5 Manfaat Makan Makanan Pedas + 5 Efek Sampingnya

Faktakah.com - 5 Manfaat dan Akibat Makan Makanan Pedas. Kalau Anda penggemar makanan pedas & rasanya tidak “afdol” apabila tidak makan pakai sambal, maka ada 5 manfaat makan makanan pedas yang bisa Anda rasakan, lalu apa manfaat makanan pedas dan efek samping yang kita dapatkan?

5 Manfaat Makan Makanan Pedas + 5 Efek Sampingnya

Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Makan makanan pedas terbukti bisa menggugah selera, namun juga jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, nanti bisa sakit perut. Pada cabai/lada terdapat kandungan yang disebut capsaicin yang menyebabkan lidah Anda serasa terbakar saat makan sambal ataupun cabai. Rupanya kandungan tersebut tidak hanya membuat lidah terbakar, namun juga bagus untuk kesehatan. Berikut 5 manfaat mengonsumsi makanan pedas bagi kesehatan:

1. Menurunkan berat badan
Manfaat mengonsumsi makanan pedas yang pertama ialah, Adanya suatu penelitian yang mengemukakan bahwa makanan pedas sanggup membakar kalori di badan. Tidak hanya itu, kalori akan dibakar 20 menit setelah Anda makan makanan yang pedas. Nah, bagi Anda yang mungkin sedang menjalankan program diet sehat, bisa lho mencoba makan makanan pedas, asal jangan berlebihan ya.

2. Menurunkan tekanan darah
Kandungan capsaicin yang ada di cabai bisa menambah nitric oxide dimana manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah serta melindungi peradangan. cabai rawit diyakini banyak orang paling manjur dalam menurunkan tekanan darah dibandingkan jenis cabai yang lain.

3. Mencegah sakit kanker
Berbagai makanan pedas mempunyai sifat anti kanker & hal ini juga dikemukakan oleh American Cancer Society. Kandungan capsaicin terbukti sanggup memperlambat tumbuhnya sel-sel kanker prostat. Tidak hanya itu, makanan ataupun rempah-rempah pedas yang kaya akan curcumin antioksidan aktif juga dipercaya bisa mencegah kanker.

4. Membuat jantung lebih sehat
Kandungan capsaicin yang membakar & memunculkan rasa panas di lidah terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat. Menurut studi yang diteliti oleh American Chemical Society, kandungan tersebut  sanggup menambah kelancaran darah dengan menghambat gen yang bisa menyebabkan penyempitan arteri di jandung sekaligus menurunkan penumpukan kolesterol.

5. Menyegarkan pernapasan
Kalau Anda mempunyai persoalan aroma mulut tidak sedap, maka cobalah konsumsi makanan pedas, sebab cabai yang dimasak mengandung rempah-rempah dengan bahan alamiah yang bisa melindungi paru-paru dari polutan & iritasi yang berasal dari asap rokok. Kesimpulannya, makanan pedas bisa menolong menyehatkan sistem pernapasan.

Itulah khasiat makan makanan pedas yang bisa dirasakan bagi kesehatan badan Anda, sebenarnya masih banyak manfaat yang diperoleh, seperti:

- Melegakan hidung tersumbat, banyak orang berasumsi bahwa saat mereka sedang flu ataupun pilek dengan mengonsumsi makanan pedas bisa melegakan hidung & menghapus ingus. Makanan pedas dipercaya juga bisa menambah suhu badan jadi manjur menanggulangi demam.

- Menyegarkan pikiran, rupanya tidak hanya kesehatan fisik, namun makanan pedas baik untuk kesehatan mental. Seperti, saat sedang kantuk & sumpek, makanan pedas bisa membuat Anda kembali fokus dalam pekerjaan. Tidak hanya itu, makanan pedas yang terdapat bahan yang mengandung rempah-rempah tertentu semacam spearmint & rosemary yang sanggup mengurangi gejala penyakit Alzheimer serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan pikiran.

Dampak Mengkonsumsi Makanan Pedas

Selain ada manfaat makanan yang pedas, rupanya ada juga kerugian makan makanan pedas, apabila berlebihan maka makanan pedas akan berakibat buruk, seperti:

1. Bisa menyebabkan sariawan.
2. Bisa menyebabkan sakit perut.
3. Menyebabkan insomnia.
4. Tidak baik untuk kesehatan kulit.
5. Memicu maag & menaikkan asam lambung.

Itulah 5 manfaat dan bahaya makanan pedas. Sebaiknya apabila mengkonsumsi makanan pedas harus dibatasi.

0 Response to "5 Manfaat Makan Makanan Pedas + 5 Efek Sampingnya"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)