Tahukah Kamu? Alasan Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia

Faktakah.com - Sejarah mengapa hari minggu liburSeluruh orang sangat bahagia ketika hari Minggu datang, sebab hari tersebut Anda bisa berlibur & melakukan segala hal yang diinginkan. Tetapi pernahkah Anda perpikir mengapa hari minggu itu libur? Sesungguhnya tidak seluruh negara menetapkan hari Minggu sebagai hari libur seperti di negara Arab yang menetapkan hari Jumat sebagai hari libur mereka, sedangkan di negara Yahudi yaitu hari Sabtu lah yang ditetapkan sebagai hari libur. Lalu apakah yang istimewa pada hari Minggu jadi menjadikannya hari libur di hampir seluruh negara-negara besar di dunia. Ini alasan mengapa hari minggu harus libur yang mungkin harus kamu ketahui.

Tahukah Kamu? Alasan Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia

Sejarah Hari Minggu Ditetapkan Jadi Hari Libur

Sesungguhnya alasan hari minggu dijadikan hari libur sudah diterapkan sejak zaman dahulu kala. Hal ini pertama kali diperbuat oleh bangsa Romawi, sebab bagi bangsa tersebut hari Minggu ialah hari pertama di setiap pekan, tidak hanya tersebut, mereka beribadah pada hari tersebut dan mereka tidak bekerja ataupun bisa dikatakan mereka libur pada hari Minggu tersebut. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur dengan sejarah yang nyatanya sudah berakar lumayan jauh sejak beberapa ratus ataupun bahkan ribuan tahun yang lalu, tetapi kebiasaan ini masih bisa bersi kukuh hingga kini bahkan ditetapkan oleh hampir seluruh negara di dunia.

Kebiasaan Bangsa Romawi Pada Hari Minggu

Kebiasaan unik dari bangsa Romawi lainnya yang dilakukan pada hari Minggu ialah menandai hari tersebut dengan warna merah pada kalender mereka, maka oleh sebab itu alasan mengapa hari minggu libur. Bukan hanyaitu... kebiasaan ini bisa kita lihat bahkan pada kalender modern yang kita miliki sekarang ini. Sebab kebiasaan menandai hari Minggu dengan warna merah, mereka juga terbiasa menandai hari libur lain diluar hari Minggu dengan warna merah pula. Sebab itulah ada kemarin hari dalam setiap bulan yang juga mempunyai warna merah mesikipun hari tersebut bukan hari Minggu seperti yang Anda juga bisakan pada kalender modern dirumah. 

Penyebaran Kebiasaan Bangsa Romawi ke Beberapa Negara di Dunia

Pertanyaannya ialah gimana mungkin kebiasaan dari bangsa Romawi pada zaman dahulu bisa kita temukan pada kalender modern. Hal tersebut sesungguhnya dampak dari penyebaran kebiasaan bangsa Romawi yang mereka lakukan pada negara-negara yang sempat mereka taklukan pada zaman dahulu di beberapa benua Eropa. Sebagai negara yang sudah ditaklukan pasti saja mereka haruslah mengikuti beberapa kebiasaan bangsa Romawi yang ada tersebut. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur, sebab pada ketika tersebut bangsa Romawi menetapkan hari Minggu sebagai hari libur mereka, maka Negara lain yang sudah ditaklukkan akhirnya juga melakukanhal yang sama pula.

Penyebaran Kebiasaan Bangsa Romawi ke Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia, kita pasti tahu bahwa Bangsa Romawi sendiri belum sempat hingga ke Indonesia. Tetapi kita bisa melihat kebiasaan bangsa Romawi tersebut juga ditetapkan di Indonesia. Sebetulnya mesikipun Indonesia belum sempat didatangi oleh bangsa Romawi, tetapi negara taklukan mereka yaitu Belanda sudah sempat datang ke Indonesia. Mereka bahkan menjajah bangsa Indonesia selama beberapa abad. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur di Indonesia.

Nah itulah artikel mengenai alasan kenapa hari minggu libur. Semoga dengan adanya artikel ini, pertanyaan kamu dapat terjawab.

Baca Juga: Rahasia teori mesin waktu [lengkap]

0 Response to "Tahukah Kamu? Alasan Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)