Tidak Bertegur Sapa Melebihi 3 Hari? Ini Hukumannya !

Faktakah.com - Akibat tidak bertegur sapa dalam islamHaram tidak bertegur sapa melebihi 3 hari di dalam aliran agama Islam dapat memutus tali silaturahmi, entah itu dengan saudara ataupun kawan. Tetapi, sebaiknya melihat dengan cara jelas ulasan mengenai mengapa tidak bertegur sapa saja dianggap haram. 

Diluar sana padahal ada orang-orang yg mungkin sibuk sebab pekerjaan jadi tidak sempat tidak bertegur sapa lebih tiga hari dengan kerabat dan teman, maka siap-siaplah menanggung dosa tidak bertegur sapa.

Tidak Bertegur Sapa Melebihi 3 Hari? Ini Hukumannya !

Akibat Tidak Bertegur Sapa Dalam Islam Melebihi 3 Hari

Tidak bertegur sapa dengan sesama orang Islam menjadi haram ataupun dianggap haram apabila dua ataupun lebih orang tidak bertegur sapa dikarenakan oleh pertengkaran. 

Ingat bahwa pertengkaran & pergaduhan tidak diperbolehkan di Islam. Biasanya disebut juga pergaduhan di mana perhaduhan itu mempunyai ikatan dengan perkara dunia & hal tidak bertegur sapa dengan sesama Islam melebihi tiga hari menjadi haram. Adakah dalil tentang tidak bertegur sapa dalam islam?

Baca Juga : 5 Syarat yang membolehkan manusia melakukan dosa

#1. Dalil tentang tidak bertegur sapa menurut Rasulullah dalam sabda dari Anas ra, bahwa sesama orang Islam sebaiknya tidak memutus tali persaudaraan. Tidak boleh saling menghasut satu sama lain, tidak boleh saling membenci, & tidak boleh saling membelakangi sebab menjadi hamba Allah yg bersaudara ialah yg paling diinginkan. Seorang Islam yg mendiamkan (sama dengan tidak menegur sapa) saudaranya lebih dari tiga hari maka tidak bakal dihalalkan dalam artian sebagai hal yg haram.

#2. Hadist tentang tidak bertegur sapa selama 3 hari juga ditambahkan oleh Rasulullah dalam sabdanya dari Abu Ayyub ra. bahwa seorang Islam tidak dihalalkan untuk tidak bertegur sapa 3 hari dengan saudaranya & apabila kalau masing-masing tidak mau saling menatap saat berjumpa sebab pada dasarnya saat berjumpa saudara hal pertama yg dilakukan ialah mengucap salam lebih dulu di antara keduanya.

#3. Ada sabda Rasulullah juga di salah satu hadits bahwa amal  umat Islam bakal dihadapkan setiap Senin & Kamis & setiap dosa mereka yg tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akhirnya diampuni, tetapi ada pengecualian di sini. Orang yg tengah bertengkar, berseteru ataupun berselisih dengan saudaranya tidak bakal diampuni hingga mereka berbaikan ataupun damai kembali.

#4. Haram tidak bertegur sapa dengan saudara dikuatkan lagi oleh sabda Rasulullah lainnya mengenai bagaimana hubungan baik di antara sesama bangsa Arab bakal rutin dirusak oleh setan sebab pada dasarnya si setan menyerah untuk menerima penyembahan di Jazirah Arab. Jadi sama saja kalau kita tidak bertegur sapa dengan saudara kita, entah ia yg punya salah ataupun justru kita yg bersalah, semua itu ialah pekerjaan setan yg membuat hubungan sesama saudara rusak & tidak baik di mata Allah.

#5. Rasulullah tidak berhenti di situ, ada sabda lain yg berbunyi bahwa siapapun dosa tidak bertegur sapa lebih 3 hari bahkan selama setahun dengan saudaranya, itu sama dengan ia menumpahkan darahnya.

#6. Dari Abu Hurairah ra. pun Rasulullah juga bersabda bahwa tidak dihalalkan untuk orang Islam tidak bertegur selama tiga hari & bahkan lebih, apabila hal itu terjadi, maka orang tersebut bakal mati & masuk ke neraka.

#7. Yang terbaru sabda Rasulullah mengenai hal ini ialah bahwa seorang mukmin yg tidak menegur sesama mukmin juga tidak dianggap halal apalagi kalau menyapanya lebih dari tiga hari.

Rasulullah memerintahkan untuk salah seorang di antara keduanya menemui duluan & mengucap salam; kalau yg lain menjawab salam tersebut, pahala dibagikan terhadap mereka, tapi apabila tidak menjawab salam, dosanya & dosa orang yg mengucap salam lebih dulu diborong oleh orang tersebut. Inilah fakta mengenai haram tidak bertegur sapa melebihi 3 hari.

Nah itulah artikel mengenai hukum tidak bertegur sapa melebihi 3 hari. Ternyata tidak bertegur sapa menurut islam merupakan dosa besar yang harus ditanggung.

Baca Juga : Beginilah rasanya berada dalam alam kubur (hari 1 sampai 30 tahun)

0 Response to "Tidak Bertegur Sapa Melebihi 3 Hari? Ini Hukumannya !"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)