Ternyata, Keutamaan Khusus Orang Bernama "Muhammad"

Faktakah.com - Keutamaan menggunakan nama MuhammadTahukah kalian mengenai keutamaan khusus orang yang bernama Muhammad? Nama yang sudah pasti terinspirasi dari nama nabi besar yang sekaligus bertugas sebagai nabi penutup bagi umat Islam yaitu nabi Muhammad SAW ini sempat menjadi nama yang paling sering dijumpai di dunia.

Nama Muhammad itu juga sudah memasukkan varian lain dari nama Muhammad yaitu Mahometus, Moameth, Mukhammad, Mihemed, Mukhammed, & yang lainnya. Nah jadi adakah keutamaan khusus orang yang bernama Muhammad?

Di Wales & Inggris sendiri, nama Muhammad sempat menduduki peringkat nama terbanyak di tahun 2009, 2011, & 2012.

Baca Juga : "Tidur Sehat" Sesuai Tuntunan Rasullullah Terbukti Secara Ilmiah...!!!

Ternyata, Keutamaan Khusus Orang Bernama "Muhammad"

Apakah Ada Keutamaan Khusus Orang yang Bernama Muhammad?

Berbagai tahun ke belakang, banyak orang tua yang memberi nama Muhammad terhadap anak-anak mereka dengan andalan bahwa bakal memperoleh keutamaan dari Allah SWT sebab memberikan nama anaknya suatu nama yang sama dengan nama dari nabi & rasul yang diutus oleh Allah SWT untuk mengangkat kemakmuran & membawa manusia terhadap kebenaran.

Namun apakah benar terbukti ada hadits ataupun surat dari Al-Qur’an yang membahas mengenai keutamaan memberi nama muhammad? & apakah keutamaan menggunakan nama muhammad yang menjadi alasan mengapa nama Muhammad menjadi nama yang paling banyak dipakai di dunia?

Sesudah dilakukan sebuah penelitian, nyatanya diputuskan bahwa tidak ada hadits yang shahih ataupun bahkan hasan mengenai keutamaan dari memilihkan nama Muhammad terhadap seorang anak.

Menurut Al-Ubbiy, tidak ada hadits yang shahih mengenai keutamaan memberi nama muhammad terhadap seorang bayi. Tidak juga dengan memakai nama Muhammad maka orang itu dapat mempunyai berkah yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Menurut Al-Hafidz Abu Al-Abbas, semua yang meriwayatkan keutamaan memberi nama anak dengan nama Muhammad ialah suatu hadits palsu ataupun paling tidak terhitung sebagai hadits yang lemah.

Salah satu hadits yang menyatakan mengenai keutamaan menggunakan nama muhammad timbul dari Ibnu Bukair, ditulis dalam suatu kitab karyanya yang bernama “Fadhail At-Tasmiyah bi Ahmad wa Muhammda”. Pada hadits itu diceritakan mengenai dua orang yang berdiri di hadapan Allah & diperintahkan untuk berangkat ke surga, padahal mereka tidak merasa mempunyai amalan baik. Allah mengatakan bahwa Ia telah berjanji pada diriNya sendiri untuk tidak memasukkan orang dengan nama Muhammad ke dalam neraka. Hadits ini akhir-akhir dikatakan palsu sebab sumbernya tidak jelas, & penyampainya yang bernama Shadaqah bin Musa bukanlah seorang pakar hadits.

Hadits lainnya merupakan riwayat Ibnu Bukair dari penuturan Abdullah bi Ahmad bin Amir Ath-Tha’iy, yaitu Hadist mengenai keutamaan nama Muhammad ini bercerita mengenai suatu  permusyawarahan yang terjadi di kalangan orang. Apabila pada kelompok itu terdapat orang yang mempunyai nama Muhammad ataupun Ahmad, maka apabila mereka akan memperoleh opsi yang baik dalam musyawarah. Hadits ini lagi-lagi ialah hadits palsu sebab penuturnya merupakan periwayat hadits-hadits palsu yang berasal dari ayahnya sendiri.

Hampir semua hadits yang disampaikan oleh para periwayat ialah hadist palsu ataupun hadits yang dasarnya tidak kuat, jadi tidak menjadi pembenaran bahwa keutamaan memberi nama muhammad membuat seseorang menjadi lebih diutamakan dibandingkan orang lainnya.

Namun meskipun hal ini sudah terbukti, sebaiknya janganlah menukar nama anak anda yang sudah terlajur diberi nama "Muhammad". Sebab sebagai yang kita bahwa nama ialah suatu doa, & mungkin penamaan Muhammad ialah supaya mereka bersifat Rasulullah. Mungkin hal itu lah yang menjadi keutamaan khusus orang yang bernama Muhammad.

Baca Juga : Pola hidup sehat ala rasulullah

Nah itulah artikel keutamaan memakai nama Muhammad, semoga calon anak-anak pembaca faktakah.com memberikan nama anaknya yaitu Muhammad.

0 Response to "Ternyata, Keutamaan Khusus Orang Bernama "Muhammad""

Post a Comment