"3 Amalan" Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir Biarpun Sudah Mati & Sampai Kiamat Tiba

Faktakah.com - 3 Pahala Yang Terus Mengalir. Amalan yang pahala yang semakin mengalir sampai hari kiamat terjadi mungkin merupakan salah satu hal yang sebaiknya dicari setiap orang yang hidup di dunia ini. Hal ini dikarenakan setiap manusia mati, & saat mereka sudah mati maka tidak ada lagi kebaikan yang dapat mereka lakukan untuk menuai pahala pada hari penimbangan di akhirat nanti. Sebab itulah, jenis-jenis amalan ini ada baiknya kita lakukan supaya kita dapat memperoleh pahala sebanyak-banyaknya. Hari ini kita sama-sama mengulas mengenai, apa saja yang amalan pahala yang terus mengalir biarpun setelah meninggal sekalipun?.

Baca Juga: Aneh, 3 Golongan "Orang Sholeh" Ini Masuk Neraka Pertama Kali ?
"3 Amalan" Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir Biarpun Sudah Mati & Sampai Kiamat Tiba

3 Pahala Yang Terus Mengalir

Apabila kita berkata mengenai amalan yang semakin berlanjut sampai hari kiamat, maka kita tidak boleh lupa untuk mengutip suatu hadits yang diriwayatkan oleh Muslim. Pada hadits tersebut  diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda bahwa manusia yang meninggal dunia maka akan putus seluruh pahala yang sempat ia lakukan namun terkecuali dengan 3 hal. Amalan yang tidak dapat putus tersebut ialah amal jariah, berbagi dengan anak-anak yang shaleh, serta ilmu yang berberguna untuk masyarakat ataupun keluarga serta kawan-kawan yang ia tinggalkan saat ia masih hidup.

Dari hadits tentang pahala yang terus mengalir tersebut, diketahui bahwa saat seseorang meninggal, putusnya pahala kebaikan dari orang tersebut  juga terjadi tanpa pandang bulu siapa pangkat dirinya saat tetap hidup ataupun apa yang ia lakukan semasa hidupnya. Walau begitu, nyatanya Allah SWT memberikan seseorang peluang untuk berbuat sesuatu yang bakal membuatnya semakin memperoleh pahala bahkan sesudah ia menjadi tanah sekalipun.
Salah satu dari amalan yang pahalanya yang terus semakin mengalir sampai hari kiamat ialah amal jariyah. Hal ini dikarenakan sebab saat kita menyisihkan uang untuk beramal jariyah, maka kita dapat menolong orang-orang yang kesusahan. Ataupun apabila kita memakainya untuk berinfaq di suatu masjid maka kita bakal semakin diingat sebagai orang yang menolong penegakan agama Allah di muka bumi, serta menolong orang lain untuk memperoleh jalan masuk lebih mudah ke tempat beribadah.

Dari hadits yang disebutkan tadi, amal jariyah hanyalah satu dari tiga yang dapat semakin-semakinan memberi kita pahala bahkan di dunia yang tidak sama. Sisanya ialah doa dari orang-orang yang shaleh & ilmu yang berguna. Demi memperoleh amalan tanpa putus dari ketiga hal tersebut, maka kita dapat semakin rutin melakukan hal-hal yang berguna untuk masyarakat yang hidup bersama kita. contoh pahala yang terus mengalir sebagai berikut:

1. Mengajarkan ilmu-ilmu yang dapat dipakai oleh masyarakat
2. Menanam pohon yang dapat memberi makan orang banyak, seperti umpama buah yang boleh dipetik sesuka hati
3. Membuat sumber mata air, supaya orang-orang yang tinggal di kurang lebih kita tidak bakal kehausan ataupun kesusahan mencari sumber air bersih.
4. Membuat sistem pengairan sawah supaya orang-orang lebih mudah bertepat tanam
5. Membela tanah air
6. Mewakafkan sebagian rezekinya ke Masjid. Mengapa pahala wakaf akan selalu mengalir walau pewakafnya sudah meninggal?, itu karena hasil dari wakaf tersebut digunakan untuk pembangunan Masjid... Nah jika Masjid selesai dibangun maka akan bermanfaat bagi banyak orang, jadi biarpun si pewakaf sudah meninggal dunia, tetapi tetap saja pahala untuk pewakaf akan terus-menerus mengalir.

Bisa dilihat dari contoh-contoh yang tertulis di atas, bahwa sesungguhnya yang dapat membuat kita mendapat pahala yang mengalir terus menerus tiada henti ialah dengan menolong orang lain, sebab orang lain akan merasa terbantu & terhitung sebagai amalan yang pahalanya yang terus mengalir sampai hari kiamat.

Baca Juga: 5 Amalan di hari Jumat yang terlupakan

0 Response to ""3 Amalan" Yang Pahalanya Akan Terus Mengalir Biarpun Sudah Mati & Sampai Kiamat Tiba"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)