Pernikahan Beda Agama Dalam Perpektif Islam, Boleh atau Dilarang?

loading...
loading...
Faktakah.com - Kontroversi pernikahan beda agamaAkhir-akhir ini banyak kabar mengenai pernikahan beda agama, adapun alasan orang melakukan pernikahan beda agama entah unutk apa, dan kita sebagai Muslim mungkin bakal bertanya mengenai mengenai pernikahan beda agama dalam pandangan Islam.

Pasti saja pernikahan beda agama ini menjadi pertimbangan banyak orang Islam, khususnya apabila mereka tinggal di daerah yg mayoritas penduduk aslinya ialah orang-orang yg memeluk agama agama non Islam, contohnya apabila mereka berada di Tiongkok, Amerika, Russia, Jerman, ataupun bahkan Australia.

Nah yang jadi pertanyaan dasar : apakah pernikahan beda agama diperbolehkan? dan bagaimana pandangan islam tentang pernikahan beda agama

Baca Juga : 5 Permintaan Konyol Wanita Yang Mustahil Diwujudkan Pasangannya

Pernikahan Beda Agama Dalam Perpektif Islam, Boleh atau Dilarang?

Beginilah Pernikahan Beda Agama Dalam Perspektif Islam

Bagaimana pandangan islam tentang pernikahan beda agama? Bagi umat Islam di luar negeri yg merupakan negara minoritas Muslim, pasti bakal sangat bimbang untuk melakukan pernikahan beda agama dalam Islam, takut sebab tidak tahu hukum pasti dari pernikahan tersebut. Belum juga dengan banyaknya kabar-kabar yg belum pasti kebenarannya mengenai pernikahan beda agama. Namun sesungguhnya, ada suatu hukum yg mengatur pernikahan beda agama antara dua insan manusia yg sama-sama tinggal di dunia ini. Hukum tersebut terbagi menjadi 2 menurut aturan Islam, yaitu:

#1. Pernikahan antara wanita Islam dengan pria yg memeluk agama non Islam
#2. Pernikahan pria Islam terhadap wanita yg mempunyai kepercayaan di luar Islam

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pernikahan Beda Agama Dalam Perspektif Islam

Kita saat ini mengenal bahwa ada 2 hukum mengenai pernikahan beda agama menurut Islam, yaitu antara pria muslim dengan wanita non-muslim, & wanita muslim dengan pria non-muslim. Pada kesempatan hari ini, kita bakal mengulas keduanya dengan cara lumayan mendalam.

#1. Pernikahan Wanita Muslim Dengan Pria Non-Muslim

Islam amat keras dengan hukum yg mengatur menikahnya perempuan muslim dengan pasangan non-muslim, hingga-sampai dasar hukum pernikahan dituliskan pada Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 221. Isi artian dari surat tersebut lebih menyatakan mengenai pernikahan beda agama dalam perspektif Islam untuk para wanita. Dalam surat tersebut, tertulis bahwa janganlah menikahkan orang-orang musyrik dengan wanita mukmin, paling tidak hingga para orang musyrik tersebut memeliki keimanan yg sama dengan wanita mukmin yg bakal mereka nikahi. 

Lewat surat tersebut, sudah jelas bahwa haram hukumnya bagi seorang wanita Islam untuk melamar pria yg memeluk kepercayaan bukan Islam.


#2. Pernikahan Pria Muslim Dengan Wanita Non-Muslim

Pandangan Islam mengenai pernikahan yang berbeda agama untuk pria lebih lengkap lagi, sebab tetap terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori menikah dengan pakar kitab & menikah bukan dengan pakar kitab. Berikut penjelasan lebih mendalamnya:

Baca Juga :  Inilah yang terjadi jika memaafkan kekasih yang selingkuh

Pria Beragama Islam Dengan Wanita di bukan Islam Namun Merupakan Pakar Kitab

Hukumnya diperbolehkan dengan surat Al-Maidah ayat 5 sebagai dasar hukumnya. Di surat tersebut dituliskan bahwa halal mengonsumsi makanan dari orang-orang yg mendalami Al Kitab, & halal untuk melamar wanitanya. Al Kitab yg dimaksudkan dalam ayat ini ialah Taurat serta Injil, sebab keduanya merupakan agama di dunia yg berarti inti ajarannya tidak jauh berbeda dengan ajaran Al-Qur’an.


Pria Beragama Islam Dengan Wanita non islam, dan Tidak Pakar Kitab

Hukumnya haram menurut banyak ulama. Yg dijadikan dasar atas pengharaman ini ialah surat Al-Baqarah ayat 222, dimana tertulis bahwa kita dilarang melamar wanita-wanita yg musyrik, paling tidak hingga mereka menganut kepercayaan yg sama dengan sang pria.

Nah, hal tersebut tadi ialah bagamana Islam memandang perbedaan agama dalam suatu pernikahan. Saat ini mereka yg tinggal di negara muslim minoritas tak usah ragu lagi dengan hukum mengenai pernikahan beda agama dalam perspektif Islam.

Baca Juga : Alasan besar mengapa islam melarang pacaran

Nah itulah artikel tentang pernikahan beda agama yang sering terjadi di dunia, ada juga dampak pernikahan beda agama yang sering dibicarakan orang yang akan membuat keluarga tidak harmonis.
loading...

0 Response to "Pernikahan Beda Agama Dalam Perpektif Islam, Boleh atau Dilarang?"

Post a Comment