Jangan khawatir, Rezeki Sudah Diatur dan Ditentukan Allah SWT

Faktakah.com - Rezeki sudah diatur TuhanBanyak dari kita yg merasa khawatir jika kita  selamanya menjadi miskin, padahal sebetulnya menjadi miskin itu tak harus ditakutkan. Kita sebaiknya jangan khawatir, rezeki seseorang telah ditentukan & ditetapkan oleh Allah SWT sejak dari awal kita lahir. 

Nah yang jadi pertanyaan dasar kita : apakah rezeki sudah diatur allah? & apakah rezeki sudah ditentukan oleh Allah?


Jangan khawatir, Rezeki Sudah Diatur dan Ditentukan Allah SWT

Rezeki jodoh maut sudah diatur oleh allah, Allah sendiri yg telah mengatakan demikian, sehingga tidak ada alasan untuk kita tidak mempercayai kata-kata yg diucapkan langsung oleh pemilik semesta alam. Walau begitu, bukan berarti kita dapat begitu dengan enaknya menantikan rezeki yg akan datang, sebab nyatanya rezeki sudah ditentukan oleh Allah dan baru bakal datang apabila kita yg datang untuk menjemputnya.

Baca Juga : Berita gembira, umat islam dijamin masuk surga!

Dalil rezeki sudah ditentukan dalam surat Huud ayat 6. Jelas saja, sebab ayat ini merupakan ayat yg paling membahas semuanya, dimana isi dari ayatnya ialah bahwa semua makhluk yg bernyawa di Bumi telah dijaminkan oleh Allah rezekinya. Allah juga mengenal tempat tinggal & penyimpanan rizki tersebut, dimana semuanya telah tertulis dalam kitab yg bernama Lauh Mahfuz yg tugasnya ialah untuk mencatat semuanya.

Kata Rezeki berasal dari bahasa arab ar-rizqu yg akarnya dapat ditelusuri sampai kata razaqa. Razaqa ini dengan cara bahasa dapat berarti memberi maupun pemberian, dimana menurut al-Baydhawi & Razi ar-rizqu dapat berarti juga sebagai al-hazhu, porsi untuk seseorang yg di dalamnya tidak ada bagian untuk orang lain lagi. Menurut Ibn Abdis Salam, ar-rizqu dapat berarti sebagai apapun yg sanggup dibergunakan untuk orang tersebut. Dari kata awalnya juga dapat diambil keputusan bahwa manusia haruslahnya jangan khawatir, rezeki manusia sudah ditentukan & ditetapkan oleh Allah SWT.


Rezeki Seseorang Telah Diatur Tuhan, Tapi Kita Haruslah Berusaha Memperolehnya

Terbukti segala macam yg berhubungan dengan rezeki sudah diatur oleh allah swt dari sejak awal makhluk tersebut diciptakan, tapi bukan berarti rezeki tadi bakal datang menemui targetnya tanpa si sasaran berusaha apa-apa. Sebab hal ini juga, dalam Islam ada yg disebut sebagai “Ikhtiar” yg artinya secara bahasa berarti memilih. Menurut istilah, ikhtiar berarti seseorang telah memilih untuk mengerjakan sesuatu & mengerahkan segenap tenaganya demi mencapai apa yg ia inginkan, andalan yg dirinya miliki untuk sesuatu yg berkualitas di dunia maupun yg berkualitas di akhirat.

Perintah untuk berikhtiar demi menjemput rezeki telah tertulis di dalam Al-Qur’an, cocoknya pada surat al-Jumu’ah ayat 10. Ayat tersebut mengatakan apabila seseorang telah shalat & berdoa sekuat tenaga, maka mereka haruslah segera menyebar di seluruh pelosok bumi untuk mencari karunia yg datang langsung dari Allah SWT. Allah juga menyarankan mereka untuk mencari banyak karunia supaya dapat beruntung.

Apabila bukti dalam Al-Qur’an masih anda ragukan bagi seseorang yg ingin memperoleh rezeki dari Allah SWT, maka ada dalil rezeki sudah ditentukan dalam hadits yg diriwayatkan oleh Bukhari dari Zubair bin Awwam radhiallah. Hadits tersebut mengatakan mengenai apabila seseorang manusia mengangkat tali yg dipakai untuk mencari kayu bakar kemudian menjualnya & Allah mencukupi ia dengan hasil penjualan tadi, maka hal tersebut jauh lebih baik daripada ia haruslah berkeliling di suatu  tempat & meminta-minta terhadap orang terlepas dari dibagikan ataupun tidaknya uang yg ia minta-minta tadi. Ia juga seharuslahnya jangan khawatir, rezeki seseorang telah ditentukan & ditetapkan.

Baca Juga : Studi: Terungkap, Kotoran Manusia Bisa Diolah Jadi Emas!

Nah itulah artikel tentang rezeki sudah ditentukan waktunya, semoga kamu dapat lega dan dapat berusaha lebih keras dalam memperoleh rezeki.

0 Response to "Jangan khawatir, Rezeki Sudah Diatur dan Ditentukan Allah SWT"

Post a Comment