Ingin Semua Dosa Dihapus? Bacalah Lafadz Istighfar "Astagfirullah" Pada Waktu Ini...!!!

Faktakah.com - Bacaan istighfar astaghfirullahSungguh manusia tidak akan pernah luput dari dosa, dan hanya lafaz Astaghfirullahal'aziim lah yang selayaknya di ucap. "& mohonlah ampunan terhadap Allah; Sesunguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang (QS. Al Muzzammil : 20). 

Ingin Semua Dosa Dihapus? Bacalah Lafadz Istighfar "Astagfirullah" Pada Waktu Ini...!!!

Saat setan menolak sujud kepada Nabi Adam, maka sejak saat itulah setan bersumpah untuk menggoda manusia, menyesatkan pada gelimang dosa & kekufuran. Hati manusia yang mudah tergodalah yang menjadi target rayuan setan. Lalu setiap dosa yang terjadi apa penghapusnya? Faktakah.com hari ini bakal mengulas keajaiban zikir astaghfirullah tersebut...

Baca Juga : Syarat doa agar cepat terkabul

Manusia sering kali berlomba-lomba untuk memperoleh pahala, tetapi pada saat yang sama dengan cara tidak sadar mereka pun sudah memperoleh dosa juga. Mereka shalat tetapi ia ria, mereka bersedekah tetapi mereka arogan. 

Pahala yang susah payah didapat terhapus dengan mudahnya oleh bujukan setan untuk berbangga hati, merasa tinggi & melupakan dosa. Bahkan sebegitu mudahnya manusia melakukan dosa, sampai ajar aswad yang turun dalam keadaan yang lebih putih dari susu pun menjadi hitam sebab dosa-dosa yang dilakukan oleh keturunan Nabi Adam. 

Ya, memohon ampunan terhadap Allah yang haruslah kita lakukan. Tak sempat ada yang tahu seberapa banyak dosa yang kita perbuat. Tapi mengapa kamu melupakan atau membatasi beristighfar ? Bahkan Rasulullah SAW yang sudah dijamin ampunan bagi dosa yang lalu & yang tidak pernah berhenti beristighfar. Beliau bersabda "Wahai umat manusia, taubatlah (beristighfar) terhadap Allah sebab aku rutin bertaubat kepada-Nya dalam sehari 100 kali." (HR.Muslim), itulah manfaat lafadz astaghfirullah.

Bahkan di akhir hayatnya saat bersandar pada Siti Aisyah RA, Rasul tak lupa mengucap "Ya Allah ampunilah aku,  kasihilah aku & kumpulkanlah aku bersama orang-orang yang Saleh." (HR. Bukhari). Kita sebagai manusia biasa apakah layak buat kita berleha-leha meremehkan kewajiban memohon ampunannya? Dosa yang selalu membuat jiwa selalu gelisah & membuat hidup kita tidak tenang. Maka damaikan hati dengan istighfar, meminta maghfirah atau perlindungan dari kejelekan dosa. Sebaik-baiknya istighfar ialah sayyidul istighfar, tergolong didalamnya makna taubat & penyerahan diri sepenuhnya terhadap Allah SWT.

Ibnu Taymiyah membahas bahwa dalam sayyidul Istighfar ini terdapat pengakuan-pengakuan besar, mengakui Allah sebagai pencipta yang Esa, hanya Allah yang berhak untuk disembah, mengaku tunduk sebagai hamba dengan ikatan janji untuk mentaati perintah & menjauhi larangannya. Sampai mengakui nikmat-nikmat Allah & mengakui banyaknya dosa-dosa & memohon ampun.

Sebuah hadits yang mengikuti wacana Sayyidul Istighfar ini, sungguh menunjukkan keutamaannya. Disebutkan bahwa siapapun yang mengucapkannya pada siang hari & meyakininya, lalu ia mati pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia ialah penghuni surga. Begitu juga apabila seseorang mengucapkannya pada malam hari dengan yakin & ia mati sebelum waktu pagi tiba, maka surga sudah dipesan untuknya. Masya Allah.

Sungguh sayang amat disayang, Istighfar terkadang hanya berupa ucapan lisan tanpa mengakui dalam hati & berjanji tidak diulangi. Maka Istighfar yang sempurna ialah Istighfar yang diiringi dengan taubat. 

Bagaimanakah Cara Dosa Kita Dapat Terhapuskan?

Taubat yang benar-benar taubat ialah taubat nasuha. Yaitu kembalinya seorang hamba terhadap Allah dari dosa yang sempat dilakukannya, baik dengan sengaja atau sebab ketidak tahuannya, dengan jujur, ikhlas & disertai ketaatan yang membawa seorang hamba mencapai kedudukan para wali Allah yang muttaqin. Ketaatan tersebut menjadi pelindung terhadap dia dari Setan. 

Taubat nasuha haruslah diikuti oleh penyesalan sungguh-sungguh atas dosa yang dilakukan, juga aspirasi kuat untuk tidak mengulangi dosa tersebut. Apabila lakukanan dosa berkaitan dengan hak orang lain, maka wajib baginya untuk mengembalikan hak tersebut & minta maaf. Apabila dilakukan dengan kesungguhan maka Insya Allah, dosa kita akan terhapuskan.

Perbanyaklah membaca bacaan istighfar astaghfirullah & mohon ampunan kepada sang khalik, sebab Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa menggandakan Istighfar, niscaya Allah membagikan jalan keluar bagi setiap kekecewaannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya & rizki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad)

Baca Juga : Subhanallah, inilah 7 golongan orang yang hanya di doa kan malaikat

0 Response to "Ingin Semua Dosa Dihapus? Bacalah Lafadz Istighfar "Astagfirullah" Pada Waktu Ini...!!!"

Post a Comment