Lucu, Ini Alasannya Kucing Selalu Mengubur Kotorannya Sendiri

loading...
loading...
Faktakah.com - Alasan kucing mengubur kotoranMungkin kadang kita melihat sengaja maupun tidak sengaja bahwa kucing yang kita pelihara pintar saat ia mengubur kotoran yang baru saja ia keluarkan. Tapi nyatanya, ada alasan kucing rutin mengubur kotorannya sendiri dan ini tidak ada hubungan dengan kebersihan mereka sendiri.

Kalau kita mengeluarkan kotoran kita sendiri dan lalu menyiramnya, hal itu ada hubungannya dengan kita yang merasa bahwa kotoran yang kita hasilkan merupakan sesuatu yang jorok dan haruslah segera dibuang, disembunyikan, ataupun dihanyutkan. Sayangnya kucing tidak mempunyai alasan yang sama untuk mengubur kotorannya, lalu apakah kenapa kucing selalu mengubur kotorannya? Hari ini, bakal kita sama-sama bahas hal unik tentang kucing.

Baca Juga : Kenapa Kucing Menjadi Hewan Kesayangan Nabi Muhammad

Lucu, Ini Alasannya Kucing Selalu Mengubur Kotorannya Sendiri

Fakta Alasan Kucing Selalu Mengubur Kotorannya Sendiri

Biasanya kita bakal merasa bangga apabila kucing peliharaan kita sanggup mengubur kotoran kucing sendiri sebab kita kira hal itu berarti kucing kita mengerti dengan konsep kebersihan. Nyatanya tidak begitu, dan bukan kebersihanlah yang menjadi alasan mutlak kucing menguburkan kotoran. Hal yang mendasari kegiatan normal dari kucing ini ialah rasa takut, dan bukan kebersihan diri contohnya yang selama ini kita pikirkan. Kucing tersebut takut dan segan terhadap majikan yang bertugas sebagai pemiliknya.

Mengapa kucing mengubur kotorannya? Tujuan kucing mengubur kotorannya tidak lain ialah untuk menutupi jejaknya dari musuh ataupun dari predator yang lebih besar. Hal ini dikarenakan dalam dunia perkucingan, kotoran juga bermanfaat sebagai bendera ataupun penanda daerah kekuasaan seekor kucing. Apabila seekor kucing merupakan kucing yang terhitung paling kuat, maka ia leluasa membiarkan kotorannya tercecer dimana-mana, tapi apabila ia terhitung kucing lemah, maka ia haruslah dan wajib menguburkan kotorannya sendiri demi menghormati yang lebih kuat ataupun pemilik daerah tersebut.

Alasan kucing mengubur kotorannya sendiri ini nampaknya telah melekat pada psikis mereka, dan telah menjadi contohnya suatu  refleks saat mereka mengeluarkan kotoran. Apabila mereka merasa bahwa di suatu rumah ataupun suatu daerah ada predator ataupun kucing yang jauh lebih kuat, maka mereka bakal dengan cara otomatis menguburkan kotoran mereka sendiri dan menimbunnya dengan pasir supaya predator yang lebih luar biasa tadi tidak merasa tersindir dan malah nantinya menyerang si kucing lemah.

Nah, hal ini terbawa saat kita mengurus seekor kucing, dimana kucing tersebut bakal merasa respek ataupun takut terhadap kita yang merupakan seekor predator yang lebih kuat, jadi ia merasa berbahaya apabila kita hingga merasa tersinggung melihat kotoran yang ia letakkan sembarang sebagai penanda. Daripada dirinya melihat kita marah, ia bakal lebih bahagia menutupi kotorannya dengan pasir.

Yang haruslah kita khawatirkan ialah saat hal yang sebaliknya terjadi, dan kucing piaraan kita tidak mengubur kotoran kucing sendiri. Hal ini bukan berarti ia nakal dengan tidak mau membersihkannya, tapi ia merasa bahwa ia tidak harus membersihkan kotoran tersebut. Ia berpendapat bahwa kita payah, dan ia beranggapan merupakan seekor pemangsa yang jauh lebih luar biasa dibandingkan kita. Saat hal ini terjadi, kita haruslah menunjukkan pada si kucing bahwa dialah yang berkuasa di rumah.

Baca Juga : Mitos kucing di berbagai belahan di dunia yang mencengangkan

tipe kucing yang idak mau membuat kita marah ialah karena dia takut berakibat kurang baik pada kehidupannya. Apabila kita manusia selalu menakutinya, maka ia bakal mencoba menutup kotorannya sendiri.

Evolusi. Mungkin satu kata itu yang dapat penggambaran seluruh kejadian ini mulai dari insting hingga berubah menjadi kebiasaan.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kucing mengubur kotorannya sendiri.

Baca Juga : Mitos kedokteran tentang kucing, sehatkah?
loading...

0 Response to "Lucu, Ini Alasannya Kucing Selalu Mengubur Kotorannya Sendiri"

Post a Comment