.

2. Tidak berwarna sama sekali
Warna urine yang sangat bening dapat menjadi indikasi penyakit diabetes. Gejala lain yang menyertai biasanya sering haus dan sering buang air kecil. Jika Anda pernah mengalaminya, segera lakukan tes diabetes atau berkonsultasi ke dokter.

3. Kuning pucat atau warna madu
Urine yang sehat umumnya berwarna kuning pucat atau seperti warna madu. Namun jika warnanya kuning kegelapan, berarti Anda kurang minum air putih. Ketika air seni menjadi lebih terkonsentrasi, ini biasanya disertai dengan bau yang menyengat.

4. Coklat
Urin berwarna coklat bisa menjadi gejala masalah kesehatan tertentu. Orang dengan penyakit lever biasanya memiliki urin berwarna coklat. Jika hati Anda tidak bekerja dengan baik, garam empedu yang seharusnya dibuang melalui feses ternyata ikut larut dalam air seni karena konsentrasinya yang terlalu tinggi dalam darah. 

Gangguan kesehatan pada liver dapat berupa hepatitis sehingga warna kencing berwarna gelap. Hal ini juga dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi sehingga perlu penanganan medis lebih lanjut.

5. Kemerah-merahan
Warna merah dapat berasal dari darah yang larut dalam urin. Kondisi ini dikenal sebagai hematuria. Ada beberapa penyebab air seni berwarna merah, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, kanker kandung kemih, atau kanker prostat.

Namun, warna merah air kencing juga bisa berasal dari makanan dan zat tertentu yang tertelan, sehingga tubuh Anda bereaksi membuangnya melalui urin. Adapun makanan yang dapat menyebabkan urin berwarna merah yaitu blackberry dan rhubarb. 

Jika perubahan warna bukan karena makanan dan itu terjadi lebih dari sekali, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan Anda kepada dokter.

6. Biru
Ada sebuah kondisi langka yang disebut porfiria yang menyebabkan urine berwarna biru atau ungu. Namun, urin biru juga diakibatkan karena konsumsi makanan dan obat-obatan yang mengandung pewarna tertentu.

7. Hijau
Urine berwarna hijau bisa menjadi indikasi bahwa seseorang terkena infeksi saluran kemih atau jamur. Namun, hal ini juga dapat disebabkan oleh makanan atau obat-obatan, seperti antibiotik yang mengandung pewarna yang kuat yang tidak bisa diserap dalam usus Anda.

8. Berbusa
Urine berbusa dapat disebabkan oleh kandungan protein dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, karena dapat disebabkan oleh gangguan yang terjadi di ginjal atau kandung empedu.

9. Putih susu
Urine berwarna putih dapat menandakan adanya darah mikroskopis. Hal ini juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran, infeksi kandung kemih atau batu ginjal. Beberapa penyakit menular sek/sual seperti gonore juga ditandai oleh gejala tersebut.

10. Hitam
Warna hitam mungkin dikarenakan bahan kimia dan masalah kesehatan. Untuk keterangan lebih jelas, Anda harus memerikasakan diri pada dokter.

Nah itulah artikel mengenai mendeteksi penyakit dari warna urine. Jika warna air kencing kamu tiba-tiba berubah, segerah periksa ke dokter untuk di periksa yaa...

0 Response to "10 Warna Air Kencing & Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan"

Post a Comment