ASTAGA, Penggunaan Kerudung Pada Ajaran Kristen Ternyata Untuk Ini...

loading...
loading...
Faktanya.com - Apakah boleh orang kristen memakai kerudung?Nyatanya bukan hanya umat Muslim saja yg mempunyai kerudung, kerudung dalam tradisi yahudi dan kristen juga memakai kerudung lho, sebab ada makna dibalik pemakaian kerudung pada agama Kristen. Hal ini ditegaskan pada saat menteri dalam negeri dari Italia yg bernama Giulliano Amato didesak untuk melarang pemakaian kerudung bagi umat-umat Muslim wanita di Italia. Dirinya mengatakan bahwa tidak mungkin baginya melarang pemakaian kerudung sementara Ibu Maria sendiri selalu memakai kerudung sebagai pelindung kepalanya. Ia juga memperingatkan, bagi siapa yang tidak memakai kerudung maka ia telah dipastikan menentang apa yg diperbuat oleh Ibunda Maria sendiri. Maka dari situlah muncul asal-usul jilbab ala kristen (kerudung orang Kristen).

ASTAGA, Penggunaan Kerudung Pada Ajaran Kristen Ternyata Untuk Ini...

Baca Juga : Apakah agama non muslim tidak bisa masuk sorga?

Inilah Makna Dibalik Pemakaian Kerudung Pada Ajaran Kristen

Sebelum tahun 80-an, para biarawati di Indonesia tetap mengikuti pemakaian jilbab Kristen sebagai pakaian mereka, dimana baju mereka sendiri ialah baju panjang yg longgar & ukurannya dari leher sampai bisa menutupi kaki. Mereka juga memakai jilbab ala kristen yg saat itu tetap menutupi leher mereka & terus sampai ke bagian dada. Pakaian contohnya ini dulu sering dilihat pada telenovela yg berasal dari Brazil.

Sesudah era 80-an berlalu, jubah yg dipakai oleh para biarawati berubah. Panjang dari pakaian yg dikenakan terus pendek ebab hanya sampai bagian betis saja, & kerudung Kristen yg dipakai oleh mereka berubah menjadi hanya tudung yg menutupi rambut mereka. Bagian leher dari kerudung baru ini juga tidak tertutup. Hal ini dinyatakan oleh beberapa pemuka agama sebagai sesuatu yg amat disayangkan sebab sebetulnya perintah untuk berkerudung merupakan sebuan anjuran Alkitab yg sudah lama muncul, bahkan sebelum agama Islam munucul yang juga punya kewajiban para wanita muslim untuk berkerudung setiap harinya.

Makna dibalik pemakaian kerudung pada aliran Kristen sebetulnya bisa dilihat sendiri dalam Alkitab, contohnya pada I Korintus 11:5 yg kurang lebih berbunyi mengenai bagaimana perempuan yg berdoa tanpa memakai kerudung maka sama saja ia sedang menghina kepalanya, seolah-olah kepalanya tidak mempunyai rambut apapun. Di Korintus 11:13, berkata mengenai apakah layak seorang wanita berdoa terhadap Tuhannya dengan kepala yg terbuka & tidak mengenakan tudung sama sekali.

Pemakaian kerudung menurut kristen juga telah ditekankan oleh Paulus mengenai kerudung bagi wanita Kristen ada pada surat Korintus 11:3 – 10, yg kira-kira isinya ialah mengenai bagaimana seorang wanita muda seharusnya memakai kerudung untuk menutup kepalanya saat ia sedang ada di jalan & sedang ada di orang asing. Wanita-wanita Kristen juga disarankan untuk mengenakan penutup kepala saat mereka sedang ada di dalam gereja, & saat ia dikelilingi laki-laki. Hal ini diberperbuat sebab suatu kerudung untuk perempuan Kristen sudah dianggap sebagai mahkota yg lalu bakal melindungi kemegahan dari wanita itu sendiri.

Baca Juga : Alhamdullillah, Islam Jadi Agama Pertumbuhan Paling Cepat di Dunia


Mengenai Makna Dibalik Pemakaian Kerudung Pada Aliran Kristen Saat Ini

Kerudung wanita kristen banyak dikomentari berbagai kalangan yg berpendapat bahwa apa yg disampaikan oleh Paulus hanya berlaku pada masa dimana Paulus menulis surat-suratnya sebab itu merupakan suatu tradisi orang Yahudi, bahwa tidak wajar seorang wanita melepaskan tudungnya dulu & barulah berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Kalangan ini berpendapat bahwa hal ini sudah tidak lagi bisa diterapkan untuk situasi saat ini.

Hal ini mereka tambahkan dengan argumen bahwa Alkitab mempunyai beberapa tujuan hukum yg selama ini diterapkan oleh bangsa Israel saja, & tidak bisa dengan cara umum diterapkan ke umat Kristen masa kini, sama contohnya hukum mengenai makna dibalik pemakaian kerudung pada wanita kristen.

Baca Juga : Inilah 5 Agama Yang Membolehkan Poligami, Tidak Hanya Islam!

Nah kerudung menurut islam kristen dan yahudi memanglah suatu kewajiban, Islam memandang kerudung untuk menutupi aurat dan melindungi kepala, begitu juga agama Kristen Yahudi yang memandang kerudung juga sebagai pelindung kepala dan untuk patuh pada Bunda Maria (Maryam) yang sering memakai kerudung.
loading...

0 Response to "ASTAGA, Penggunaan Kerudung Pada Ajaran Kristen Ternyata Untuk Ini..."

Post a Comment