Keutamaan, Rahasia, dan Manfaat "Shalat Dhuha" [Lengkap]

loading...
loading...
Faktakah.com - Keutamaan dan keistimewaan Shalat Dhuha yang merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW nyatanya sangat banyak, dan mungkin justru sebab banyaknya keutamaan dari shalat Dhuha itulah Nabi Muhammad menyarankan semua ummatnya untuk mengerjakan shalat dhuha ini di saat kita mampu. 

Dan hal ini juga mempunyai dasar hukum yang shahih, yaitu suatu hadits manfaat dari shalat dhuha. Apa saja kelebihan dan keistimewaan dari shalat Dhuha? apa saja manfaat sholat dhuhaapa saja keutamaan shalat dhuha? Mari sama-sama kita bahas mengenai hal tersebut.

Baca Juga : Astagfirullah! 10 Jenis Shalat Yang Tidak DIterima Allah

Keutamaan, Rahasia, dan Manfaat "Shalat Dhuha" [Lengkap]

Keutamaan Shalat Dhuha Dan Manfaatnya

Seusai kita mengenal mengenai keshahihan hadits yang mengulas mengenai sunnah shalat Dhuha, kita saat ini bakal mengulas mengenai keutamaan yang didapat saat melaksanakan shalat Dhuha. Nyatanya, ada banyak sekali manfaat shalat Dhuha yang kita laksanakan, dan rahasia keutamaan shalat dhuha tersebut ialah :

Baca Juga : 10 keajaiban shalat tahajud ini akan membuatmu taubat!

#1. Mengeluarkan Sedekah Tiap Sendi

Hal mengenai sedekah tiap sendi yang ada pada tubuh kita tertulis pada suatu  hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yaitu hadits nomor 1181 yang diriwayatkan dari Abu Dzar radhiallah. Pada hadist tersebut, diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda tentang manfaat dan keutamaan shalat dhuha yang pertama, yaitu menggantikan sedekah setiap persendian kita. Dengan shalat dua rakaat di waktu Dhuha, maka kita sudah memenuhi kewajiban setiap sendi kita untuk mengucap tahmid, tasbih, tahlil, dan takbir.

#2. Mendapatkan Pahala yang Amat Banyak

Pembicaraan mengenai kelebihan dari shalat yang dilaksanakan saat waktu Dhuha tiba timbul dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. Hadits tersebut mengatakan bahwa Nabi Muhammad mengusulkan Abu Hurairah dan Abu Darda untuk jangan pernah meninggalkan 3 hal selama hidup, dan salah satunya ialah shalat Dhuha. Hal ini dapat berarti bahwa keutamaan sholat dhuha dan manfaatnya akan mendapatkan pahala shalat yang sangat amat banyak, dan disarankan untuk tidak meninggalkannya.


#3. Memperoleh Perlindungan Dari Allah SWT

Khasiat shalat Dhuha yang lainnya ialah dari hadist riwayat Tirmidzi, hadist no 437 yang lalu dishahihkan oleh Al-Albany. Hadist tersebut merupakan suatu hadits shahih yang disampaikan lewat Abu Darda dan Abu Dzar dari Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad bersabda bahwa Allah berjanji melindungi mereka yang melaksanakan sampai akhir hayat mereka.


#4. Pahala Orang Berhaji Dengan cara Sempurna

Waktu keutamaan shalat dhuha yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda mengenai mereka yang berdoa lalu melaksanakan shalat dua rakaat saat waktu Dhuha tiba, maka bakal dibagikan pahala haji serta pahala umrah yang sesempurna mungkin.

Mulai kini mari kita menjalankan anjuran dari nabi Muhammad SAW untuk memperbanyak shalat Dhuha yang nyatanya ada banyak keutamaan dan keistimewaan shalat Dhuha yang dapat kita peroleh.

Hadist Tentang Keutamaan Shalat Dhuha

Segala hal yang kita perbuat haruslah sesuai hadist ataupun Al-Qur’an supaya tidak menjadi bid’ah, dan nyatanya ada dalil keutamaan shalat dhuha yang dapat dijadikan pegangan jadi dan ini hal yang dianggap bid’ah. hadits shahih keutamaan shalat dhuha ini merupakan hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, yaitu hadist nomor 1176 dan berasal dari Aisyah radhiallah. Aisyah mengatakan bahwa ia sering melihat Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat Dhuha dengan jumlah rakaat sebanyak empat, dan kadang-kadang ditambah sesuai keinginan beliau.

Baca Juga : Inilah manfaat gerakan shalat yang akan membuatmu kuat

Itulah artikel keutamaan shalat dhuha, semoga nantnya admin juga akan update artikel tentang "tata cara dan manfaat shalat dhuha" Terima kasih...

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tahajud
loading...

0 Response to "Keutamaan, Rahasia, dan Manfaat "Shalat Dhuha" [Lengkap]"

Post a Comment